Amsakar Achmad-Li Claudia Chandra Pendaftar Pertama, Lawan Kotak Kosong?

Pasangan Amsakar-Li (ASLI) mendapat dukungan dari 11 partai politik, kemungkinan besar ia akan melawan kotak kosong dalam Pilwakot Batam.

oleh Ajang Nurdin diperbarui 28 Agu 2024, 01:20 WIB
Diterbitkan 28 Agu 2024, 01:20 WIB
Batam
Pasangan Amsakar Ahmad dan Li Claudia Candra menjadi pasangan pertama yang mendaftar sebagai calon wali kota dan wakil wali kota Batam. Foto: liputan6.com/ajang nurdin 

Liputan6.com, Batam - Pasangan Amsakar Achmad-Li Claudia Candra (Asli) resmi mendaftarkan di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam untuk maju sebagai peserta Pilwakot Batam.

Saat mendaftar, pasangan tersebut mengenakan pakaian bermotif kotak-kotak warna biru. Tak sendirian, pasangan ini dikawal rombongan dari 11 partai pendukung beserta relawan dan simpatisan.

Amsakar dan Li Claudia tiba di KPU Batam disambut dengan alay musik tradisional kompang. Sebelum masuk gedung dilakukan silat Melayu dengan tradisi palang pintu dengan berbalas pantun antara tim calon melawan tim yang mewakili KPU.

Amsakar Ahmad menyebut bahwa seluruh persyaratan sudah terpenuhi.

"Jika nanti ada kekurangan, kami siap melengkapi," kata Amsakar saat menyerahkan berkas persyaratan di hadapan Komisioner KPU Batam.

Disampaikan pula bahwa ia dan pasangannya mendaftar ke KPU dengan dukungan 11 partai parlemen dan 2 partai non parlemen dengan total 43 kursi di DPRD .

Ketua KPU Batam Mawardi menyampaikan KPU wajib melakukan tahapan tepat waktu.

"Untuk hari pertama ada 1 pasangan yang daftar, kita masih  menunggu," kata Mawardi.

Masa pendaftaran dibuka selama 3 hari dari 27 - 29 Agustus 2024. Tahapan berikutnya adalah verifikasi persyaratan pasangan calon baru kemudian dilakukan penetapan.

"Jika pasangan calon cuma 1 atau melawan kotak kosong, masa pendaftaran akan di tambah 3 hari," katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya