Belasan Mahasiswa Asal Kampus di Tangerang Raih Medali di Ajang Pekan Olahraga Nasional

Mewakili masing-masing daerahnya, mahasiswa di Universitas Pelita Harapan (UPH) Tangerang, berhasil meraih medali dari beberapa cabang olahraga di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut beberapa waktu lalu.

oleh Pramita Tristiawati diperbarui 19 Okt 2024, 20:00 WIB
Diterbitkan 19 Okt 2024, 20:00 WIB
Belasan Mahasiswa Asal Kampus di Tangerang Borong Medali di Ajang Pekan Olahraga Nasional
Mewakili masing-masing daerahnya, mahasiswa di Universitas Pelita Harapan (UPH) Tangerang, hampir borong seluruh medali dari beberapa cabang olahraga di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut beberapa waktu lalu.

Liputan6.com, Tangerang - Mewakili masing-masing daerahnya, mahasiswa di Universitas Pelita Harapan (UPH) Tangerang, berhasil meraih medali dari beberapa cabang olahraga di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut beberapa waktu lalu. Prestasi ini tidak hanya mengharumkan nama provinsi yang mereka wakili, tetapi juga menjadi kebanggaan bagi UPH sebagai lembaga pendidikan yang mendukung pengembangan bakat mahasiswanya, baik di bidang akademis maupun non-akademis.

Seperti Erick Ahmad Fathoni, mahasiswa Program Studi (Prodi) Manajemen UPH angkatan 2021 ini berhasil membawa pulang dua medali perak dan empat medali perunggu pada cabor renang untuk Provinsi Jawa Barat. Medali-medali tersebut diraihnya di beberapa nomor bergengsi, termasuk 100 meter gaya bebas, 50 meter gaya bebas, dan 200 meter gaya ganti. “Pencapaian ini adalah hasil dari latihan keras dan disiplin yang konsisten. Saya sangat bersyukur dan senang bisa memberikan yang terbaik," katanya.

Ajang PON XXI menjadi panggung pembuktian bagi Erick di mana dia telah berpartisipasi dalam dua edisi PON sebelumnya. Dengan persiapan yang lebih matang, Erick mampu menghadapi tekanan persaingan dan tampil optimal. “Harapan saya tahun depan bisa membawa pulang medali lagi di Sea Games. Saya akan terus berlatih keras dan memberikan yang terbaik untuk Indonesia,” kata Erick. 

Lalu, prestasi lainnya juga diraih oleh Gilberto Farelino Totomone, mahasiswa Psikologi UPH angkatan 2024 ini berhasil meraih medali perunggu dalam cabang olahraga Shorinji Kempo. Bersama rekannya, Gilberto berkompetisi dalam kategori ‘Embu Berpasangan Putra Kyu Kenshi’ mewakili Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Juga sembilan mahasiswa UPH yang tergabung dalam tim basket 5x5 putra dan putri DKI Jakarta. Tim putra yang terdiri dari Almando Davin Nepa Bait, Ralph Christophorus Mulia, Aaron Nathanael, dan Rivaldo Pua Dawe berhasil meraih medali emas setelah mengandaskan perlawanan Jawa Timur di final dengan skor 62-57. Bagi Almando, kemenangan ini merupakan bukti bahwa dedikasi dan kerja keras yang dia tanamkan selama bertahun-tahun tidak sia-sia. "Kemenangan ini mengajarkan saya bahwa jika kita menginginkan sesuatu yang lebih, kita harus memberikan usaha yang lebih juga. Tidak ada hal besar yang diberikan cuma-cuma,” kata Almando.

Motivasi Almando mengikuti PON kali ini adalah untuk mempertahankan gelar juara yang sebelumnya juga diraih oleh tim DKI Jakarta pada PON XX Papua 2021. Menurutnya, PON adalah kompetisi bergengsi di Indonesia, sehingga mempertahankan gelar juara menjadi tantangan baginya.

Perjalanan tim putra menuju kemenangan di PON XXI tidaklah mudah, mereka harus menghadapi lawan-lawan tangguh seperti Sulawesi Selatan, Bali, Jawa Tengah, dan Jawa Barat sebelum akhirnya melangkah ke final menghadapi Jawa Timur.

Sementara, sebagai institusi pendidikan, UPH selalu mendukung mahasiswa untuk meraih prestasi terbaik. UPH terus membimbing dan menyediakan ruang bagi mereka untuk berkembang di berbagai bidang, sehingga siap menjadi lulusan yang takut akan Tuhan, kompeten, dan memberikan dampak positif bagi masyarakat.

Tag Terkait

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya