Profil Robbyanto Budiman, Group CEO Wahana Artha yang Meninggal Dunia

Wakil Presiden Komisaris Wahana Ottomitra Multiartha sekaligus CEO Wahana Artha Robbyanto Budiman meninggal dunia pada Jumat, 10 Februari 2023 di Singapura.

oleh Agustina Melani diperbarui 17 Feb 2023, 12:18 WIB
Diterbitkan 17 Feb 2023, 12:18 WIB
Robbyanto Budiman, Group CEO Wahana Artha (PT Wahana Artha Group)
Robbyanto Budiman, Group CEO Wahana Artha (PT Wahana Artha Group) meninggal dunia. (Sumber: @erickthohir)

Liputan6.com, Jakarta - Kabar duka menyelimuti grup Wahana Artha. Grup CEO Wahana Artha sekaligus Wakil Presiden Komisaris PT Wahana Ottomitra Multiartha Tbk (WOMF) Robbyanto Budiman tutup usia pada 10 Februari 2023.

Kabar duka tersebut disampaikan manajemen PT Wahana Ottomitra Multiartha Tbk melalui keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), dikutip Jumat, (17/2/2023).

"Pada tanggal 10 Februari 2023, Wakil Presiden Komisaris Perseroan, Bapak Robbyanto Budiman telah meninggal dunia,” tulis manajemen Wahana Ottomitra.

Robbyanto Budiman  bergabung di grup Wahana Artha pada 1993, hingga saat ini menjadi CEO Group. Ia lahir di Jakarta pada 14 Januari 1967. Ayah dari tiga putri ini menyelesaikan pendidikan di University of Southern California pada 1987. Ia menyelesaikan MBA dari Northrop University, Amerika Serikat pada 1989. Usai lulus dari kuliah, ia bekerja di Citibank NA Jakarta.

Dengan posisi terakhir sebagai kepala asset department, ia bergabung dengan grup WahanaArtha pada 1993 hingga menjadi CEO group. Ia bertanggung jawab untuk grup dan anak perusahaan. Di luar pekerjaan, Robbyanto menyukai musik, jalan-jalan dan kegiatan olahraga bersama istri dan tiga putrinya. Pria pecinta olah raga ini juga seorang “pemburu” soto nikmat dan kuliner kaki lima di berbagai daerah.

Mengutip laman Wahana Artha, Robbyanto harus berjuang mengalahkan penyakit yang dideritanya selama setahun terakhir ini. Ia hembuskan nafas terakhir dengan ditemani keluarga tercinta di Singapura pada Jumat, 10 Februari 2023.

"Kami berikan doa terbaik untuk Bapak Robbyanto Budiman, Wahana terus merelakannya menghadap sang pencipta. Secara pribadi dan pimpinan perusahaan, Bapak Robby sendiri telah menanamkan banyak karakter positif bagi Wahana Artha Group mulai dari semangat, kejujuran, peduli sesama, hingga keseriusannya menjadi pelaku aktif mewujudkan lingkungan lebih baik untuk generasi mendatang suistainability. Selamat jalan Pak Robby, kami akan kenang dan jaga semangat mu,” ujar Chief Marketing officer, Edi Setiawan.

Saat perayaan HUT Wahana Artha Group yang ke-50 pada 2022, Robbyanto menyatakan Wahana adalah bagian hidupnya. Berkat kegigihannya, Wahana Artha Group tidak hanya sukses bergerak di bidang otomotif, tetapi juga bisnis hospitality, food and beverage.

“Pak Robby will always be in our hearts and memories,” ujar Deputy CEO Taufik Aulia.

 


CEO Wahana Artha Robbyanto Budiman Tutup Usia

Robbyanto Budiman, Group CEO Wahana Artha (PT Wahana Artha Group) meninggal dunia.
Robbyanto Budiman, Group CEO Wahana Artha (PT Wahana Artha Group) meninggal dunia. (Sumber: @erickthohir)

Sebelumnya, Group CEO Wahana Artha Robbyanto Budiman meninggal dunia. Kabar meninggalnya Robbyanto Budiman diungkapkan Menteri BUMN Erick Thohir lewat akun Instagramnya @erickthohir.

Erick Thohir mengungkapkan duka cita atas meninggalnya Robbyanto Budiman. Menurut Erick, Robbyanto merupakan sosok sahabat yang sangat baik hati dan selalu ringan tangan dalam memberikan bantuan kepada siapa pun.

"Saya kehilangan salah satu orang yang saya cintai, pribadi yang selalu baik kepada siapapun. Semasa hidupnya selalu ringan tangan memberikan bantuan dan support semaksimal mungkin kepada siapa pun.Terima kasih Robbyanto Budiman yang sudah menjadi sahabat saya sejak kecil," tulis Erick diakun instagram pribadinya @erickthohir, dikutip Jumat (17/2/2023).

Robbyanto Budiman lahir pada 14 Januari 1967, dan meninggal pada 10 Februari 2023. Robbyanto Budiman meninggal dunia dalam usia 56 tahun di Gleneagles Hospital Singapura. Almarhum, meninggalkan istri bernama Lanny Susastro, serta anak-menantu-cucu yakni Cornelia Patsy Budiman – William Putra Utomo, Atlas Carlyle Utomo, Ursula Audrey Budiman, Anastasia Kelly Budiman – Tautantra Tanu.

Duka tidak hanya dirasakan oleh Erick Thohir, melainkan juga dirasakan komunitas otomotif roda dua, komunitas basket, dan masyarakat lainnya. Dikutip dari tulisan Egy Massadiah, duka juga dirasakan oleh Letnan Jenderal TNI Purn Dr (HC) Doni Monardo, Ketua Umum Persatuan Purnawirawan TNI Angkatan Darat (PPAD), yang juga Komisaris Utama MIND ID.

Doni Monardo dan Robbyanto bersahabat baik. Doni mengungkapkan bahwa dirinya masih sering mengobrol dengan almarhum melalui telepon, bahkan juga sesekali makan bersama.

 


Doa Terbaik

Doni bercerita kalau sebelum pandemi, dua tiga kali Robby mengajak dirinya makan di salah satu restoran Jepang enak di kawasan Jakarta Selatan. Doni pun ikut mendengarkan diskusi antara Robby dengan Erick Thohir.

"Salah satu yang kami bahas keunggulan rempah nusantara dan aneka jenis tanaman yang memiliki nilai ekonomis. Saat pandemi pun, Robby bertandang ke kantor BNPB lantai 10 memberikan perhatian kepada Gugus Tugas yang sedang berjibaku menangani Covid 19," ungkap Doni.

Berkat komunikasi yang cukup intens tersebut, Doni diberitahu terkait penyakit kanker pankreas yang diderita Robby sejak dua tahun terakhir. Kata Doni, almarhum bahkan telah melakukan pengobatan ke Amerika Serikat, hingga akhirnya wafat di Singapura.

"Kita doakan yang terbaik bagi almarhum, dan saya bersaksi, Robbyanto Budiman manusia yang baik hati dan ringan tangan memberi pertolongan kepada sesama,” kata Doni.

 

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya