6 Ucapan Selamat Hari Lahir Pancasila Politikus, Dari Prabowo, Ganjar Pranowo Hingga Anies Baswedan

Sejumlah politikus termasuk yang nyapres di Pemilu 2024 mengucapkan Selamat Hari Lahir Pancasila dari Prabowo, Ganjar Pranowo, hingga Anies Baswedan.

oleh Wayan Diananto diperbarui 01 Jun 2023, 18:09 WIB
Diterbitkan 01 Jun 2023, 18:09 WIB
Cara Unik Warga Karang Tengah Rayakan Hari Lahir Pancasila
Sejumlah politikus termasuk yang nyapres di Pemilu 2024 mengucapkan Selamat Hari Lahir Pancasila dari Prabowo, Ganjar Pranowo, hingga Anies Baswedan. (Foto: Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta Sejumlah politikus menyampaikan ucapan Selamat Hari Lahir Pancasila yang diperingati pada Kamis (1/6/2023). Mereka pun berbagi pandangan tentang makna penting dasar negara.

Di antara sederet politikus ini, terdapat sejumlah tokoh yang jadi capres Pemilu 2024. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo misalnya menyebut Pancasila spirit hidup manusia Nusantara sejak dulu.

Ketum Partai Gerindra sekaligus Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto, tak banyak merangkai kata. Ia hanya mengunggah foto Garuda Pancasila dalam format monokrom di akun Instagram terverifikasi.

Sementara itu, Anies Baswedan yang diusung Partai NasDem sebagai capres merayakan Hari Lahir Pancasila seraya menyinggung pidato Bung Karno tentang Pancasila di hadapan sidang BPUPKI.

Pekan ini, laporan khas Showbiz Liputan6.com menghimpun 6 ucapan Selamat Hari Lahir Pancasila dari politikus termasuk para capres pemilu 2024. Mari kita simak sambil memaknai ulang peran penting Pancasila.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Prabowo

Ucapan Selamat Hari Lahir Pancasila dari Prabowo. (Foto: Dok. Instagram @prabowo)
Ucapan Selamat Hari Lahir Pancasila dari Prabowo. (Foto: Dok. Instagram @prabowo)

Tanpa banyak kata, di Instagram Stories, Prabowo Subianto yang dikabarkan akan nyapres tahun depan mengunggah sketsa Garuda Pancasila dalam format monokrom dilatari kibar Sang Merah Putih.

Di bawahnya, ada sketsa Bung Karno dalam sikap hormat. Menyertai sketsa ini, terdapat tulisan, “1 Juni 1945 Hari Lahir Pancasila,” berikut kalimat “Prabowo untuk Indonesia” di bagian atas dan bawah.

 


2. Ganjar Pranowo

Ucapan Selamat Hari Lahir Pancasila dari Ganjar Pranowo. (Foto: Dok. Twitter @ganjarpranowo)
Ucapan Selamat Hari Lahir Pancasila dari Ganjar Pranowo. (Foto: Dok. Twitter @ganjarpranowo)

Lewat akun Twitter dan Instagram terverifikasi, Ganjar Pranowo menyebut Pancasila spirit hidup manusia Nusantara sejak dulu yang kemudian dijabarkan oleh Bapak Proklamator sekaligus Presiden RI pertama, Ir. Soekarno.

Yang pada 1 Juni 1945 dijabarkan sedemikian rupa oleh Presiden Pertama Indonesia, Ir. Soekarno dan akhirnya menjadi Dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ujar capres dari PDI Perjuangan, Kamis (1/6/2023).

Selamat memperingati Hari Kelahiran Pancasila. Siapapun yang berada di atas Tanah Air ini memiliki hak dan kewajiban yang sama, yaitu menjaga serta mengamalkan Pancasila,” cetus Ganjar Pranowo.

 


3. Anies Baswedan

Ucapan selamat Hari Lahir Pancasila dari Anies Baswedan. (Foto: Dok. Twitter @aniesbaswedan)
Ucapan selamat Hari Lahir Pancasila dari Anies Baswedan. (Foto: Dok. Twitter @aniesbaswedan)

Mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengingatkan publik bahwa 78 tahun silam, Bung Karno menyampaikan pidato bersejarah tentang Pancasila di hadapan sidang BPUPKI. Ia lantas mengajak masyarakat Indonesia berikhtiar mewujudkan tujuan bernegara.

Mari terus berikhtiar untuk mewujudkan tujuan utama kita bernegara, yang terkandung dalam pidato tersebut, yaitu menghadirkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia,” cuit Anies Naswedan via akun medsos sembari menyematkan tagar HarlahPancasila2023.

 


4. Gibran Rakabuming Raka

Ucapan selamat Hari Lahir Pancasila dari Gibran Rakabuming Raka. (Foto: Dok. Twitter @gibran_tweet)
Ucapan selamat Hari Lahir Pancasila dari Gibran Rakabuming Raka. (Foto: Dok. Twitter @gibran_tweet)

Sempat diisukan jadi Cawapres Prabowo Subianto pada Pemilu 2024, Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka juga menyampaikan ucapan Selamat Hari Lahir Pancasila lewat akun Twitter pribadi.

Kemajemukan Bangsa Indonesia yang indah berjalan beriringan dalam bingkai nilai-nilai luhur Pancasila. Ideologi negara sebagai cerminan hidup berbangsa harus terus kita jaga. Selamat Hari Lahir Pancasila!” ujar bintang film Sesuai Aplikasi, Kamis (1/6/2023).

 


5. Erick Thohir

Ucapan selamat Hari Lahir Pancasila dari Erick Thohir. (Foto: Dok. Twitter @erickthohir)
Ucapan selamat Hari Lahir Pancasila dari Erick Thohir. (Foto: Dok. Twitter @erickthohir)

Sosok ini juga digadang-gadang jadi kandidat kuat cawapres 2024. Menteri BUMN RI, Erick Thohir, merayakan Hari Lahir Pancasila dengan mengingatkan publik bahwa Indonesia adalah sinonim keragaman yang menyatu menjadi kekuatan sekaligus harmoni nan indah.

Walau berbeda suku, bahasa, dan agama tapi tetap satu untuk Indonesia. Mari kita abadikan semangat persatuan dan nilai-nilai Pancasila untuk Indonesia yang maju, makmur dan mendunia! Selamat memperingati Hari Lahir Pancasila,” ungkapnya.

 


6. Jokowi

Unggahan Presiden Jokowi soal Hari Lahir Pancasila. (Foto: Dok. Instagram @jokowi)
Unggahan Presiden Jokowi soal Hari Lahir Pancasila. (Foto: Dok. Instagram @jokowi)

Terakhir namun tak kalah penting, Presiden Jokowi mengucapkan Selamat Hari Lahir Pancasila sembari memetakan Indonesia dalam pergaulan dunia serta arus global. Ia optimistis Indonesia tak akan terseret arus karena punya Pancasila sebagai pegangan.

Dalam mengarungi arus global, menjalankan berbagai peran di pergaulan antarbangsa, Indonesia berpegang pada satu pedoman yaitu Pancasila,” ujarnya lewat akun medsos terverifikasi.

Dengan itulah, negara kita melangkah maju dan baik-baik saja di saat dunia dicengkeram ketidakpastian, resesi, dan pandemi. Salam Pancasila,” Presiden Jokowi mengakhiri.

infografis pancasila
cara negara amankan pancasila (liputan6.com/triyas)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya