6 Momen Kocak Key SHINee Usaha Berbahasa Indonesia Saat Konser di Jakarta

Key SHINee mencoba berbicara dalam bahasa Indonesia sesering mungkin dalam konsernya di Indonesia. Ia sempat kebingungan dengan huruf L dan R.

oleh Zulfa Ayu Sundari diperbarui 21 Jul 2024, 12:00 WIB
Diterbitkan 21 Jul 2024, 12:00 WIB
Key SHINee. (Zulfa Ayu/ Liputan6.com)
Key SHINee mencoba berbicara dalam bahasa Indonesia sesering mungkin dalam konsernya di Indonesia. Ia sempat kebingungan dengan huruf L dan R. (Zulfa Ayu/ Liputan6.com)

Liputan6.com, Jakarta Key SHINee membuat fansnya terhibur dengan totalitas aksinya di pangggung “2024 Keyland On: And On in Jakarta”. Tak hanya lewat nyanyian dan tarian, tapi juga lewat interaksi dengan penonton menggunakan bahasa Indonesia di konser solo perdananya di Kasablanka Hall, Sabtu (21/7/2024).

Di awal konser saja, sang member SHINee sudah menyapa dengan bahasa Jawa dan Sunda. Ini tentu membuat penonton terkejut dan bersorak gembira. Mereka tak menyangka sang idola akan menggunakan bahasa daerah.

"Halo aku Key SHINee. Halo piye kabare? Halo kumaha damang?" ucapnya yang langsung disambut teriakan antusias para fans.

Selanjutnya dalam konser yang dipromotori CK Entertainment ini, dia berbicara dengan bahasa Indonesia dalam kalimat yang cukup panjang. "Ini adalah konser solo pertamaku di Indonesia. Terima kasih sudah datang, aku harap kalian menikmati acara ini. Aku berusaha melakukan yang terbaik," kata dia dengan pelafalan yang bagus.

Momen lucu terus bermunculan. Key berusaha bicara pakai bahasa Indonesia dengan menjiplak ucapan translator atau penerjemah.

"Benar, benar, benar," kata translator. Tiba-tiba Key meng-copy paste kata benar dengan nada yang sama persis dengan si pemerjemah, "Benar, benar, benar!". Atau saat dia berkata, "Kerupuk! Bagus. Kerupuk bagus!"

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Membeo Ucapan Penerjemah

Key SHINee. (Zulfa Ayu/ Liputan6.com)
Key SHINee. (Zulfa Ayu/ Liputan6.com)

Key kemudian berganti kostum yang didominasi dengan warna hitam dan merah. Dia membawakan lagu "Fresh", "Imagine", "Helium" hingga "Bound". Setelahnya dia memamerkan kostumnya itu.

"Tadi memang agak gelap tapi saya memperlihatkan mode baru gitu. Ini cocokkah?" kata penerjemah. Lagi-lagi Key mengulang kalimat sang translator, "Mode baru gitu! Ini cocokkah?" tawa penonton kembali bergemuruh.


Susah Bedakan Huruf L dan R

Key SHINee
Key SHINee

Pemilik nama asli Kim Kibum ini lantas bertanya dari tiga kostum yang sudah ditampilkan, penggemar lebih suka yang mana. Dia menyebut "Yang pertama, yang kedua, yang ketiga" dalam bahasa Indonesia, membuat penonton antusias.

Key juga sempat kesulitan menempatkan huruf "L" dengan huruf "R" dalam kata bahasa Indonesia. Untuk itu dia meminta penggemar mengajarinya. "Hari? Hali? Li? Ri! Ok, ok, hari ini. Terima, terima," kata Key dengan wajah bingung.


Suatu Hari Akan Akan Paham

Meski sulit mempelajari bahasa baru, Key yakin suatu saat dia bakal paham. "Someday I'll get there. Take a time. Sampai jumpa I will remember that. Aku cinta kamu," ucapnya.

Menjelang akhir konser, dia kembali memberi pesan dalam kalimat berbahasa Indonesia. "Terima kasih untuk dukungan dan cinta dari kalian dan terima kasih juga untuk para staf. Bagaimana kalau kita foto bersama," tutupnya.


Tur Solo Asia Pertama Key SHINee

Diberitakan sebelumnya, sebelum ke Jakarta, Key berkunjung ke Bangkok terlebih dahulu untuk menggelar konser yang sama. Jakarta merupakan kota kedua yang dikunjungi dalam Asia Tour kali ini. Setelah Jakarta, dia akan melanjutkan perjalanannya ke Makau pada 28 Juli, dan Kaohsiung pada 17 Agustus 2024.

Ini merupakan gelaran tur Asia solo perdananya selama berkarier di industri K-Pop. Sebelumnya, tur Asia ini telah lebih dulu digelar pada Januari 2024 di negara asalnya, tepatnya di Seoul, Korea Selatan. Dia juga memberikan penampilan memukau dan diiringi live band.

Infografis: Asal-usul Kata Kebaya
Asal kata kebaya dari berbagai pengaruh bangsa. (dok. Abdillah/Liputan6.com)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya