MUI Bantah Kabar Jadikan Selebgram Oklin Fia Duta, Kiai Cholil Nafis: Tidak Pernah Dibahas, Apalagi Diputuskan

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Ukhuwah dan Dakwah, M Cholil Nafis membantah berita yang tersebar luas bahwa MUI menjadikan selebgram Oklin Fia jadi duta MUI.

oleh Yusron Fahmi diperbarui 06 Sep 2023, 17:49 WIB
Diterbitkan 06 Sep 2023, 17:49 WIB
Majelis Ulama Indonesia Bantah Kabar Oklin Fia Jadi Duta MUI Setelah Minta Maaf Terkait Konten Jilat Es Krim
Majelis Ulama Indonesia Bantah Kabar Oklin Fia Jadi Duta MUI Setelah Minta Maaf Terkait Konten Jilat Es Krim. (instagram.com/muipusat)

 

 

 

 

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Ukhuwah dan Dakwah, KH M Cholil Nafis membantah berita yang tersebar luas bahwa MUI menjadikan selebgram Oklin Fia jadi duta MUI.

Menurutnya, MUI tidak pernah memberikan penghargaan sebagai Duta MUI kepada selebgram kontroversial itu.

“Saya tegaskan bahwa di MUI tidak pernah berpikir, tidak pernah memutuskan untuk menjadikan Oklin Fia sebagai duta MUI,” ungkap Kiai Cholil dikutip dari akun resmi MUI, Selasa (5/9/23).

Diketahui, selebgram Oklin Fia saat ini sedang menjadi perbincangan hangat di sosial media. Hal tersebut bermula dari konten tak pantas yang diunggah pada akun media sosialnya yang mengundang banyak tanggapan bahwa konten yang dilakukan Oklin Fia tersebut sangat tidak pantas.

Ditambah, konten sensitif tersebut dilakukan dengan menggunakan hijab yang merupakan salah satu identitas Muslimah berhijab. Atas perbuatannya itu, Oklin Fia pun dilaporkan ke polisi atas dugaan penistaan agama.

Cholil Nafis menyampaikan kekecewaannya terhadap salah satu publik figur yang justru memberikan contoh buruk kepada bangsa Indonesia. Dia berharap, melalui kejadian ini, masyarakat Indonesia, khususnya Oklin Fia menjadi masyarakat yang lebih cerdas dalam menggunakan media sosial dan tidak sembarangan memberikan konten kepada hal layak umum.

"Tentunya ini menjadi pelajaran kepada Oklin Fia agar besok-besok menggunakan media sosial lebih cerdas dan memberikan nilai kebaikan, karena efeknya kadang tidak terkira seperti yang dirasakan sekarang, sampai ada yang melaporkan ke pihak terkait untuk penegakan hukumnya,” kata Kiai Cholil.

Dia berharap kasus ini menjadi pelajaran bagi semua pihak.

"Sekali lagi Oklin Fia tidak pernah dibahas di MUI untuk dijadikan duta MUI, tidak pernah dibahas apalagi diputuskan jadi duta MUI,” kata Kiai Cholil.


Dihujan dan Akhirnya Minta Maaf

Gaya Oklin Fia Liburan di Korea Selatan, Tak Pakai Busana Ketat
Namun, setelah meminta maaf ke masyarakat dan MUI, Oklin Fia tampak mengaktifkan kembali media sosialnya, termasuk Instagram. Namun, banyak foto yang telah lenyap dan hanya menyisakan beberapa foto saja. Di antaranya, momen saat ia berlibur di Korea Selatan. (Liputan6.com/IG/@oklinfia)

Setelah dihujat sana-sini dan dilaporkan ke polisi, selebgram Oklin Fia akhirnya tertunduk lemas dan minta maaf kepada masyarakat maupun Majelis Ulama Indonesia atau MUI.

Momen pertemuan Oklin Fia didampingi kuasa hukum, Budiansyah, dengan Wakil Sekretaris Jenderal Badan Hukum MUI, Ikhsan Abdullah, menandai penyesalan sang selebgram atas konten menjijikan tersebut.

Diketahui, Oklin Fia yang berhijab bikin gempar jagat maya gara-gara konten jilat es krim. Di situ, ia jongkok sambil menjilati es krim yang dipegang seseorang. Es krim itu diposisikan sebagai alat kelamin laki-laki. Walhasil, netizen ngamuk.

Tak hanya itu, selebgram dengan 400 ribuan pengikut ini dilaporkan ke polisi. Oklin Fia mengaku tidak bijaksana saat membuat konten tersebut lalu berjanji ke depan akan lebih berkontribusi positif terhadap masyarakat.

Infografis Mekanisme Virtual Police Awasi Pengguna Media Sosial. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Mekanisme Virtual Police Awasi Pengguna Media Sosial. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya