46 Persen Pengguna Layanan Streaming Nyaman Berbagi dengan Orang Serumah

Sebanyak 46 persen pengguna nyaman berbagi layanan streaming dengan orang serumah. Apa kamu juga begitu?

oleh Agustin Setyo Wardani diperbarui 07 Sep 2020, 17:00 WIB
Diterbitkan 07 Sep 2020, 17:00 WIB
8 Tips Agar Tampil Memukau Saat Live Streaming
Ilustrasi live streaming (pixabay.com)

Liputan6.com, Jakarta - Kaspersky dalam surveinya menemukan, 46 responden merasa nyaman berbagi layanan streaming dengan rekan serumah. Namun, sepertiga responden (32 persen) lainnya merasa tidak yakin tentang keamanan akun rekan serumah karena tidak tahu kebiasaan digital mereka.

Cara orang menikmati layanan hiburan kian berubah, misalnya melalui platform streaming digital. Salah satu pemicunya adalah pandemi Covid-19 yang membuat orang harus tinggal di rumah.

Survei ini juga mengungkapkan, layanan online bisa menyatukan orang sekaligus membuat orang bersedia untuk berbagi informasi akun pribadi.

Selain berbagi akses platform streaming, sepertiga (33 persen) responden menyebut mereka berbagi layanan ritel online seperti eBay atau Amazon Prime dengan rekan serumah.

Sementara, 30 persen mengaku berbagi akun pengiriman makanan mereka, hingga gim online. Namun pada saat yang sama, tak semua respon meyakini seberapa aman rekan mereka saat menggunakan internet.

Pasalnya, 43 persen pengguna mengklaim, mereka prihatin dengan aktivitas online melalui layanan streaming atau gim.

Satu dari empat (24 persen) orang khawatir bahwa kebiasaan digital rekan serumah akan memengaruhi kecepatan internet dan juga berdampak pada kinerja gim online mereka.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Ada Risiko Keamanan Mengintai dari Berbagi Layanan

Ilustrasi Netflix, Menonton TV, Menonton Video
Ilustrasi Netflix, Menonton TV, Menonton Video. Kredit: Mohamed Hassan from Pixabay

VP Marketing Kaspersky Andrew Winton mengatakan, tinggal di sebuah tempat bersama adalah hal biasa dalam kehidupan modern. Banyak rumah tangga harus berbagi koneksi internet dan akses ke berbagi layanan.

Karena hubungan kerap terjalin baik dengan orang serumah, mudah untuk berbagi layanan online dengan mereka tanpa perlu repot-repot.

"Sayangnya jika kita tidak memperhatikan bagaimana kita membagikan detail pribadi kepada orang lain, bahkan dengan orang serumah sendiri, sebagian besar kemungkinan mereka untuk menjadi target yang mudah ditemukan oleh orang atau kelompok yang tidak dikenal," kata Winton dalam keterangan Kaspersky, Senin (7/9/2020).

Untuk memastikan hal ini tidak terjadi lagi, beberapa layanan memiliki kebijakan khusus untuk membantu banyak orang menggunakan langganan tanpa perlu membagikan kata sandi.

"Baik bersama dengan orang lain atau tidak, kami selalu menyarankan agar perangkat dan kredensial Anda dilindungi dengan solusi keamanan siber kuat untuk memastikan informasi pribadi tetap aman," ujar Winton.


Saran untuk Mereka yang Berbagi Akun Layanan Streaming

Podcast Tekno: Fenomena Layanan Streaming
Podcast Tekno: Fenomena Layanan Streaming

Kaspersky pun memberikan saran kepada orang-orang yang tinggal di rumah atau apartemen bersama untuk saling menjaga perangkat mereka:

1. Jangan klik link yang dibagikan melalui email yang tidak diminta. Periksa apakah pengirimnya asli atau mengunjungi situs web resmi.

2. Jangan bagikan informasi pribadi atau mengizinkan akses ke akun Anda dengan pihak ketiga, kecuali jika benar-benar diperlukan.

3. Gunakan solusi keamanan seperti Kaspersky Password Manager untuk menghasilkan dan mengamankan kata sandi pada tiap akun.

4. Instal solusi keamanan Kaspersky Security Cloud. Fitur Pemeriksaan Akun yang dimiliki solusi ini akan melindungi detail akun dan informasi jika ada data pribadi pengguna yang disusupi.

(Tin/Why)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya