Cek Daftar 10 Gim Pemenang Program Gelora 2020 dari Kemenparekraf

Gim yang berpartisipasi dalam program Gelora 2020 hadir dengan tema besar untuk penanganan Covid-19 di Indonesia.

oleh Agustinus Mario Damar diperbarui 10 Okt 2020, 17:00 WIB
Diterbitkan 10 Okt 2020, 17:00 WIB
Gim mobile pilihan
Gim mobile pilihan minggu kedua Februari 2016

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif telah mengumumkan daftar 10 gim yang keluar sebagai pemenang dalam program 'Game Lokal Kreasi Indonesia (Gelora) 2020'.

Menurut Direktur Industri Film, Televisi, dan Animasi Kemenparekraf/Baparekraf, Syaifullah, program yang bekerja sama dengan Asosiasi Game Indonesia (AGI) ini merupakan stimulus bagi pelaku ekonomi kreatif subsektor pengembangan permainan.

"Program ini bertujuan memfasilitasi para pengembang gim lokal di Indonesia dalam mewujudkan ide pengembangan gim terkait penanganan pandemi wabah Covid-19," tuturnya dalam keterangan resmi yang diterima, Sabtu (10/10/2020).

Syaifullah mengatakan program ini diikuti oleh sembilan pengembang gim asal Indonesia, yakni CIAYO Games, Educa Studio, GINVO Studio, Megaxus Infotech, SLAB Games, Yayasan Teknologi untuk Indonesia, Wisageni Studio, Anoman Studio, dan Arsanesia.

"Kami berharap dengan adanya intervensi ini semakin menggairahkan para pengembang gim Indonesia menghasilkan karya terbaiknya untuk membantu pemerintah dalam usaha sosialisasi pencegahan dan penanggulangan Covid-19," tutur Syaifullah lebih lanut.

Kesepuluh gim pemenang dalam program ini dapat diunduh secara gratis oleh masyarakat di Google Play Store. Syaifullah memastikan gim ini tidak memiliki sistem monetisasi, baik iklan maupun in-app purchase, agar bisa menghadirkan sosialisasi yang lebih maksimal.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Daftar 10 Gim Pemenang Gelora 2020

Kemenparekraf
Salah satu gim pemenang program Gelora 2020 (Dok. Kemenparekraf)

Untuk mengetahui gim yang menjadi pemenang program Gelora 2020, berikut ini daftar lengkapnya:

1. CHIPS: Corona Invasion (CIAYO Games)

CHIPS: Corona Invasion merupakan gim shooter yang menempatkan pemain sebagai CHIPS, karakter ikonik dari CIAYO Games. Dalam gim ini, pemain harus menembaki virus yang ada di sepanjang jalan.

2. Jakarta 2020 (CIAYO Games)

Gim ini menguji pengambilan keputusan pemain. Jadi, dalam gim ini, pemain akan dihadapkan dengan berbagai situasi yang ada di kehidupan sehar-hari dan harus mengambil keputusan untuk mengetahui ending dalam permainan.

3. Marbel Kebiasaan Baru (Educa Studio)

Marbel merupakan gim yang berisi permainan terkait Covid-19 dan ditargetkan untuk anak-anak. Ada tiga konten yang dihadirkan dalam tiga mini gim, mulai menggunakan masker yang benar, cuci tangan yang benar, hingga situasi adaptasi kebiasaan baru.

4. Anti Spread (GINVO Studio)

Anti Spread merupakan gim hyper casual yang memberikan edukasi tentang pentingnya menjaga jarak untuk meminimalisir penyebaran Covid-19. Nantinya di gim ini, pemain diharuskan menggeser karakter di layar agar tidak saling berdekatan dan tertular virus.

5. Warteg Gelora: Anti Covid (Megaxus Infotech)

Lewat gim ini, pemain akan berperan sebagai pemilik warung sederhana. Bertema gim manajemen waktu, pemain diminta untuk memberikan edukasi pentingnya protokol kesehatan dalam pencegahan Covid-19.


Daftar Selanjutnya

Kemenparekraf
Salah satu gim pemenang program Gelora 2020 (Dok. Kemenparekraf)

6. Aku Sehat SIM (SLAB Games)

Aku Sehat SIM merupakan gim simulasi yang mengharuskan pemainnya merawat seorang anak. Selama merawat, pemain tetap harus memperhatikan kesehatan, kebersihan, serta kerapihan dengan memperhatikan indikator yang ada.

7. Dawn of the Civilization: Solve Corona (Yayasan Teknologi untuk Indonesia)

Gim ini merupakan update terkini dari Dawn of the Civilization, sebuah gim city building yang mengajak pemain membangun kota sendiri. Lewat update ini, ada beberapa konten edukasi pencegahan dan penanggulangan Covid-19.

8. Menjalani Kehidupan di 2020 (Wisageni Studio)

Gim ini tampil sebagai visual novel yang minim dialog. Gimnya sendiri mengisahkan kehidupan seorang pemuda yang mengalami PHK dan harus bertahan hidup di tengah pandemi.

9. AKB Busway (Anoman Studio)

AKB (Adaptasi Kebiasaan Baru) Busway merupakan gim simulasi yang menempatkan pemain sebagai penjaga pintu halte. Pemain diharuskan untuk mengecek setiap penumpang yang masuk, mulai dari mengukur suhu hingga apakah sudah mengenakan masker.

10. Si Juki Warteg Gaya Baru (Arsanesia)

Pemain dalam gim ini diharuskan untuk memasak dan membagikan makanan pada orang yang membutuhkan. Nantinya, konten kesehatan dalam gim ini disajikan dalam bentuk komi menggunakan kekuatan Si Juki.

(Dam/Ysl)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya