Pengguna Instagram Bisa Gonta-ganti Foto Profil Pakai Avatar, Begini Caranya

Pengguna Instagram bisa mengganti-ganti foto profilnya dengan avatar buatannya sendiri, berikut caranya

oleh Giovani Dio Prasasti diperbarui 20 Feb 2023, 16:51 WIB
Diterbitkan 25 Jan 2023, 19:00 WIB
Kata kata Instagram
Kata kata Instagram / Sumber: Pixabay

Liputan6.com, Jakarta - Instagram mengeluarkan fitur untuk membuat pengguna bisa mengganti-ganti foto profil mereka, dengan gambar avatar buatannya sendiri.

Selain itu, orang yang mengunjungi profil yang sudah mengaktifkan fitur ini, dapat menukar tampilan foto profil dan avatar, cukup dengan melakukan flip di bagian foto profil yang dikunjunginya.

Berikut ini langkah-langkah untuk menambahkan avatar buatan sendiri ke foto profil Instagram:

Cara pakai Avatar jadi foto profil

  1. Masuk ke bagian profil
  2. Pilih Edit Profile, nantinya akan muncul foto profilmu bersama opsi untuk mengisi tampilan avatar jika avatar belum dibuat.
  3. Klik Create Avatar lanjutkan dengan membuat avatarmu sendiri
  4. Kamu dapat membuat avatar sesuai keinginanmu sendiri, termasuk agar mirip dengan dirimu, mulai dari warna kulit, mata, alis, rambut, bentuk wajah, hingga aksesoris dan pakaian yang dipakai avatarmu.
  5. Sementara jika sudah pernah membuat avatar sebelumnya, cukup klik foto profil dan nantinya akan muncul menu untuk pengaturan foto profil dan gambar avatar.
  6. Jika avatarmu sudah jadi, kamu dapat memilih opsi Add to profile picture untuk menampilkannya di balik foto profil aslimu. Kamu dapat mematikan fitur ini sewaktu-waktu di menu Edit Profile
  7. Untuk menukar foto profilmu dengan avatar, cukup lakukan swipe atau flip foto profil.

Sejauh pantauan Tekno Liputan6.com, Selasa (25/1/2023), fitur ini sudah bisa dilihat melalui aplikasi Instagram di smartphone.

Selain itu, gonta-ganti foto profil dengan avatar ini baru bisa dilihat melalui Profil dan hanya pada mereka yang sudah membuat avatar.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Instagram Luncurkan Quiet Mode

Instagram
Instagram (Sumber: Pixabay)

Sebelumnya, Instagram meluncurkan sebuah fitur baru bernama Quiet mode, yang bertujuan untuk membuat pengguna agar tetap fokus di aktivitas tertentu, misalnya seperti berkendara atau belajar.

Selain itu, Meta, induk Instagram, juga menyarankan pengguna remaja untuk mengaktifkan Quiet Mode saat mereka sudah menghabiskan waktu tertentu di platform itu saat larut malam.

"Hari ini, kami meluncurkan Quiet Mode di Instagram untuk membantu orang fokus dan mendorong orang menetapkan batasan dengan teman dan pengikut mereka," kata Meta dalam pengumumannya.

Dalam keterangan di laman resminya, dikutip Jumat (20/1/2023), Meta mengatakan, setelah Quiet Mode diaktifkan, pengguna tidak akan menerima pemberitahuan apapun.

Selain itu, status aktivitas profil juga akan berubah, untuk memberi tahu orang-orang, dan Instagram akan secara otomatis mengirimka balasan otomatis, saat seseorang mengirimkan Direct Message (DM).

 


Jadwal Quiet Mode Bisa Diatur

Ilustrasi Instagram
Ilustrasi Instagram. (Gambar oleh USA-Reiseblogger dari Pixabay)

Pengguna juga bisa mengatur waktu Quiet Mode agar sesuai dengan jadwalnya. Setelah fitur dimatikan, Instagram akan memberikan ringkasan notifikasi singkat mengenai apa saja yang dilewatkan selama mode diam dinyalakan.

"Siapa pun dapat menggunakan Quiet Mode, tetapi kami akan meminta remaja untuk melakukannya saat mereka menghabiskan waktu tertentu di Instagram pada larut malam," tulis Meta.

Fitur Instagram ini baru tersedia untuk semua pengguna di Amerika Serikat, Britania Raya, Irlandia, Kanada, Australia, dan Selandia Baru. Nantinya, mode ini bakal diperluas ke lebih banyak negara.

Bersama Quiet Mode, Instagram juga meluncurkan fitur baru yang memungkinkan pengguna untuk memberitahu platform, rekomendasi apa yang tidak ingin mereka lihat.

 


Menyembunyikan Konten di Explore

Ilustrasi instagram
Ilustrasi instagram (Photo by Webster2703 on Pixabay)

"Kami ingin memberikan lebih banyak kontrol kepada orang-orang atas konten yang mereka lihat di Instagram, jadi kami memperkenalkan fitur baru yang memungkinkan orang memberi tahu kami konten apa yang tidak ingin direkomendasikan kepada mereka," tulis Meta.

Dengan fitur baru tersebut, pengguna dapat memilih untuk menyembunyikan beberapa konten di Explore, yang tidak diminati.

Ketika pengguna menyatakan tidak tertarik, Instagram akan berusaha untuk tidak menampilkan konten semacam ini di masa mendatang di tempat lain tempat mereka membuat rekomendasi, seperti Reel, Penelusuran, dan lainnya.

Instagram juga memperluas fitur untuk menyembunyikan komentar atau DM yang berisi kata-kata tertentu, ke postingan yang direkomendasikan. Fitur ini bisa diakses melalui bagian Hidden Words di pengaturan Privasi.

(Dio/Isk)

Infografis Konsep Future Smart Forest City di IKN Nusantara. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Konsep Future Smart Forest City di IKN Nusantara. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya