Anthony Sinisuka Ginting Lolos Semifinal Singapore Open 2023, Warganet: Gas Sampe Final!

Tunggal putra Indonesia Anthony Sinisuka Ginting berhasil lolos ke semifinal Singapore Open 2023 setelah mengalahkan tunggal Tiongkok Li Shi Feng. Warganet pun mendukung wakil satu-satunya Indonesia yang menebus semifinal Singapore Open 2023 itu.

oleh Agustin Setyo Wardani diperbarui 09 Jun 2023, 20:54 WIB
Diterbitkan 09 Jun 2023, 20:54 WIB
Anthony Sinisuka Ginting - Piala Sudirman
Anthony Sinisuka Ginting akan menjadi andalan tim bulu tangkis Indonesia pada Piala Sudirman yang akan berlangsung di di Suzhou, China, pada 14-21 Mei 2023. (foto: PBSI)

Liputan6.com, Jakarta - Pebulu tangkis tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting lolos ke semifinal Singapore Open 2023 usai mengalahkan tunggal putra Tiongkok Li Shi Feng dalam laga 62 menit.

Ginting harus bertanding rubber game, lantaran sempat kalah di game kedua. Berlaga di Singapore Indoor Stadium, Jumat (9/6/2023), Anthony Sinisuka Ginting akhirnya menang dengan skor 21-13, 16-21, dan 21-12.

Kemenangan perbulu tangkis tunggal putra ranking 2 dunia atas Li Shi Feng pun membuatnya jadi satu-satunya wakil Indonesia yang lolos hingga babak semifinal Singapore Open 2023.

Sebelumnya, wakil Indonesia lainnya, yakni ganda putra Indonesia Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin harus tersingkir di babak perempat final Singapore Open 2023. Leo/Daniel alias The Babies takhluk dari wakil Malaysia Aaron Chia/Soh Wooi Yik dengan skor ketat 18-21, 21-16, dan 22-20.

Jadi satu-satunya wakil Indonesia yang berlaga di semifinal Singapore Open 2023 besok, Sabtu 10 Juni 2023 membuat warganet ikut senang dengan pencapaian Anthony Sinisuka Ginting.

Warganet sekaligus pecinta bulutangkis Indonesia pun menggaungkan topik tentang Ginting hingga menjadi trending topic Twitter.

Tidak hanya itu, kebanyakan warganet memuji aksi Ginting yang bermain cukup baik di babak perempat final melawan Li Shi Feng. Apalagi di turnamen sebelumnya, Ginting hampir selalu gagal di babak awal.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Semangati Ginting Agar Lolos Sampai Final Singapore Open 2023

Anthony Sinisuka Ginting - Singapore Open 2023 - Bulu Tangkis - Badminton
Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia Anthony Sinisuka Ginting mengalahkan Ng Ka Long Angus dari Hong Kong 21-15 dan 24-22 pada babak 32 besar Singapore Open 2023 di Singapore Indoor Stadium, Rabu (7/6/2023). (foto: PBSI)

Warganet juga terus menyemangati pebulu tangkis kelahiran 20 Oktober 1996 ini agar bisa memenangkan pertandingan semifinal dan mendapatkan satu tiket ke final Singapore Open 2023.

"Ting, selamat banyak-banyak. Sampai hari Minggu (final) dan juara ya," kicau pengguna dengan akun @ind*** lengkap dengan tagar KitaPunyaGinting.

"Semoga bisa nonton sampai hari Minggu. Semangat Ginting," kata @cof***.

"Sangat diharapkan Ginting sampe final pake jersey navy," kicau @syu***.

"Ginting the last man standing," kicau @per*** sembari mengunggah cuplikan video kemenangan Ginting di Twitter.

Akun pecinta bulutangkis @badminton_talk pun mengucapkan "Terima kasih Ginting!" karena telah berhasil melaju ke final Singapore Open 2023.

Sementara itu, dalam wawancara usai pertandingan perempat final melawan Li Shi Feng, Ginting menyebut dirinya seperti main di Jakarta lantaran banyak pecinta bulutangkis di Singapura yang mendukungnya.

"Saya seperti main di Jakarta. Banyak orang yang datang mendukung saya, Singapura adalah salah satu kota favorit saya di tour," kata Ginting, sebagaimana dikutip dari Twitter @ainurrohman.


Ginting Amankan Gim Pertama Lawan Li Shi Feng

Anthony Sinisuka Ginting
Tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting, saat bertanding pada semifinal Kejuaraan Bulutangkis Asia 2023 di Sheikh Rashid Bin Hamdan Indoor Hall, Al Nasr Club, Dubai, Uni Emirat Arab, Sabtu (29/4/2023). (Bola.com/Humas PBSI)

Anthony Sinisuka Ginting lolos ke semifinal Singapore Open 2023 setelah mengalahkan wakil Tiongkok Li Shi Feng melalui rubber game.

Ginting menang 21-13, 16-21, dan 21-12. Pebulu tangkis asuhan pelatnas PBSI ini memulai gim pertama dengan baik. Ia tampil cukup agresif dan beberapa kali mampu mementahkan smes tajam dari Li.

Ia memasuki interval dengan keunggulan skor 11-19. Setelah interval skor Ginting menjauh dari Li. Permainan depan net Ginting juga memukau dan berhasil membuahkan poin.

Setidaknya ia meraih enam poin beruntun dan mencapai game point. Gim pertama pun aman di tangan Ginting.


Kalah Gim Kedua, Unggul Total di Rubber Game

Indonesia Masters 2023: Anthony Sinisuka Ginting
Pebulutangkis tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting bertanding melawan pebulutangkis tunggal putra China, Shi Yu Qi saat laga 16 besar Indonesia Masters 2023 di Istora Senayan, Jakarta, Kamis (26/01/2023). Anthony Sinisuka Ginting kalah dua game langsung, 19-21, 16-21. (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Pada gim kedua, Ginting tertinggal jauh di awal permainan. Ia tertiggal 0-5 dari Li. Poin Ginting kian jauh tertinggal hingga 1-8, karena Li mampu menembus pertahanan Ginting.

Ginting yang coba mengejar tetap kesulitan mendekati lantaran jarak poin yang cukup jauh. Kedudukan Ginting masih tertinggal 6 poin 11-17. Ia pun kalah di game kedua dengan poin 16-21.

Pada babak ketiga, Ginting memulai dengan lebih baik. Ia sukses unggul 9-4 setelah merebut 6 poin beruntun.

Lagi-lagi, duel net beberapa kali berhasil dimenangkan oleh Ginting. Ia pun mengamankan interval dengan 11-8.

Ginting sempat unggul 15-12 dan meraih 6 poin beruntun serta memenangi laga perempat final ini.

Kemenangan lewat tunggal Tiongkok itu membuatnya lolos ke babak semifinal Singapore Open 2023. Besok, Jumat 10 Juni 2023, Ginting bakal berlaga menghadapi tunggal Thailand Kunlavut Vitidsarn.

Di sisi lain, semifinal juga bakal dijalani oleh tunggal putra Denmark Anders Antonsen melawan Kodai Naraoka dari Jepang.

 

Infografis Prestasi Indonesia di Kejuaraan Dunia Bulutangkis BWF
Infografis Prestasi Indonesia di Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis BWF
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya