Cara Pakai Quiet Mode di Instagram agar Bisa Tidur Nyenyak!

Instagram punya fitur buat kamu yang lagi tak ingin diganggu. Bagaimana cara mengaktifkan atau manonaktifkan fitur Quiet Mode? Yuk, coba caranya di sini.

oleh Dinda Ariyani diperbarui 29 Agu 2024, 12:00 WIB
Diterbitkan 29 Agu 2024, 12:00 WIB
Tampilan Quiet Mode di Instagram (Dok. Meta)
Tampilan Quiet Mode di Instagram (Dok. Meta)

Liputan6.com, Jakarta - Kadang, kita butuh waktu buat santai tanpa diganggu notifikasi Instagram yang muncul terus-menerus, bukan?

Nah, Instagram punya solusi dengan fitur keren buat itu, yaitu Quiet Mode. Fitur ini bikin kamu bisa mematikan notifikasi agar kamu enggak terganggu pas lagi butuh waktu tenang atau mau tidur nyenyak.

Apa itu Quiet Mode di Instagram?

Quiet Mode ini mirip dengan mode hening khusus buat Instagram. Kamu bisa atur waktu tertentu tiap hari di mana notifikasi enggak bakal muncul.

Cocok buat kamu yang pengen fokus atau lagi istirahat dari dunia maya.

Berikut Cara Turn On atau Turn Off Quiet Mode: 

  1. Masuk ke profil Instagram, klik ikon tiga garis horizontal pojok kanan atas buat buka menu
  2. Pilih Notifikasi: Di menu, cari opsi "Notifikasi."
  3. Aktifkan Quiet Mode: Cari opsi "Quiet Mode" dan geser tombolnya buat aktifkan atau manonaktifkan.

Quiet Mode di Instagram adalah fitur yang bisa otomatis menghentikan notifikasi selama waktu yang kamu inginkan setiap harinya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Cara Kerja Quiet Mode

Kamu bisa akses fitur ini lewat profile settings atau pengaturan profil. Pas diaktifkan, notifikasi di perangkat kamu bakal berhenti sementara sesuai waktu yang kamu atur.

Begitu Quiet Mode aktif, titik status di samping foto profil kamu berubah dari hijau jadi ikon bulan. Orang yang kirim DM ke kamu bakal dapet pemberitahuan kalau kamu lagi enggak bisa lihat pesan mereka sampai Quiet Mode selesai. 

Tapi, kamu tetap bisa pakai Instagram seperti biasa selama mode ini aktif.

Bedanya Quiet Mode dengan Pause Notifications

Mungkin kamu pernah pakai fitur Pause Notifications yang menghentikan notifikasi sementara. Bedanya, pause notifications hanya berlaku saat kamu aktifin dan maksimal selama delapan jam.

Ini berguna buat situasi mendadak, tapi enggak praktis kalau mau rutin setiap hari.


Cara Mengaktifkan atau Menonaktifkan Quiet Mode

Ilustrasi aplikasi Instagram
Ilustrasi aplikasi Instagram (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)

Mengaktifkan Quiet Mode di Instaggram itu gampang banget! Simak langkah-langkahnya :

  1. Buka Profil: dari layar utama aplikasi Instagram, klik gambar profil kamu di pojok kanan bawah untuk masuk ke profil
  2. Pilih notifikasi: Di menu yang muncul, klik "Notifikasi." 
  3. Aktifkan Quiet Mode: Cari opsi Quiet Mode di bawah Pause All dan klik. Kamu bakal melihat sakelar di sebelah Quiet Mode.
  4. Atur Waktu Quiet: Untuk mengaktifkan Quiet Mode, geser sakelarnya ke posisi "On". Periode default-nya adalah dari jam 11.00 malam sampai 07.00 pagi. Kamu bisa ubah waktu ini dengan mengatur pilihan "From" dan "To" di menu tersebut. Periode ini bisa diatur hingga 12 jam.

Cara menonaktifkan Quiet Mode: 

Pilih ke posisi "Off" Jika kamu memilih "Skip for now". kamu akan kembali menerima notifikasi hingga periode Quiet Mode hari berikutnya. Tapi, kalau kamu ingin mematikan Quiet Mode sepenuhnya, pilih "Turn off quiet mode."

Cara Mengirim Silent Messages

Buat kamu yang suka chat larut malam atau ingin tetap sopan pas ngirim chat, Instagram punya fitur baru yang keren yaitu Silent Messages

Buat kamu yang suka chat larut malam atau ingin tetap sopan saat mengirim pesan, Instagram punya fitur baru yang keren yaitu "Quiet Messages".

Fitur ini memungkinkan kamu mengirim pesan tanpa mengganggu penerima dengan notifikasi. Cocok banget buat kamu yang pengen mengirim pesan tanpa terkesan butuh jawaban cepat atau tanpa membangunkan mereka larut malam.

 


Cara Menggunakan Silent Messages

Foto pengaturan akun privat
Agar dapat memberikan proteksi sekaligus kenyamanan remaja dalam memainkan aplikasi yang dikelola oleh Meta seperti Instagram dan Threads, Meta mengeluarkan langkah-langkah perlindungan remaja sebagai berikut. (Foto Weber Shandwick untuk Meta di Indonesia)
  1. Buka Instagram dan masuk ke Direct Messages (DM).
  2. Pilih Teman atau Kontak yang ingin kamu kirimi Silent Messages.
  3. Di kotak penulisan pesan, ketik /silent diikuti dengan spasi.
  4. Kamu mungkin akan melihat ikon kecil dengan garis miring yang menandakan silent mode.
  5. Setelah menulis /silent dan spasi, tulis pesanmu seperti biasa.
  6. Tekan Kirim! Chat kamu akan masuk ke inbox penerima tanpa memicu notifikasi.

Yang Perlu Kamu Ketahui:

  • Fitur Baru: Silent messages adalah fitur baru, jadi jika kamu belum melihat prompt /silent, bisa jadi belum tersedia di akunmu.
  • Pesan Tetap Terlihat: Meskipun tidak ada notifikasi, pesanmu tetap akan muncul di inbox penerima saat mereka membuka Instagram.
  • Gunakan dengan Bijak: Meskipun fitur ini sangat berguna, hindari terlalu sering menggunakannya agar pesanmu tidak terlewatkan.

Dengan Silent Messages, kamu bisa tetap terhubung dengan teman di Instagram tanpa harus khawatir mengganggu mereka. Jadi, kalau ada pesan yang nggak mendesak, kirim aja secara senyap dan biarkan mereka membalas saat mereka ingin membalas.


Infografis 7 Tips Bijak Gunakan Media Sosial. (Liputan6.com/Abdillah)

Infografis 7 Tips Bijak Gunakan Media Sosial. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis 7 Tips Bijak Gunakan Media Sosial. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya