Pengusaha Ngadu ke BI Soal Sulitnya Dapat Pinjaman dari Bank

Pengusaha mengaku sering kesulitan untuk mendapat pinjaman dari bank.

oleh Ilyas Istianur Praditya diperbarui 23 Jan 2015, 09:57 WIB
Diterbitkan 23 Jan 2015, 09:57 WIB
Ilustrasi Bank
Ilustrasi Bank

Liputan6.com, Jakarta - Kamar Dagang dan Industri (KADIN) mengaku selalu mendapatkan aduan dari para pengusaha dalam sulitnya mendapatkan pinjaman dari bank.

Dalam pertemuannya dengan Deputi Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo di ANZ Economic Outlook 2015, Ketua Umum Kadin, Suryo Bambang Sulisto langsung mengadukan keluhan para pengusaha tersebut.

"Yang saya dengar laporan teman-teman, mereka lebih sulit dapat pinjaman, bunga bank tinggi, bank-bank enggan berikan pinjaman karena NPL khawatir meningkat," kata Suryo di Hotel ‎Hairmont, Jakarta, Kamis (22/1/2015) malam.

Suryo juga menanggapi rencana Bank Indonesia pada 2015 untuk lebih fokus mempertahankan pertumbuhan ekonomi ketimbang meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

Dia menilai pertumbuhan ekonomi harus tetap diupayakan, mengingat dengan pertumbuhan ekonomi yang teris meningkat akan mempengaruhi laju pengangguran di Indonesia.

Untuk itu, Suryo meminta kepada Bank Indonesia untuk lebih bersahabat bagi para pengusaha, terutama dalam mendapatkan tambahan modal dari bank.

"Kalau masih seperti ini, jelas kita akan sulit berkembang, padahal di sisi lain kita harus bersaing dengan pengusaha lain jelang Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015," tegasnya. (Yas/Ndw)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya