Ini 4 Tips Tingkatkan Kepercayaan Dalam Karier Anda

Yuk, coba salah satu dari empat teknik ini agar dapat meningkatkan kepercayaan dalam karier Anda

oleh Fitriana Monica Sari diperbarui 02 Agu 2018, 06:00 WIB
Diterbitkan 02 Agu 2018, 06:00 WIB
Semangat bekerja (Ilustrasi iStock)
Semangat bekerja (Ilustrasi iStock)

Liputan6.com, Jakarta - Jika Anda tidak percaya pada diri sendiri, bagaimana orang lain percaya pada kemampuan Anda? Perasaan diri yang kuat akan memungkinkan Anda untuk maju di tempat kerja dengan lancar. Namun, kepercayaan diri tidak datang secara alami ke semua orang.

Mencapai rasa kepemilikan diri yang mendalam dapat menjadi sulit bagi banyak individu yang berjuang dengan masalah harga diri atau kurangnya inspirasi. Untungnya, ada beberapa cara mudah dan dapat dilakukan untuk meningkatkan kepercayaan diri karier Anda.

Yuk, coba salah satu dari lima teknik ini agar dapat meningkatkan kepercayaan dalam karier Anda, seperti dikutip dari Laruno.id:

1. Memiliki tujuan spesifik

Apa yang Anda inginkan dari karier Anda? Luangkan waktu untuk membuat daftar tujuan karier Anda, dan buatlah sedetil mungkin.

Dengan memiliki tujuan spesifik, Anda akan menciptakan sumber inspirasi dan motivasi yang kuat untuk diri Anda sendiri. Anda juga dapat membuat tonggak yang dapat membuat tujuan tersebut lebih mudah dicapai.

Dengan memiliki fokus khusus, Anda akan dapat mendedikasikan diri Anda untuk pekerjaan dengan arah yang kuat. Ketika Anda mencapai sasaran dan tonggak spesifik ini, Anda akan menemukan kepercayaan diri Anda meningkat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


2. Memiliki rutinitas

Bangun tidur
Ilustrasi bangun tidur (iStockphoto)

Beberapa orang yang paling sukses dan percaya diri dalam bisnis, memiliki kesamaan rutinitas. Misalnya, bangun lebih awal sehingga Anda dapat menjernihkan pikiran, memeriksa e-mail, atau melakukan tugas sehari-hari sebelum mulai bekerja.

Dengan membentuk rutinitas seperti itu, Anda menunjukkan harga diri dan mengakui bahwa waktu Anda berharga. Rutinitas dapat membantu Anda merasa lebih terpusat dan tenang, dan ini dapat memiliki efek yang kuat pada produktivitas dan kepercayaan diri Anda.

3. Fokus pada kemajuan, bukan kesempurnaan

Percaya atau tidak, kepercayaan diri bukanlah tentang mencapai kesempurnaan. Jika ada, mencoba menjadi sempurna dapat secara drastis mengurangi harga diri Anda.

Alih-alih berusaha menjadi sempurna, fokuslah untuk menjadi yang terbaik yang Anda bisa. Jika Anda membuat kesalahan, daripada menyalahkan diri sendiri, cobalah fokus pada bagaimana Anda dapat belajar dari pengalaman itu. Ini akan memungkinkan Anda untuk melanjutkan karier Anda dengan cara yang lebih kuat dan lebih sadar diri.

Memberi diri Anda ruang untuk tumbuh secara alami, akan memungkinkan Anda untuk melihat kemampuan Anda untuk mengatasi kesulitan dan tumbuh lebih kuat sebagai pekerja dan sebagai manusia. Ini membangun kepercayaan diri dan harga diri dengan cara yang mendalam dan intrinsik.


4. Mempunyai hobi

Ilustrasi memanggang
Melalui hobi rumahan berikut ini, kamu bisa menghasilkan uang yang cukup besar untuk memenuhi lifestyle dan kebutuhan sehari-hari

Pasti Anda memiliki banyak hobi di luar tempat bekerja. Hobi tidak hanya membantu memperluas pikiran Anda dan mengurangi stres, tetapi hobi memungkinkan Anda untuk mendekati pekerjaan Anda dengan semangat yang diperbarui. Ketika Anda seorang pekerja yang efektif, Anda adalah pekerja yang percaya diri. Jadi, lakukan sendiri dan hargai diri Anda. Nikmatilah hobi Anda.

Apa tips favorit Anda untuk meningkatkan kepercayaan diri dalam karier?

Semoga Bermanfaat.

GRATIS... Pelatihan 365 hari bersama Tung Desem Waringin yang bisa merevolusi bisnis, marketing, sales, karier, kehidupan, kesehatan, kebahagiaan, dan keuangan, bahkan percintaan dengan materi terbaru seharga Rp 2.997.000.

Khusus untuk 97 orang pembaca Liputan6.com hari ini jadi gratis.

Daftar sekarang juga, klik di sini untuk daftar

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya