Kisah Pendiri Roti Bakar Eddy, Diusir Aparat sampai Sukses di Ibu Kota

Pendiri Roti Bakar Eddy tutup usia. Ini kisahnya membangun bisnis dari nol hingga sukses di Ibu Kota.

oleh Tommy K. Rony diperbarui 11 Okt 2018, 18:02 WIB
Diterbitkan 11 Okt 2018, 18:02 WIB
[Bintang] Keseruan 90-an: Jangan Ngaku Gaul Kalau Belum Nongkrong di Sini
Roti Bakar Eddy Blok M. (Via: ceritaperut.com)

Liputan6.com, Jakarta - Pendiri Roti Bakar Eddy baru saja tutup usia. Pria bernama lengkap Eddy Supardi ini merantau ke Jakarta pada 1966 silam dan merintis bisnis kuliner dari bawah.

Eddy lahir di Solo pada Februari 1951. Saat muda, ia tidak menyelesaikan pendidikan sekolah dasarnya. Ketika memutuskan merantau ke Jakarta, usianya belum menginjak 17 tahun.

Awalnya, dia menjual lontong sayur dan bubur ayam. Sampai akhirnya dia merintis usaha roti bakar dari uang yang ia tabung.

Walau sekarang sudah terkenal di daerah Ibu Kota di kalangan anak-anak muda, Eddy sempat merasakan diusir oleh aparat. Ia pun pun sering berpindah tempat, tapi tetap tidak berpindah hati dari komitmennya di dunia bisnis.

Kedai roti bakar yang pertama kali dibukanya berlokasi di kawasan Blok M, di depan sekolah Al-Azhar, Jakarta Selatan. Pangsanya adalah anak-anak muda dan itu dipertahankan sampai sekarang. 

Pengunjung akan ditemani alunan musik dan beragam makanan, seperti mi instan dan hidangan ayam. Meski ada banyak kedai roti bakar di Jakarta, Roti Eddy memakai predikat "Roti Bakar Pertama di Indonesia."

Berkat ketekunan pendirinya, Roti Bakar Eddy menjadi salah satu roti bakar paling populer di Jakarta dan sekitarnya. Para pejabat dan selebritas Ibu Kota pun akrab dengan Roti Eddy. Eddy tutup usia di Jakarta, Rabu, 10 Oktober 2018 di Rumah Sakit Mayapada dalam usia 67 tahun.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Hidangan Terkenal

7 Jajanan Istimewa yang Melegenda di Jakarta
Roti Bakar Eddy (Foto: Good Indonesian Food)

Seperti warung roti bakar pada umumnya, warung roti bakar Eddy menyajikan menu utama roti bakar dengan aneka rasa. Namun, tak hanya roti bakar, terdapat pilihan menu lainnya juga yang bisa dinikmati di warung roti bakar Eddy, di antaranya nasi pisang bakar, tapai bakar, ayam bakar, bakso, pangsit, dan lainnya.   

Menu yang terkenal di kedai roti bakar Eddy adalah burju, yaitu roti bakar keju. Dalam laman resmi Roti Bakar Eddy tertulis, roti yang digunakan adalah roti buatan sendiri karena ingin menjaga kualitas.

Beberapa cabang Roti Eddy berada di Bogor, Ciledug, Pondok Aren, dan Cibubur, 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya