Hati-hati, Hindari 3 Kesalahan Atur Duit saat di Usia 30-an

Keputusan keuangan yang Anda buat di usia 30-an dapat berdampak besar pada masa depan.

oleh Liputan6.com diperbarui 03 Okt 2020, 06:00 WIB
Diterbitkan 03 Okt 2020, 06:00 WIB
Tips Keuangan. Dok Unsplash
Tips Keuangan. Dok Unsplash

Liputan6.com, Jakarta Hati-hati saat mengatur keuangan. Keputusan keuangan yang Anda buat di usia 30-an dapat berdampak besar pada masa depan.

Uang adalah alat. Ketika belajar menggunakan uang dengan bijak Anda dapat menjalani hidup seperti keinginan.

Ini diungkapkan Marguerita Cheng, Perencana Keuangan Bersertifikat dan CEO serta salah satu pendiri Blue Ocean Global Wealth.

Dia pun memberikan beberapa tips soal keuangan. Mengutip laman CNBC, Sabtu (3/10/2020) berikut 3 kesalahan uang yang harus dihindari pada usia 30-an yang akan membuat Anda bahagia karena di kemudian hari.

1. Tidak menetapkan tujuan keuangan

Jika Anda belum menetapkan target keuangan, usia 30-an adalah waktu yang tepat untuk membuat rencana keuangan jangka pendek dan jangka panjang. 

“Hampir setiap 60 tahun saya bertemu dengan harapan mereka mulai memikirkan tentang pensiun dan tujuan keuangan ketika mereka berusia 30-an atau lebih muda,” kata Perencana Keuangan bersertifikat Ela Financial Group, Ryan Marshall.

Apakah Anda ingin menabung sejumlah tertentu dengan masa pensiun, membentuk dana darurat atau membeli rumah, waktu untuk memulai perencanaan adalah sekarang, kata Douglas Boneparth, presiden dan pendiri Bone Fide Wealth .

“Tidak menetapkan tujuan adalah kesalahan terbesar yang dapat dilakukan orang di usia 30-an karena menetapkan tujuan memberikan arahan finansial dan menetapkan garis waktu untuk mencapai hal-hal hebat dalam hidup, seperti kemandirian finansial, membeli rumah, memiliki anak, dan memulai bisnis,” kata Boneparth.

2. Tidak menabung untuk masa pensiun

Pakar uang sering kali menekankan pentingnya mulai menabung untuk masa pensiun lebih awal  - terutama jika Anda ingin berada di jalur yang tepat untuk mencapai uang pensiun impian.

“Seseorang yang berusia 30-an memiliki peluang besar untuk memanfaatkan kekuatan bunga majemuk, di mana bahkan jumlah kecil yang diinvestasikan dapat tumbuh besar dalam waktu yang cukup,” kata Kaleb Paddock, perencana keuangan bersertifikat di Ten Talents Financial Planning di Parker, Colorado.

Tidak seperti bunga sederhana, yang hanya memberi Anda keuntungan dari uang yang Anda investasikan, bunga majemuk memberi  Anda keuntungan atas keuntungan Anda. Itu berarti uang Anda tumbuh secara eksponensial semakin lama membiarkannya diinvestasikan dalam dana pensiun, seperti 401 (k) atau Roth IRA. Dan waktu adalah komoditas yang tidak akan pernah bisa Anda dapatkan kembali.

 “Anda tidak dapat memundurkan waktu ketika harus menyisihkan waktu untuk masa depan Anda, jadi ini adalah kesalahan yang ingin Anda hindari,” kata Paddock. “Targetkan 15% dari pendapatan Anda untuk disisihkan untuk ‘masa depan Anda’.”

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Tonton Video Ini


3. Tidak melacak pengeluaran

mengatur uang
Tips mengatur keuangan./Copyright unsplash.com/mimi thian

Pada usia 30-an, Anda harus mengawasi ke mana perginya uang.

“Pengeluaran yang tidak masuk akal setiap hari bertambah dan bisa menjadi penghancur kekayaan terbesar dari waktu ke waktu,” kata Kristin O’Keeffe Merrick, penasihat keuangan O’Keeffe Financial Partners . “Menghabiskan lebih sedikit dari yang Anda hasilkan adalah kunci untuk mengumpulkan kekayaan. Itu tidak mudah, tapi pasti sederhana. ”

Untuk menghindari pengeluaran berlebihan, Anda harus terlebih dahulu menguasai arus kas. Mulailah dengan memantau kebiasaan belanja Anda selama periode 30 hari. 

Setelah menuliskan setiap pembelian yang Anda lakukan dan dolar yang Anda belanjakan dalam sebulan, Anda akan mulai memperhatikan pola ke mana perginya uang dan kemana kemungkinan untuk dikurangi.

“Salah satu bagian tersulit dari keuangan pribadi adalah menemukan keseimbangan antara membangun gaya hidup yang nyaman dan tabungan yang konsisten,” kata Boneparth. “Satu-satunya cara untuk mencapai keseimbangan itu adalah dengan memahami secara mendalam bagaimana uang masuk dan keluar dari hidup Anda.”

Selain itu, Anda harus mencoba untuk menghindari menyerah pada “gaya hidup yang merayap” di usia 30-an, yang terjadi “ketika seseorang mendapat kenaikan gaji atau peningkatan pendapatan lainnya dan kemudian meningkatkan pengeluaran untuk memenuhi pendapatan baru,” jelas Aaron Graham, perencana keuangan bersertifikat di Abacus Kelompok Perencanaan.

Orang-orang sering membenarkan gaya hidup mereka yang merayap dengan menyatakan mereka berhak untuk mengeluarkan lebih banyak atau dengan menilai kebiasaan belanja mereka dibandingkan dengan orang lain. Namun, Anda harus mencoba untuk menolak pemikiran ini. Alih-alih, pantau arus kas Anda dan kebiasaan belanja individu.

Reporter: Erna Sulistyowati

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya