Justin Timberlake Jual Katalog Musiknya, Harganya Fantastis

CEO Hipgnosis Mercuriadis mengumumkan pembelian semua hak cipta penyanyi atas lagu yang dia tulis atau ditulis bersama dengan total sekitar 200 lagu pada hari Kamis.

oleh Liputan6.com diperbarui 27 Mei 2022, 18:01 WIB
Diterbitkan 27 Mei 2022, 18:00 WIB
[Bintang] Justin Timberlake
Justin Timberlake (Christopher Polk / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / AFP)

Liputan6.com, Jakarta Penyanyi ternama asal Amerika Serikat Justin Timberlake menjual seluruh katalog musiknya ke Hipgnosis Song Management yang berbasis di London. Penjualan tersebut diketahui bernilai lebih dari USD 100 juta atau sekitar Rp 1,45 triliun, menurut The Wall Street Journal.

CEO Hipgnosis Mercuriadis mengumumkan pembelian semua hak cipta penyanyi atas lagu yang dia tulis atau ditulis bersama dengan total sekitar 200 lagu pada hari Kamis. Di antaranya ada yang lagu yang hits berjudul "SexyBack", "Can't Stop the Feeling", dan "Mirrors”.

Sepanjang kariernya, Timberlake telah mengoleksi musik mencakup lebih dari 20 tahun. Penyanyi ini mulai dikenal sejak 1995 sebagai anggota fenomena boy band NSYNC.

Kemudian mengikuti kesuksesan grup internasional, Timberlake meluncurkan karier solo yang mencakup lima album studio dan 40 single.

Penjualan tersebut memakan waktu lebih dari satu tahun, menurut Mercuriadis, dan merupakan bagian dari tren yang meningkat dari para megabintang yang menjual katalog musik mereka yang mencakup orang-orang terkenal lain, seperti Bob Dylan, Bruce Springsteen, Neil Young dan Stevie Nicks. Namun, pada usia 41 tahun, Timberlake lebih muda dari ikon musik lainnya yang menandatangani kesepakatan.

"Banyak artis yang menjual katalog mereka mencapai titik dalam hidup mereka di mana mereka merencanakan perkebunan mereka, semacam perencanaan untuk masa depan dan mereka berada pada titik dalam hidup mereka di mana masuk akal untuk menjual musik mereka ke menafkahi keluarga mereka," kata Direktur Editorial di Billboard Hannah Karp seperti melansir CNN, Jumat (27/5/2022).

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Penyanyi Lain yang Jual ke Hipgnosis

Ilustrasi mimpi, menyanyi
Ilustrasi mimpi, menyanyi. (Photo by Free-Photos on Pixabay)

Namun, tidak hanya Timberlake yang menjual katalog musik hasil pekerjaannya kepada Hipgnosis.

The Chainsmokers, duo pembuat hit musik elektronik, pun diketahui pernah menjual katalog mereka ke firma tersebut pada 2019, dan Shakira membuat kesepakatan dengan Hipgnosis pada Januari.

"Dalam kasus para penulis lagu yang lebih muda, mereka ingin mengurangi risiko masa depan mereka," kata Mercuriadis. "Mereka ingin ditempatkan pada posisi di mana mereka dapat membuat musik untuk tujuan murni ke depan berdasarkan apa yang ingin mereka lakukan, bukan apa yang harus mereka lakukan demi uang,” lanjutnya.

Di samping itu, ada pula artis lain yang telah membuat kesepakatan dengan Hipgnosis termasuk Red Hot Chili Peppers, Journey, Blondie dan Neil Young.

"Saya senang bisa bermitra dengan Merck dan Hipgnosis - dia menghargai seniman dan karya kreatif mereka dan selalu menjadi pendukung kuat penulis lagu dan penceritaan," kata Timberlake dalam siaran pers pada hari Kamis. "Saya berharap untuk memasuki bab berikutnya," tuturnya.

Akan tetapi, kesepakatan itu hanya mencakup hak penerbitan Timberlake. Jadi, hanya lagu-lagu yang dia tulis yang disertakan dalam kesepakatan tersebut. Sementara Timberlake sendiri telah menulis atau ikut menulis banyak lagu yang telah membawanya sukses solo - dan beberapa lagu untuk artis lain, seperti Rihanna dan Madonna. Itu berarti hit seperti "Bye Bye Bye" berada di luar cakupan kesepakatan Hipgnosis.

 

 


Proses Pembelian

Justin Timberlake. (Foto: Instagram terverifikasi @justintimberlake)
Justin Timberlake. (Foto: Instagram terverifikasi @justintimberlake)

Pembelian dilakukan atas nama Hipgnosis Songs Capital, kemitraan senilai USD 1 miliar antara Hipgnosis Song Management dan dana yang dikelola oleh perusahaan ekuitas swasta Blackstone (BGB). Dana tersebut menghasilkan keuntungan dari pembelian, seperti musik Timberlake melalui film, televisi, streaming, musik cover dan pertunjukan. Namun, Blackstone menolak mengomentari akuisisi tersebut.

Hipgnosis yang dibuat oleh manajer musik legendaris Mercuriadis telah mengelola karya artis, seperti Beyonce dan terdaftar di Bursa Efek London pada Juli 2018. Sejak itu, perusahaan tersebut terus-menerus melakukan pembelian musik dalam upaya menjadikan lagu sebagai kelas aset, menawarkan pembayaran besar untuk kepemilikan beberapa trek terbesar sepanjang masa.

"Katalog Justin yang luar biasa akan bergabung dengan karya-karya menakjubkan lainnya di Hipgnosis yang kami tahu akan menjadi pelayan yang hebat dari karyanya," David Lande dan Mitch Tenzer dari Ziffren Brittenham LLP kata Pengacara Timberlake dalam siaran pers.

Perusahaan itu mengatakan bahwa jajaran Timberlake bergabung dengan sekelompok aset tingkat atas yang sangat selektif yang dipegang oleh Hipgnosis adalah intinya.

"Ini bukan hanya beberapa lagu yang paling penting secara budaya dan lagu-lagu yang luar biasa sukses dalam 25 tahun terakhir, tetapi mereka akan terus begitu selama beberapa dekade dan dekade mendatang," kata Mercuriadis.

"Saya ingin Justin bangga berdiri di samping Nile Rodgers, dan saya ingin Nile Rodgers bangga berdiri di samping Neil Young, dan saya ingin Neil Young bangga berdiri di samping Chrissie Hynde, dan saya ingin Chris Hynde bangga berdiri di samping Timbaland,” sambungnya.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya