Pendaftaran Mudik Gratis Motor Dibuka, Kuota Hanya 5.000 Orang dan Bisa Daftar Online

Kemenhub hanya menyiapkan tiket mudik gratis sepeda motor untuk 2.500 sepeda motor dan 5.000 orang.

oleh Aprilia Wahyu Melati diperbarui 21 Mar 2023, 13:14 WIB
Diterbitkan 21 Mar 2023, 13:14 WIB
Setelah armada bus dan kereta api, Kementerian Perhubungan kini juga membuka pendaftaran mudik gratis naik kapal laut bagi pengguna sepeda motor.
Setelah armada bus dan kereta api, Kementerian Perhubungan kini juga membuka pendaftaran mudik gratis naik kapal laut bagi pengguna sepeda motor.

Liputan6.com, Jakarta Setelah armada bus dan kereta api, Kementerian Perhubungan kini juga membuka pendaftaran mudik gratis naik kapal laut bagi pengguna sepeda motor.

Registrasi secara online mudik gratis berlaku mulai 20 Maret sampai dengan 5 April 2023 melalui tautan mudikgratis.dephub.go.id..

Informasi mudik gratis sepeda motor Kemenhub 2023 ini disampaikan pula melalui akun Instagram resmi kementerian.

“Kabar gembira buat #KawulaModa dan #kawanlaut yang mau Mudik ke SEMARANG, motor dan orangnya Gratis (dan terasuransikan otomatis), yuk buruan daftar di http:// mudikgratis.dephub.go.id, pilih DAFTAR KAPAL LAUT (tersedia mulai tanggal 20 Maret 2023),” demikian informasi dikutip dari akun Instagram @kemenhub151, Selasa (21/3/2023).

Jadi, mudik Lebaran gratis menggunakan kapal laut ini untuk tujuan dari Jakarta ke Semarang dan Semarang ke Jakarta, lebih tepatnya Tg. Priok Jakarta-Tg. Emas Semarang dan Tg. Emas Semarang-Tg. Priok Jakarta.

Dengan waktu pelaksanaan arus mudik diperkirakan jatuh pada 15 dan 17 April 2023, sedangkan arus balik pada 25 dan 28 April 2023.

Di samping itu, kuota yang tersedia pun terbatas. Kemenhub hanya menyiapkan tiket untuk 2.500 sepeda motor dan 5.000 orang. Setiap satu sepeda motor itu hanya diperbolehkan berisi 2 penumpang dewasa dan 1 penumpang balita.

Selain kuota yang terbatas, ada pula beberapa persyaratan yang harus dipenuhi calon pemudik yang ingin memanfaatkan kesempatan ini.

 


Persyaratan

Antusias Warga Ikut Program Mudik Gratis
Sejumlah pemudik membawa barang bawaannya menuju bus untuk mudik bareng gratis BUMN di kawasan Jakarta, Rabu (27/4/2022). Total peserta program Mudik Aman Mudik Sehat Bersama BUMN 2022 mencapai 12.450 orang. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Berikut ini rinciannya persyaratan harus dipenuhi masyarakat yang mau mudik:

1. Peserta mudik 2023 dengan kapal laut wajib mendaftarkan diri secara online melalui mudikgratis.dephub.go.id dan memilih moda transportasi laut;

2. Syarat pendaftaran peserta mudik gratis antara lain:

a. Identitas diri beripa KTP, SIM C. Bagi yang membawa anak di bawah usia 17 tahun wajib membawa Kartu Keluarga

b. Identitas atau bukti kepemilikan motor berupa STNK yang masih berlaku

3. Bagi peserta yang sudah berhasil mendaftar secara online, wajib melakukan verifikasi ke posko yang sudah disediakan dengan membawa persyaratan identitas diri asli (KTP, SIM C, dan KK) juga STNK motor paling lambat 2x24 jam setelah tanggal pendaftaran online;

 


Syarat Lainnya

FOTO: Pengiriman Ribuan Sepeda Motor Gratis Selama Mudik Lebaran 2022
Sejumlah sepeda motor dikemas sebelum dikirim menggunakan kereta di Stasiun Kampung Bandan, Jakarta Utara, Selasa (26/4/2022). PT Kereta Api Indonesia (KAI) Logistik (Kalog) menyediakan 9.280 kuota pengiriman sepeda motor gratis selama arus mudik dan arus balik Lebaran 2022. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

4. Kondisi sepeda motor:

a. Layak jalan

b. Tidak boleh ada modifikasi/aksesori tambahan yang dapat mengganggu proses pengangkutan dari motor ke kapal laut

c. Tidak boleh ada box tambahan di samping kiri, kanan, maupun belakang

5. Jumlah helm harus sesuai dengan jumlah penumpang

6. BBM wajib dalam keadaan maksimal 1 liter/motor

7. Seluruh peserta mudik gratis 2023 diwajibkan sudah vaksin Covid-19

Sebagai informasi, verifikasi pendaftaran online dilakukan pada 22 Maret-7 Maret 2023 mulai 09.00 s.d. 16.00 WIB. Dengan lokasi verifikasi dan pendaftaran langsung di Kantor Kementerian Perhubungan RI (Jl. Medan Merdeka Barat No. 8, Jakarta Pusat) dan Terminal Penumpang Nusantara, Pelabuhan Utama Tanjung Priok (Jl. Panjaitan No. 105, Tanjung Priok, Jakarta Utara).

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya