Pemkot Tangerang Buka Lowongan 1.647 Formasi PPPK, Ini Cara Daftarnya

Proses seleksi PPPK selalu mengacu pada persyaratan yang telah ditentukan yakni persyaratan umum, persyaratan khusus, maupun dokumen-dokumen yang dibutuhkan.

oleh Arthur Gideon diperbarui 22 Sep 2023, 12:45 WIB
Diterbitkan 22 Sep 2023, 12:45 WIB
Ujian SKB CPNS Surabaya
Pengumuman seleksi PPPK Pemkot Tangerang dimulai pada 19 September hingga 3 Oktober 2023, lalu dilanjutkan pendaftaran mulai tanggal 20 September hingga 9 Oktober 2023. (Juni Kriswanto/AFP)

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah pemerintah daerah telah mengumumkan formasi penerimaan Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) baik Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) maupun calon Pegawai Pemerintahan dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Salah satunya adalah Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Banten yang membuka lowongan sebanyak 1.647 formasi untuk PPPK.

Ketua Panitia Seleksi Calon ASN (Aparatur Sipil Negara) Kota Tangerang Herman Suwarman menjelaskan, pengumuman seleksi dimulai pada 19 September hingga 3 Oktober 2023, lalu dilanjutkan pendaftaran mulai tanggal 20 September hingga 9 Oktober 2023.

Untuk seleksi administrasi akan dilaksanakan pada 20 September - 12 Oktober 2023, lalu pengumuman hasil seleksi tanggal 13-16 Oktober 2023.

Herman mengatakan untuk formasi lowongan yang dibuka tahun ini terdiri dari 401 guru, 1.142 tenaga kesehatan, dan 104 tenaga teknis lainnya. "Jadi untuk tenaga kesehatan memang lebih banyak," ujarnya dikutip dari Antara, Jumat (22/9/2023).

Ia menuturkan proses seleksi ini selalu mengacu pada persyaratan yang telah ditentukan yakni persyaratan umum, persyaratan khusus, maupun dokumen-dokumen yang dibutuhkan.

"Ini menjadi kesempatan bagi yang ingin berkarir serta memberikan pengabdian untuk Kota Tangerang,” katanya.

Selanjutnya proses pendaftaran seleksi calon PPPK di lingkungan Pemkot Tangerang sudah dapat dilakukan per hari ini melalui pranala berikut, https://sscasn.bkn.go.id/.

Selain itu Panitia Seleksi CASN Kota Tangerang juga mengimbau kepada calon peserta seleksi untuk tetap berhati-hati atas segala bentuk berita bohong (hoaks) dan penipuan yang menjanjikan kelulusan atas nama Panselnas maupun Panselda Kota Tangerang.

"Jangan percaya dengan janji ingin meluluskan. Cek kembali agar tidak terkena berita bohong," ujarnya.


Link Daftar CPNS 2023 Lewat sscasn.bkn.go.id, Dibuka 20 September

Ujian SKB CPNS Surabaya
Peserta mengikuti ujian Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) di Surabaya, Selasa (22/9/2020). Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Surabaya menggelar ujian SKB yang diikuti 1.142 peserta CPNS dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 secara ketat. (Juni Kriswanto/AFP)

Pemerintah mulai membuka pendaftaran CPNS 2023 pada 20 September 2023. Adapun total jumlah kebutuhan sebanyak 572.496 formasi, baik untuk CPNS 2023 maupun pegawai pemerintah dengan kerja (PPPK).

Pendaftaran CPNS 2023 dan PPPK melalui SSCASN BKN di laman https://sscasn.bkn.go.id.

Registrasi daftar CPNS 2023 dilakukan secara online melalui laman https://sscasn.bkn.go.id dengan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP)/ Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada Kartu Keluarga (KK) dan Nomor Kartu Keluarga (KK).

Pendaftaran dan unggah dokumen persyaratan dilaksanakan secara online melalui laman https://sscasn.bkn.go.id segera setelah pelamar memperoleh notifikasi untuk melakukan aktivasi melalui email dari portal nasional.

Dilansir dari laman Kementerian PAN RB, calon pelamar bisa mempersiapkan dokumen-dokumen umum seperti ijazah, transkrip nilai, KTP, akta kelahiran, daftar riwayat hidup. Sedangkan, dokumen lainnya menyusul sesuai dengan instansi masing-masing.

Selain itu, hal penting yang harus diperhatikan calon pelamar yakni syarat pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) secara umum diantaranya syarat batas usia pelamar, jabatan, kualifikasi pendidikan, dan lain-lain.


Cara Cek Formasi CPNS 2023 Lewat Website SSCASN BKN

  • Kunjungi website https://sscasn.bkn.go.id
  • Kemudian klik '"Info Lowongan"
  • Selanjutnya, Buka "Simulasi Pemilihan" dan isi kolom sesuai dengan kebutuhan
  • Jenis Pengadaan: (CPNS)
  • Instansi: (Disesuaikan dengan pilihan pendaftar)
  • Tingkat Pendidikan: (Lulusan Terakhir)
  • Pendidikan: (Jurusan)
  • Klik tombol "Cari"
  • Terakhir, formasi CPNS yang dibuka akan muncul sesuai jurusan masing-masing
 
 
Infografis Lowongan Besar-besaran CPNS dan PPPK 2019
Infografis Lowongan Besar-besaran CPNS dan PPPK 2019. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya