Bos Bulog Bongkar Biang Kerok Harga Beras Naik Terus

Direktur Utama Perum Bulog Bayu Krisnamurthi mengungkap penyebab harga beras mahal beberapa waktu terkahir.

oleh Arief Rahman Hakim diperbarui 29 Jan 2024, 20:14 WIB
Diterbitkan 29 Jan 2024, 20:14 WIB
BULOG Beberkan Keberhasilan Bantuan Pangan Beras Menahan Laju Inflasi
Direktur Utama Perum Bulog Bayu Krisnamurthi mengungkap penyebab harga beras mahal beberapa waktu terkahir.

Liputan6.com, Jakarta Direktur Utama Perum Bulog Bayu Krisnamurthi mengungkap penyebab harga beras mahal beberapa waktu terkahir. Memang, terlihat tren kenaikan harga beras di awal tahun ini.

Bayu mengatakan salah satu faktor harga beras naik karena produksi dalam negeri yang belum kunjung terealisasi. Sebabnya, petani lokal terlambat melakukan tanam terimbas dari badai El Nino di tahun lalu.

"Situasi memang sedang dapat tekanan dari sisi produksi, sebagian petani kita terlambat tanamnya, baru mulai Januari mereka tanam, BPS (Badan Pusat Statistik) memperkirakan Januari-Februari itu defisit produksi kita sekitar 2,7 juta. Nanti baru mulai ada panen agak besar bulan Maret," jelas Bayu ditemui di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Senin (29/1/2024).

"Jadi sekarang sedang terjadi defisit, makanya harganya naik," sambung dia.

Harga Pupuk Punya Andil

Disamping itu, Bayu melihat ada dampak rentetan dari harga pupuk. Dia mencatat harga pupuk masih mahal imbas dari memanasnya geopolitik global dan penurunan suplai dunia.

Selain itu, Bos Bulog juga menilai memanasnya wilayah Laut Merah, Yaman atas serangan kelompok Houthi turut berpengaruh terhadap harga beras. Pasalnya, kapal-kapal logistik yang biasanya memotong jarak kini harus memutar melalui jalur yang lebih panjang.

"Tadi lewat terusan Suez lebih pendek, sekarang jadi panjang. Itu mendorong waktu dan harga menjadi naik," kata dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Solusi

Direktur Utama Perum BULOG Bayu Krisnamurthi
Direktur Utama Perum BULOG Bayu Krisnamurthi (dok: humas Bulog)

Dia mengamini situasi global dan dalam negeri saat ini masih menjadi tantangan. Bayu berharap upaya-upaya yang dilakukan bisa menekan juga tingkat inflasi.

"Jadi memang situasi sedang tidak mudah tapi mudah-mudahan dengan koordinasi yang tsdi dilakukan, kita masih tetap bisa mengendalikan inflasi," kata Bayu.

Sebagai upaya untuk menurunkan harga, Bayu mengambil langkah melalui penyebaram bantuan pangan beras. Hal ini dibarengi dengan Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) atau operasi pasar.

"Oleh sebab itu bantuan pangan dan SPHP-nya Bulog, ini harus terus dilaksanakan paling tidak masyarakat punya alternatif, bisa mengurangi nantinya tekanan dari kenaikan harga," ucapnya.

 


Andalkan Operasi Pasar

Bulog Gelontorkan 30 Ribu Ton Beras di Pasar Induk Cipinang
Pekerja memindahkan beras ketika bongkar muat beras bulog di gudang PT Food Station Tjipinang Jaya, Jakarta Timur, Jumat (3/2/2023). Untuk menstabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP), Perum BULOG akan menyaluran beras SPHP di Pasar Induk Beras Cipinang dari 13 ribu menjadi 30 ribu ton,dengan harga paling tinggi sebesar Rp. 8.900. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkap strategi guna menekan harga beras di pasaran. Salah satunya melalui upaya Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) atau operasi pasar.

Diketahui, mengutip Panel Harga Badan Pangan Nasional (Bapanas), rata-rata harga beras premium tercatat sebesar Rp 15.280 per kilogram (kg). Sementara itu, beras medium berada di Rp 13.430 per kg. Keduanya mengalami peningkatan dalam beberapa waktu terakhir.

Menko Airlangga bilang pihaknya mengandalkan operasi pasar. Menurutnya, ada peningkatan penyaluran beras dalam operasi pasar tahun ini dari 50-80 ribu ton menjadi 100 ribu ton per bulan.

"Tentu ada program SPHP yang sekarang satu bulan 100 ribu ya. 100 ribu itu ditingkatkan dari 50 ribu sampai 80 ribu, sekarang 100 ribu," ungkap Menko Airlangga di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Senin (29/1/2024).

Tingkatkan Produksi

Disamping itu, pemerintah juga mengupayakan dengan adanya penyaluran bantuan pangan beras. Harapannya hal ini bisa menurunkan permintaan atau demand beras dari masyarakat.

"Dan memang secara internasional ada kenaikan," kata dia.

Dari sisi hulu, Menko Airlangga berharap adanya peningkatan produksi panen dalam negeri.dengan begitu, bisa lebih banyak memenuhi kebutuhan konsumsi beras dalam negeri.

"Ya, tentu kita dorong juga nanti musim tanam dan juga jumlah produksi diharapkan meningkat, kalau di bulan kemarin itu kan di Desember sekitar 1,2 juta (ton produksi) dan demand nya bisa sampai 2,5 juta," bebernya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya