Profil Wamentan Baru Sudaryono, Anak Petani yang Resmi Dilantik Jokowi Hari Ini

Politikus Partai Gerindra, Sudaryono akan secara resmi dilantik sebagai Wakil Menteri Pertanian hari ini pada Kamis, 18 Juli 2024.

oleh Natasha Khairunisa Amani diperbarui 18 Jul 2024, 15:30 WIB
Diterbitkan 18 Jul 2024, 15:30 WIB
Ketua DPD Partai Gerindra Jawa Tengah, Sudaryono saat tiba di Istana Negara Jakarta, Kamis (18/7/2024).
Ketua DPD Partai Gerindra Jawa Tengah, Sudaryono saat tiba di Istana Negara Jakarta, Kamis (18/7/2024). (Liputan6.com/Lizsa Egeham)

Liputan6.com, Jakarta Politikus Partai Gerindra, Sudaryono akan secara resmi dilantik sebagai Wakil Menteri Pertanian hari ini pada Kamis, 18 Juli 2024. Nantinya, Sudaryono akan menggantikan Harvick Hasnul Qolbi yang sudah berada menjabat Wamentan sejak akhir 2020.

Sebagai informasi, Sudaryono menjadi ketua DPD Partai Gerindra Jawa Tengah di usia 38 tahun.

Tak hanya politik, Sudaryono juga aktif di banyak organisasi, salah satunya menjadi Ketua Umum Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) dan Ketua Dewan Pembina DPP Pedagang Pejuang Indonesia Raya (PAPERA).

Melansir laman resminya, Sudaryono.id, Kamis (18/7/2024) Sudaryono lahir di Grobogan, 23 Januari 1985.

Sudaryono lahir di sebuah dusun bernama Mangunrejo, Desa Tambirejo, Kecamatan Toroh. Pria yang akrab disapa Mas Dar itu merupakan anak satu-satunya dari seorang petani bernama Yahyo dan ibunya, Suwarni.

Di bangku sekolah, Sudaryono mencetak prestasi gemilang dengan menjadi salah satu lulusan terbaik SMA Taruna Nusantara, dan menempuh pendidikan ke Negeri Sakura dengan program beasiswa. Pada tahun 2004 – 2009, dia menempuh pendidikan di National Defense Academy of Japan.

Saat itu, hanya ada 2 orang pelajar dari Taruna Nusantara yang lolos program beasiswa ke pendidikan akademis tersebut.

Awal Karier Sudaryono

Sudaryono mengawali kariernya pada tahun 2014 sebagai Corporate Secretary di Nusantara Energy, kemudian diangkat menjadi CEO Garuda TV pada 2018.

Di Garuda TV, Sudaryono memfokuskan program pendidikan anak-anak di Indonesia melalui Garuda TV Education, dengan tagline, “Mencerdaskan kehidupan bangsa dari Sabang sampai Merauke”.

Kemudian di tahun 2019, ia menjadi CEO PT Nusantara Telematics System dan Chairman PT Sahabat Sejati Sejahtera Farma di tahun selanjutnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Karir di Dunia Politik

Ketua DPD Partai Gerindra Jawa Tengah, Sudaryono saat tiba di Istana Negara Jakarta, Kamis (18/7/2024).
Ketua DPD Partai Gerindra Jawa Tengah, Sudaryono saat tiba di Istana Negara Jakarta, Kamis (18/7/2024). (Liputan6.com/Lizsa Egeham)

Karir politik Sudaryono dimulai pada tahun 2010 seusai menempuh pendidikan di Jepang.

Sepulangnya ke Indonesia, Sudaryono menjadi asisten pribadi (aspri) Pak Prabowo Subianto, Ketum Parpol Gerindra.

Kemudian pada 2020 dia menjabat sebagai Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen Gerindra), sebelum kemudian terpilih menjadi ketua DPD Gerindra Jateng.

Sejak menjabat Ketua DPD Partai Gerindra Jateng, pada 18 Oktober 2023, Sudaryono melakukan konsolidasi dengan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) di kabupaten/kota, kecamatan, bahkan sampai level anak ranting di desa-desa.

Kunjungan itu dilakukan di 29 kabupaten dan 6 kota di seluruh Provinsi Jawa Tengah.


Ditunjuk Jokowi Jadi Wamentan, Sudaryono Ungkap Pesan Prabowo

Sudaryono
Ketua Gerindra Jateng, Sudaryono dinilai memiliki peluang besar untuk bisa maju dan memenangkan Pilgub Jateng. (Ist).

Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan melantik Ketua DPD Partai Gerindra Jawa Tengah, Sudaryono menjadi Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) di Istana Negara Jakarta, Kamis (18/7/2024).

Sudaryono mengaku mendapat pesan khusus dari Presiden Terpilih RI, Prabowo Subianto. Ketua Umum Partai Gerindra itu mengingatkan Sudaryono bahwa pangan merupakan kedaulatan negara.

"Ya (pesan Prabowo) pangan adalah kedaulatan negara," kata Sudaryono di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (18/7/2024).

Dia mengaku siap menjalankan tugas dan amanah dengan sebaik-baiknya. Sudaryono menyadari pertanian merupakan salah satu sektor penting.

"Pertanian sentral vital, kedaulatan pangan salah satunya tergantung pada pangan," ujarnya.

Sudaryono menyampaikan dirinya baru dihubungi terkait penunjukkan Wamentan oleh pihak Istana pada Rabu, 17 Juli 2024. Dia pun meminta doa restu kepada masyarakat Indonesia.

"Ditelepon kemarenlah. Kemaren sore sama malam," ucap Sudaryono.


Pelantikan Digelar di Istana Kamis Sore Ini

Presiden Joko Widodo atau Jokowi resmi melantik Bendahara Umum Partai Gerindra, Thomas Djiwandono sebagai Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) II di Istana Negara Jakarta, Kamis, (18/7/2024).
Presiden Joko Widodo atau Jokowi resmi melantik Bendahara Umum Partai Gerindra, Thomas Djiwandono sebagai Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) II di Istana Negara Jakarta, Kamis, (18/7/2024). (Liputan6.com/Lizsa Egeham)

Adapun pelantikan para wakil menteri akan dilakukan di Istana Negara Jakarta, Kamis (18/7/2024) pukul 15.00 WIB.

"Hari ini, tanggal 18 Juli 2024, pukul 15.00 WIB akan diagendakan pelantikan beberapa Wakil Menteri Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara," kata Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana kepada wartawan, Kamis (18/7/2024).

"Posisi Wakil Menteri yang akan dilantik oleh Presiden adalah penambahan Wamenkeu, pengangkatan Wameninves dan pergantian Wamentan," sambungnya.

Infografis Kilas Balik Deretan Reshuffle Kabinet Pemerintahan Jokowi. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Kilas Balik Deretan Reshuffle Kabinet Pemerintahan Jokowi. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya