Everton vs Manchester City: Tuan Rumah Punya Rapor Buruk

Dalam lima laga terakhir Everton gagal memetik kemenangan. Di sisi lain, City sukses menyamai perolehan Chelsea sang pemuncak klasemen.

oleh Bagusthira Evan Pratama diperbarui 10 Jan 2015, 10:32 WIB
Diterbitkan 10 Jan 2015, 10:32 WIB
Prediksi Everton vs Manchester CIty (Liputan6.com/Yoshiro)
Prediksi Everton vs Manchester CIty (Liputan6.com/Yoshiro)

Liputan6.com, Liverpool - Manchester City memiliki peluang besar mengkudeta Chelsea dari puncak klasemen Liga Premier Inggris. Di pekan ke-21, Sabtu (10/1/2015) tim besutan Manuel Pellegrini itu bakal bertemu Everton yang sejauh ini masih belum menemukan bentuk permainan terbaiknya.

Dalam lima laga terakhir, Everton gagal memetik kemenangan. Sebaliknya, City sukses mengukir hasil fantastis. Dalam lima pertandingan terakhir mereka berhasil terhindar dari kekalahan.

Hal itu tentunya bisa meningkatkan kepercayaan diri para pemain The Citizens. Meski tampil di markas lawan, City rasanya akan bermain lebih superior dari sang tuan rumah.

City juga lebih unggul soal materi pemain. Satu persatu personel yang cedera sudah meninggalkan ruang perawatan. Jika sudah pulih total saat pertandingan, bisa saja Pellegrini akan menurunkan dua strikernya, Sergio Aguero dan Edin Dzeko secara bersamaan.

Dalam beberapa laga terakhir, City terpaksa mengandalkan James Milner sebagai penyerang. Untungnya, sang pemain mampu menjawab keraguan publik. Meski bukan seorang striker, Milner dapat berperan baik mengisi tempat di lini depan.

Kini kecemasan pendukung City menghilang karena Aguero, Dzeko dan Stevan Jovetic telah pulih dari cedera. Lini pertahanan mereka bahkan bisa semakin kokoh menyusul sembuhnya sang kapten, Vincent Kompany.

Di sisi lain, Everton berada dalam masa kritis. Skuat asuhan Roberto Martinez itu ditinggal enam pemainnya ke ruang perawatan.

Darron Gibson, Sylvain Distin, Tonny Hibbert, James McCharty, Steven Pienaar dan Tim Howaard bermasalah dengan cedera. Namun untuk McCharty dan Distin, keduanya kemungkinan bisa tampil. Sebab mereka sudah mulai pulih dari cedera masing-masing.

Jika Everton menang, mereka hanya bisa naik satu peringkat. Tapi jika kalah, Everton terancam turun hingga tiga tingkat.

Saat ini The Toffees yang duduk di posisi 13 memiliki 21 poin. Nilai mereka hanya tertinggal satu angka dari Aston Villa di posisi 12.

Sementara dengan tiga tim di bawahnya, poin Everton hanya unggul tipis. Dengan Sunderland, Everton cuma memimpin satu angka. Sedangkan dengan Hull City dan QPR, Everton hanya memiliki selisih dua angka.

Di lain kubu, City tak akan tergeser dari posisi dua andaikan mereka kalah di laga nanti. Sebab mereka yang sudah mempunyai 46 poin masih unggul sembilan angka dari Manchester United yang menghuni peringkat tiga klasemen.

Namun jika menang, City berpeluang besar merebut singgasana klasemen dari genggaman Chelsea. Saat ini poin kedua tim sama besar. City bisa naik ke posisi satu jika Chelsea kalah, imbang, atau menang dengan jumlah gol yang lebih sedikit dari yang dicetak The Citizens.

 

Baca juga:

8 Transfer Kontroversial Sepanjang Masa

Wawancara Eksklusif Liputan6.com dengan Pelatih Timnas U-23

6 Bek Cantik Pengawal Lini Pertahanan

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya