Jerman Susah Payah Demi Satu Tempat di Piala Eropa 2016

Tim Panser memetik kemenangan dengan skor ketat di pertandingan terakhir babak Kualifikasi Piala Eropa tahun depan.

oleh Rejdo Prahananda diperbarui 12 Okt 2015, 03:58 WIB
Diterbitkan 12 Okt 2015, 03:58 WIB
Thomas Muller
SELEBRASI - Thomas Muller melakukan sebelrasi usai menjebol jala Georgia melalui titik putih. (REUTERS/Fabrizio Bensch)

Liputan6.com, Munich - Tim Panser Jerman memastikan satu tiket ke putaran final Piala Eropa 2016 setelah menekuk Georgia 2-1 di pertandingan terakhir babak penyisihan grup D Kualifikasi Piala Eropa 2016.

Namun kemenangan yang didapat Jerman di Stadion Allianz Arena, Senin 12 Oktober 2015 tidak didapat dengan mudah.

Georgia memaksa Tim Panser memeras keringat. Sepanjang babak pertama, Georgia mampu menahan gempuran Mario Gotze dan kawan-kawan. Sentuhan akhir menjadi masalah utama juara dunia 2014 ini. Dari 16 percobaan tendangan, tidak ada satu gol pun tercipta.

Skor imbang tanpa gol menutup pertandingan di babak pertama. Memasuki paruh kedua, Jerman asuhan Joachim Low tidak berhenti memberikan tekanan. Gol yang ditunggu Jerman terwujud di menit 50 melalui penalti Thomas Muller.

Tendangan dari jarak 12 pas ini bermula ketika pemain Georgia, Jaba Kankava melanggar Mesut Ozil di kotak terlarang pada menit 50. Muller yang ditunjuk menjadi algojo menjalankan tugas tanpa cela. Skor 1-0 kini untuk keunggulan Jerman. Kedudukan ini membuat Jerman kembali di atas angin.

Namun keunggulan Jerman itu tidak bertahan lama, tiga menit kemudian, Kankava membayar lunas kesalahannya setelah mencetak gol penyeimbang melalui bola tendangan jarak jauh dari luar kotak penalti. Kedudukan 1-1 jelas membuat Jerman cemas. Sebab, hasil imbang membuat posisi mereka belum aman untuk lolos otomatis ke Prancis.

Klimaks pertandingan terjadi di menit 79. Adalah pemain Jerman, Max Krusse yang masuk menggantikan Andre Schurrle tampil sebagai penyelamat. Bola sepakan Krusse dari dalam kotak penalti tidak mampu dihalau oleh kiper Georgia, Nukri Revishvili. Jerman bisa bernapas lega karena hingga peluit panjang dibunyikan skor 2-1 untuk keunggulan mereka tetap bertahan.

Hasil ini membuat Jerman lolos ke Piala Eropa 2016 sekaligus memastikan diri tampil sebagai juara grup D mengantongi 22 poin. Sedangkan, Georgia harus mengakhiri Kualifikasi di peringkat 5 klasemen. (Rjp/Ary)

Susunan Pemain

Timnas Jerman: Manuel Neuer, Jonas Hector, Mats Hummels, Matthias Ginter, Jerome Boateng, Mesut Ozil, Andre Schurrle (Max Kruse), Marco Reus (Karim Bellarbi), Thomas Muller, Toni Kroos, Ilkay Gündogan

Timnas Georgia: Nukri Revishvili, Ucha Lobjanidze, Solomon Kverkvelia, Guram Kashia, Alexander Amisulashvili, Giorgi Navalovski, Jaba Kankava, Vako Kazaishvili (Alexander Kobakhidze), Tornike Okriashvili, Nika Kvekveskiri (Zurab Khizanishvili) , Nikoloz Gelashvili (Mate Vatsadze)

Live Streaming

Powered by

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya