Formula 2: Norman Nato Kembali Raih Poin untuk Pertamina Arden

Norman Nato finis di posisi lima pada balapan kedua (sprint race) Formula 2 di Hungaroring, Budapest, Hungaria, Minggu (30/7/2017).

oleh Bogi Triyadi diperbarui 30 Jul 2017, 18:44 WIB
Diterbitkan 30 Jul 2017, 18:44 WIB
Norman Nato
Pembalap Pertamina Arden Norman Nato. (istimewa)

Liputan6.com, Budapest - Norman Nato menjaga konsistensi tim Pertamina Arden untuk terus meraih poin dalam persaingan Formula 2 2017. Pembalap asal Prancis yang didukung penuh tim Jagonya Ayam KFC Indonesia ini finis di posisi lima pada balapan kedua (sprint race) di Hungaroring, Budapest, Hungaria, Minggu (30/7/2017). Hasil tersebut membuat Nato meraih enam poin dalam balapan yang berlangsung 28 putaran.

Rekan setim Nato, Sean Gelael, juga meraih hasil positif pada balapan Formula 2 ini. Mengawali balapan dari posisi start ke-14, pembalap Indonesia itu bisa finis di posisi ke-10.

Meski tak menyumbangkan poin, penampilan Sean cukup baik, terutama saat start dengan langsung menyodok ke posisi 9. Ia juga mampu menjaga pace saat posisinya terancam oleh pembalap Russian Time Artem Markelov hingga setengah jalannya balapan.

Nato sebenarnya punya peluang besar meraih hasil lebih baik dan mengantongi banyak poin. Tapi, start yang buruk membuat semua rencana jadi berantakan. Nato, yang memulai balapan dari posisi kedua, langsung turun lima posisi setelah start.

Di akhir lap pertama, Nato di posisi ketujuh, sementara Sean di urutan kesembilan, naik lima tingkat dari posisi startnya. Pada lap ke-4, Nato bisa naik ke posisi ke-6.

Posisi kedua pembalap Pertamina Arden tidak berubah hingga lap ke-22. Sean naik satu tempat setelah Artem Markelov masuk pit. Sementara itu, Nato akhirnya naik ke posisi kelima setelah melewati Luca Ghiotto dari tim Russian Time pada lap ke 25.

Pada lap ke-27, Sean turun ke posisi ke-10 setelah dilewati Markelov. Pada lap terakhir, Nato mulai mendekati Charles Leclerc dari tim Prema Racing yang mengalami kesulitan karena masalah dengan mobil. Namun hingga balapan berakhir, Nato tak bisa melewati Leclerc. Nato finis di urutan kelima, sementara Sean di posisi ke-10.



Podium tertinggi sprint race di Hungaroring ditempati Nobuharu Matsushita dari tim ART Grand Prix. Sementara di posisi dua ada Oliver Rowland dari tim DAMS. Disusul pembalap Rapax Nyck de Vries di tempat ketiga.

Saksikan video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Poin Sean Dicabut

Sehari sebelumnya di balapan pertama (feature race), Nato dan Sean menyelesaikan balapan dengan finis 10 besar dan berhak mendapatkan poin. Namun, sayangnya, Sean yang finis di urutan ke-9 dijatuhi penalti 10 detik sehingga turun ke peringkat 14.
Poin yang diraih Sean pun dicabut. Sean, yang tidak mendapatkan penjelasan regulasi DRS dari tim Arden, dihukum penalti karena dinilai melanggar regulasi Drag Reduction System (DRS).

CEO Formula 2 Bruno Michels mengatakan bahwa regulasi baru DRS pada GP Hungaria sudah disosialisasikan kepada semua tim prinsipal. Michels menduga beberapa tim lalai dalam memberikan informasi secara jelas kepada pebalap, termasuk Sean.

Zona DRS di Hungaroring agak berbeda dengan sirkuit lainnya. Titik awal zona DRS berada 20 meter sebelum garis finis. Ini artinya pembalap baru boleh memakai DRS setelah melewati garis finis dengan hitungan pembalap memasuki lap ketiga. Namun, banyak pembalap, termasuk Sean, yang sudah mengaktifkan DRS sebelum lewat garis finis.

"Hal detail inilah yang tampaknya tidak disampaikan tim kepada pembalapnya," ucap Michels. Ditambahkan Michels, aturan DRS di Hungaroring ini merupakan regulasi yang baru diterapkan musim balap ini.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya