Italia Jajal Formasi Anyar saat Lawan Swedia

Gian Piero Ventura menyiapkan strategi khusus untuk memastikan kelolosan Italia ke Piala Dunia 2018.

oleh Aditya Wicaksono diperbarui 08 Nov 2017, 05:32 WIB
Diterbitkan 08 Nov 2017, 05:32 WIB
Giampiero Ventura
Gian Piero Ventura. (AFP/Jack Guez)

- Gian Piero Ventura berencana mengubah formasi timnas Italia saat berhadapan dengan Swedia pada laga play off Piala Dunia. Ventura berpeluang menggunakan formasi andalan Italia saat masih ditangani Antonio Conte.

Gian Piero Ventura identik dengan formasi 4-2-4 yang ia kembangkan sendiri. Namun, formasi tersebut terbukti gagal mengantarkan Italia lolos langsung ke Piala Dunia 2018.

Gli Azzurri pun harus melewati babak play off dan berhadapan dengan lawan yang kuat, Swedia. Pada laga tersebut Ventura mulai luluh dan bersedia menggunakan formasi 3-5-2 yang digunakan oleh pendahulunya, Antonio Conte.

Formasi 3-5-2 membuat Italia berpeluang kembali diperkuat empat pemain bertahan yang pernah bermain bersama di Juventus, yaitu Gianluigi Buffon, Giorgio Chiellini, Andrea Barzagli dan Leonardo Bonucci.

Untuk sektor sayap, Ventura bisa mengandalkan pemain Inter Milan, Antonio Candreva, di sektor kanan dan pemain Manchester United, Matteo Darmian, di sektor kiri.

Posisi gelandang tengah berpeluang ditempati oleh Daniele De Rossi dan Marco Verratti, sedangkan satu tempat sisa akan diperebutkan pemain lainnya.

Sementara itu di sektor depan, Ventura berpeluang mengandalkan duet Ciro Immobile dan Simone Zaza yang tengah menunjukkan performa positif bersama timnasnya masing-masing.

Italia akan bertandang terlebih dahulu ke Swedia pada laga leg pertama (10/11/2017). sedangkan laga leg kedua akan berlangsung pada Senin (13/11/2017).

Sumber: Football Italia

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya