Pep Guardiola Tunjuk Mentornya Sebagai Asisten Pelatih Manchester City

Posisi asisten pelatih di Manchester City sebelumnya kosong sejak ditinggal Mikel Arteta.

oleh Marco Tampubolon diperbarui 10 Jun 2020, 11:59 WIB
Diterbitkan 10 Jun 2020, 11:59 WIB
Juan Manuel Lillo saat masih menangani tim Kolombia, Atletico National
Juan Manuel Lillo saat masih menangani tim Kolombia, Atletico National (AFP/Sarmiento)

Liputan6.com, Jakarta Pelatih Manchester City, Pep Guardiola, menunjuk Juan Manuel Lillo sebagai asistennya. Lillo merupakan mentor sekaligus sosok yang telah menginspirasi Guardiola untuk menjadi pelatih. 

Lillo bakal menempati posisi yang ditinggalkan Mike Arteta. Seperti diketahui, Arteta yang sempat terjangkit virus Corona Covid-19 telah meninggalkan Etihad untuk menjadi manejer Arsenal. 

Lillo diangkat sebagai asisten pelatih Manchester City pada 9 Juni 2020. Sebelumnya, pria asal Spanyol itu bertugas di Qingdao Huanghai dan berhasil membawa klub itu promosi ke Liga Super China. 

Lillo juga pernah menangani Real Sociedad, Vissel Kobe, dan Real Oviedo. Dan sebagai pelatih Lillo pernah menangani sederet pemain hebat seperti Andres Iniesta, David Villa, hingga Yaya Toure. Dia bahkan sempat melatih Guardiola pada penghujung kariernya sebagai pemain di Dorados de Sinaloa.

"Hubunganku dengan Pep (Guardiola) telah bertahun-tahun dan saya terdorong untuk bergabung dengan dia sebagai bagian dari tim yang sangat menarik," kata Lilo kepada situs resmi klub. 

"Manchester City telah menikmati banyak kesuksesan pada musim-musim sebelumnya dan memainkan sepak bola indah menjadi harapan kami dari klub ini dan manajernya," beber Lilo.

"Sebuah kehormatan bisa menjadi bagian dari grup ini dan saya harap bisa memberi kontribusi bagi kesuksesan klub ke depannya," kata pria berusia 54 tahun itu menambahkan.

 


Hadapi Arsenal

Raheem Sterling
Pemain Manchester City Sergio Aguero (kiri) dan Riyad Mahrez (kanan) merayakan gol Raheem Sterling ke gawang Arsenal pada laga Liga Inggris di Emirates Stadium, Minggu (12/8/2018). (AP Photo/Tim Ireland)

Manchester City sampai saat ini masih berada di urutan kedua pada papan klasemen sementara Liga Inggris 2019/2020. Pasukan Pep Guardiola terpaut 25 poin dari Liverpool yang masih kokoh di puncak. 

Setelah kompetisi sempat terhenti akibat pandemi Covid-19, Manchester City akan kembali menjalani kiprahnya di Premier League 2019/2020 pada 17 Juni mendatang melawan Arsenal. 


Klasemen Liga Inggris

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya