Jadwal Lengkap Timnas Kosta Rika di Piala Dunia 2022

Timnas Kosta Rika telah mengamankan satu tiket ke Piala Dunia 2022. Kemenangan atas Selandia 1-0 yang berlangsung di Stadium Ahmad bin Ali pada Rabu (15/6/2022) menjadikan Kosta Rika tim terakhir yang lolos ke Piala Dunia 2022.

oleh Haya Aulia diperbarui 12 Sep 2022, 15:00 WIB
Diterbitkan 12 Sep 2022, 15:00 WIB
Swiss, Kosta Rika, Piala Dunia 2018
Pemain Kosta Rika, Joel Campbell (2kiri) dijegal pemain Swiss, Denis Zakaria pada laga grup E Piala Dunia 2018 di Nizhny Novgorod Stadium, Nizhny Novgorod, Rusia, (27/6/2018). Swiss bermain imbang 2-2. (AP/Natasha Pisarenko)

Liputan6.com, Jakarta - Berhasil lolos dari babak kualifikasi Zona CONCACAF, tidak membuat Kosta Rika tenang. Sebaliknya, tantangan yang lebih berat justru bakal dihadapi Kosta Rika di babak utama Piala Dunia 2022.

Pasalnya, Kosta Rika segera menghadapi dua raksasa Eropa dan raksasa Asia. Tergabung ke dalam Grup E, Kosta Rika perlu bersiap diri melawan Jerman, Spanyol dan Jepang.

Perjalanan Kosta Rika selama berpartisipasi di Piala Dunia, telah membuat catatan terbaik di Piala Dunia 2014. Los Ticos saat sempat menduduki urutan pertama di fase grup.

Dimana Kosta Rika pernah memimpin tiga mantan juara Piala Dunia, yaitu Urugay, Italia dan Inggris.

Namun, semua itu hanyalah masa lalu, saat ini Kosta Rika perlu meningkatkan performa untuk melawan raksasa Eropa dan Asia.

“Kami harus berkembang, dan saya berharap dalam beberapa bulan ke depan kami bisa melakukannya”, ungkap pelatih Los Ticos, Fernando Suarez mengutip melalui FIFA.

Sang pelatih pun tetap optimis kepada skuadnya dengan yang akan dihadapinya di waktu mendatang.

“Kami ingin kompetitif melawan negara-negara ini, saya kira itu penting”, lanjut Suarez.

Ajang empat tahunan ini merupakan kali ketiga bagi Fernando Suarez untuk menaungi skuad yang akan tampil di Piala Dunia.

Dirinya pernah membawa timnas Ekuador berlaga hingga ke putaran final Piala Dunia 2006 di Jerman dan Honduras di Piala Dunia 2014.


Aturan Baru Piala Dunia 2022 Selama Covid

Piala Dunia 2022 segera berlangsung, meskipun pandemi Covid-19 belum berakhir. Ada beberapa kentetuan baru terkait Piala Dunia 2022.

Mulai dari jumlah pemain yang biasanya 23 pemain, namun aturan telah direvisi oleh FIFA menjadi 26 pemain.

Hal ini dikarenakan pandemi Covid-19 yang masih mewabah. Timnas yang akan berlaga kemungkinan akan kebingungan jika ada pemain mereka yang terkena dampak dari Covid-19.

“Mengingat adanya kebutuhan untuk mempertahankan fleksibilitas peserta, karena waktu yang tak biasa dari Piala Dunia FIFA 2022 dalam kalender global, serta konteks yang lebih luas dari dampak pandemi Covid-19 pada skuad sebelumnya”, dikutip melalui lama resmi FIFA.

Namun, setiap timnas dapat mendaftarkan terlebih dahulu 55 nama di skuad pre-eliminasi sebelum nantinya akan dipotong setengahnya. Pendaftaran ini akan ditutup pada 13 November.

Pertandingan Spanyol vs Kosta Rika segera berlangsung di Stadium Al Thumama pada Rabu, 23 November 2022 Pukul 20:00 WIB.  Simak jadwal lengkap pertandingan Kosta Rika pada halaman selanjutnya.


Grup Lengkap Piala Dunia 2022

Foto: Aksi Joel Campbell Bawa Kosta Rika Raih Tiket Terakhir ke Piala Dunia 2022 Qatar
Timnas Kosta Rika memastikan menjadi negara terakhir yang lolos ke Piala Dunia 2022 Qatar usai memenangi laga play-off melawan wakil Zona Oseania (OFC) Selandia Baru dengan skor tipis 1-0 di Ahmad bin Ali Stadium, Al Rayyan, Qatar, Rabu (15/6/2022) dini hari WIB. Gol tunggal yang memastikan kuota 32 peserta pesta sepak bola dunia empat tahunan telah terisi penuh dicetak oleh Joel Campbell, sayap kanan Kosta Rika milik Leon yang berlaga di Liga Meksiko. (AFP/Karim Jaafar)

Grup A: Qatar, Ekuador, Senegal, Belanda

Grup B: Inggris, Iran, Amerika Serikat, Wales

Grup C: Argentina, Arab Saudi, Meksiko, Polandia

Grup D: Perancis, Australia, Denmark, Tunisia

Grup E: Spanyol, Kosta Rika, Jerman, Jepang

Grup F: Belgia, Kanada, Maroko, Kroasia

Grup G: Brazil, Serbia, Swiss, Kamerun

Grup H: Portugal, Ghana, Urugay, Korean Selatan


Jadwal Pertandingan Kosta Rika di Piala Dunia

Luis Fernando Suarez, pelatih Kosta Rika (Photo: AFP/Emilee Chinn)
Luis Fernando Suarez, pelatih Kosta Rika (Photo: AFP/Emilee Chinn)

Rabu, 23 November 2022

Pukul 23:00 WIB: Spanyol vs Kosta Rika (Stadium Al Thumama)

 

Minggu, 27 November 2022

Pukul 17:00 WIB: Jepang vs Kosta Rika (Stadium Al Rayyan)

 

Jumat, 2 Desember 2022

Pukul 02:00 WIB: Kosta Rika vs Jerman (Stadium Al Bayt Al Khor)

Infografis Grup E Piala Dunia 2022
Infografis Grup E Piala Dunia 2022. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya