Jelang Indonesia vs Kamboja di Piala AFF 2022, Fachruddin Aryanto Pede dengan Kualitas Tim Garuda

Kapten Timnas Indonesia Fachruddin Aryanto percaya diri dengan kualitias Tim Garuda di Piala AFF 2022. Pasalnya, skuad racikan Shin Tae-yong saat ini diperkuat oleh kombinasi pemain muda dan senior yang sudah berpengalaman mentas di ajang internasional.

oleh Theresia Melinda Indrasari diperbarui 23 Des 2022, 15:22 WIB
Diterbitkan 23 Des 2022, 15:22 WIB
Official Training Timnas Indonesia di Piala AFF 2022
Pemain Timnas Indonesia melakukan official training menjelang laga pertama Piala AFF 2022 melawan Kamboja yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Selasa (22/12/2022). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia bakal ditantang Kamboja dalam laga penyisihan Grup A Piala AFF 2022 yang dihelat di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Jumat (23/12/2022) pukul 16.30 WIB WIB.

Jelang menghadapi duel tersebut, Kapten Timnas Indonesia Fachruddin Aryanto percaya diri dengan kualitas Skuad Garuda. Pasalnya, pasukan Shin Tae-yong kini terdiri atas kombinasi pemain muda dan senior yang punya pengalaman mumpuni di ajang internasional.

“(Dibanding) tahun terakhir kemarin, kita (mayoritas) diisi pemain muda. Sekarang mulai ada kombinasi, dan pemain-pemain yang kemarin muda juga sudah mulai banyak pengalaman di ajang internasional,” ujarnya pada Kamis (22/12/2022).

Sebelumnya, Fachruddin juga sempat membeberkan bahwa Timnas Indonesia punya kelebihan dibanding tim-tim lain dalam ajang sepak bola level Asia Tenggara.

Penggawa Skuad Garuda yang mentas di Piala AFF tahun ini sebagian besar sudah dibekali pengalaman tembus ke babak final turnamen 2020.

Kiprah Indonesia memang cukup menjanjikan saat Piala AFF edisi lalu. Skuad racikan Shin Tae-yong mampu mengalahkan Singapura di semifinal dan tembus ke partai puncak kompetisi sepak bola ASEAN.

Sayangnya, langkah pasukan Merah Putih diadang oleh Thailand di babak final. Timnas Indonesia harus puas menyandang predikat sebagai runner-up usai ditundukkan oleh Gajah Perang dengan skor agregat 2-6.

“Pemain yang (diturunkan) tahun kemarin masih banyak yang tampil di (Piala) AFF sekarang. Jadi mungkin hal itu bisa menjadi nilai lebih bagi kita, karena sudah hampir satu tahun kita berkumpul dan hanya ada satu atau dua (pemain) yang berganti,” sambung Fachruddin.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tidak Ideal

Intip Latihan Akhir Timnas Indonesia Sebelum Melakoni Laga di Piala AFF 2022
Pelatih, Shin Tae-yong (tengah) memberi arahan pada pemain Timnas Indonesia saat latihan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (20/12/2022). Piala AFF 2022 diikuti oleh 10 tim peserta termasuk timnas Indonesia. Pada babak penyisihan, ke-10 tim tersebut dibagi menjadi dua grup dengan masing-masing grup berisikan lima tim. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Di sisi lain, Kapten Timnas Indonesia juga tak menyangkal bahwa persiapan Skuad Garuda jelang Piala AFF 2022 sedikit tidak ideal. Pasalnya, mayoritas penggawa Merah Putih sudah lama tak merasakan atmosfer pertandingan di turnamen resmi.

Walau begitu, Fachruddin mengaku enggan mengendurkan semangat di ajang sepak bola ASEAN edisi ini. Ia menegaskan Skuad Garuda bakal berada dalam kondisi siap 100 persen saat menghadapi Kamboja di duel perdana.

“Memang tidak ideal (karena tidak ada kompetisi). Kami sebagai pemain juga merasakan, tetapi kami tidak mau menjadikan itu alasan, kita harus tetap berjuang apa pun kondisinya,” pungkasnya dalam sesi konferensi pers di SUGBK, Kamis (22/12/2022) siang WIB.


Duel Perdana

Timnas Indonesia Jalani Latihan Resmi Jelang Melawan Kamboja di Fase Grup A AFF 2022
Tiga pemain naturalisasi Timnas Indonesia, salah satunya Jordi Amat (tengah) saat latihan resmi turnamen Piala AFF di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (22/12/2022). Timnas Indonesia akan berjuang pada turnamen Piala AFF 2022. Timnas Indonesia tergabung di grup A bersama Kamboja, Brunei Darussalam, Filipina, dan Thailand. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Bagi Indonesia, duel kontra Kamboja yang dihelat di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada Jumat (23/12/2022) bakal menandai pertandingan perdana mereka dalam perhelatan Piala AFF 2022. Namun, hal berbeda berlaku untuk Angkor Warriors.

Anak-anak asuh Ryu Hirose sudah lebih dulu membuat kejutan di laga pembuka pada Selasa (20/12/2022). Timnas Kamboja sukses menumbangkan Filipina dengan 3-2 berkat brace dari Reung Bunheing (’16, ’59) serta sumbangsih Orn Chanpolin (’20).

Catatan tersebut mengantar Angkor Warriors bertengger di peringkat dua klasemen sementara Grup A Piala AFF 2022 dengan torehan tiga poin. Adapun posisi puncak dihuni oleh Thailand yang baru saja menang telak 5-0 atas Brunei Darussalam di duel pembuka.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya