4 Pelatih Muda Terbaik di Eropa: Salah Satunya Tidak Punya Lisensi

Beberapa tahun terakhir bermunculan wajah segar pelatih-pelatih yang memimpin klubterbaik di Eropa.

oleh Luthfa Arisyi Senapi diperbarui 21 Apr 2023, 13:00 WIB
Diterbitkan 21 Apr 2023, 13:00 WIB
Foto: Daftar 5 Pelatih Termuda di Liga Inggris Musim 2022/2023, Arteta Termuda dan Bawa Arsenal Puncaki Klasemen Sementara
Mikel Arteta. Pelatih Arsenal asal Spanyol yang kini berusia 40 tahun ini menjadi pelatih termuda di Liga Inggris musim 2022/2023. Ia mulai menangani Arsenal pada 22 Desember 2019 menggantikan posisi pelatih caretaker Arsenal saat itu, Freddie Ljungberg. Sebelumnya Mikel Arteta menjadi asisten pelatih Pep Guardiola di Manchester City sejak 3 Juli 2016. Hingga 8 laga pada musim 2022/2023 ini Arsenal dibawanya menduduki puncak klasemen sementara dengan mengoleksi 21 poin dari hasil 7 kali menang dan 1 kali kalah. (AP/Kirsty Wigglesworth)

Liputan6.com, Jakarta - Seiring berjalannya dan berubahnya dunia sepak bola, banyak wajah-wajah baru yang bermunculan menghiasi aksi-aksi di atas lapangan hijau. Tidak hanya pemain, banyak pelatih muda juga bermunculan menantang para juru taktik veteran untuk beradu kreativitas dalam mengelola timnya.

Ada saat ketika manajemen klub sangat menghindari pelatih yang lebih muda daripada pemain. Namun, dalam beberapa tahun terakhir, sejumlah manajemen klub terlihat lebih berani dalam menentukan sosok pelatih tim.

Salah satunya adalah klub Ligue 1 Stade de Reims yang menunjuk seorang yang masih berusia 30 tahun, Will Still. Namun, bukan hanya faktor usia saja yang membuat Reims terlihat sangat berani menunjuk Still, tetapi juga karena pria kelahiran Belgia tersebut belum memiliki Lisensi UEFA Pro. Oleh karena itu, klub harus membayar denda sebesar 25 ribu euro untuk setiap pertandingan yang ditanganinya.

Sosok yang mengaku sebagai penggemar West Ham ini menjadi pelatih hanya bermodalkan kegemarannya bermain video gim Football Manager. Kendati begitu, kiprah Still di Reims bisa dikatakan sangat sukses. Pasalnya, sejak ia menangani klub Prancis tersebut, ia sempat memegang rekor 18 pertandingan tak terkalahkan di liga.

Sementara ini Reims berada di posisi delapan klasemen sementara Ligue 1, hanya tertinggal delapan poin dari zona kompetisi Eropa. Will Still sendiri berambisi untuk dapat mengelola tim Liga Inggris suatu hari nanti.

Selain Still, berikut para pelatih muda yang pernah atau sedang dipercaya menangani klub besar Eropa.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Julian Nagelsmann

Foto: Nganggur Bareng, Ini Dia 6 Pelatih Liga Top Eropa yang Kompak Dilengserkan pada Bulan Maret 2023
Pelatih Bayern Munchen, Julian Nagelsmann jelang menghadapi Bayer Leverkusen pada laga Liga Jerman 2022/2023 di Leverkusen (19/3/2023). Julian Nagelsmann yang menjabat pelatih Bayern Munchen sejak awal musim 2021/2022 dan mampu mempersembahkan gelar Bundesliga pada musim pertamanya, nyatanya dipecat pada 24 Maret 2023 setelah keretakan hubungannya dengan manajemen klub dan beberapa pemain senior. (AFP/Ina Fassbender)

Julian Nagelsmann bsia dibilang adalah pelatih yang paling sukses di antara pelatih muda. Catatan kariernya menunjukkan salah satu peningkatan paling pesat yang pernah ada.

Setelah kiprahnya sebagai pemain harus berakhir karena masalah cedera, Nagelsmann mengalihkan fokusnya ke dunia kepelatihan dan sempat bekerja di bawah Thomas Tuchel di Augsburg.

Pada musim 2015/2016, ia diangkat sebagai pelatih Hoffenheim ketika usianya masih 28 tahun. Ia bergabung di pertengahan musim ketika klub tersebut sedang di ambang degradasi dan berhasil menuntun mereka ke posisi yang aman.

Kemudian, di musim berikutnya Nagelsmann secara ajaib memimpin Die Kraichgauer untuk finis di urutan keempat dan hanya menelan empat kekalahan serta masuk Liga Champions.

Catatan luar biasa tersebut membuatnya direkrut oleh RB Leipzig pada 2019 dan akhirnya Bayern Munchen pada tahun 2021. Di musim pertamanya bersama The Bavarians, pria berusia 35 tahun itu berhasil memenangkan gelar Bundesliga dan menyingkirkan PSG dari Liga Champions. Sayang dia kemudian dipecat karena inkonsistensi permainan tim.


Mikel Arteta

Foto: Ukir Rekor Baru, Arsenal Semakin Mantap di Puncak Klasemen Liga Inggris
Pelatih kepala Arsenal, Mikel Arteta saat laga pekan ke-29 Liga Inggris 2022/2023 melawan Leeds United di Emirates Stadium, London, Minggu (02/04/2023) dini hari WIB. The Gunners menang dengan skor 4-1. (AP Photo/Kin Cheung)

Ada ketidakyakinan menyelimuti Arsenal ketika mereka menunjuk seorang pelatih yang tidak memiliki pengalaman sebanyak pelatih sebelumnya. Namun, sekarang keraguan tersebut mulai terbayar.

Mikel Arteta bisa dibilang memiliki semua atribut yang tepat untuk sukses sebagai pelatih. Ketika masih bermain, ia telah bermain di bawah manajer dengan beragam taktik, seperti David Moyes dan Arsene Wenger, berkembang di akademi Barcelona La Masia, pernah berbagi ruang ganti di PSG dengan Mauricio Pochettino dan bekerja bersama Pep Guardiola di Manchester City.

Ia berhasil memenangkan Piala FA di musim perdananya bersama The Gunners meski baru masuk di pertengahan musim. Dan sekarang, ia telah mengungguli Guardiola dan Jurgen Klopp dalam urusan dominasi papan atas Liga Inggris.


Ruben Amorim

Ruben Amorim
Pelatih Sporting Lisbon, Ruben Amorim. (AFP/Carlos Costa)

Sosok yang dulunya merupakan pemain Benfica ini sekarang menjadi pelatih Sporting CP, setelah sebelumnya menukangi Casa Pia dan Braga. Sporting menunjuk Amorim pada tahun 2020 dan sejak itu tidak pernah berpaling ke sosok lain.

Dalam musim penuh perdananya, Amorim menuntun klub dalam meraih gelar Liga Primeira pertama setelah menunggu hampir 20 tahun dan melakukannya dengan mencetak rekor baru dengan catatan tak terkalahkan terpanjang dalam satu musim (32 pertandingan).

Ia terus bersinar di Estadio Jose Alvalade dan baru-baru ini mencapai perempat final Liga Europa setelah menyingkirkan Arsenal.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya