Dicukur Manchester City di Liga Champions, Bagaimana Nasib Carlo Ancelotti Bersama Real Madrid?

Real Madrid tak berhasil mempertahankan gelarnya di Liga Champions musim ini. Sang raksasa La Liga baru saja disingkirkan oleh Manchester City di semifinal dengan skor agregat 1-5. Kegagalan Los Blancos menembus partai puncak Champions League membuat masa depan manajernya, Carlo Ancelotti, kini dipertanyakan.

oleh Theresia Melinda Indrasari diperbarui 18 Mei 2023, 15:00 WIB
Diterbitkan 18 Mei 2023, 15:00 WIB
Ekspresi Carlo Ancelotti Gagal Antar Real Madrid ke Final Liga Champions
Real Madrid gagal lolos ke final setelah kalah 0-4 dari Manchester City di laga leg kedua semifinal Liga Champions 2022/2023 pada Kamis (18/5/2023) dini hari WIB. Dengan hasil ini, Los Blancos resmi tersingkir dari perebutan trofi si Kuping Besar. (AFP/Oli Scarff)

Liputan6.com, Jakarta - Real Madrid gagal mempertahankan gelarnya di Liga Champions musim ini. Sang raksasa La Liga baru saja disingkirkan oleh Manchester City setelah kalah agregat 1-5 di semifinal kompetisi sepak bola elite Eropa.

Adapun Madrid sejatinya terlibat permainan yang cukup ketat di leg pertama, Rabu (10/5/2023) lalu. Los Blancos sanggup memaksa City menelan hasil imbang 1-1, sehingga pertandingan leg kedua menjadi ajang penentu bagi duo kesebelasan.

Malang, Karim Benzema dan kawan-kawan sama sekali tak berkutik di kandang The Citizens. Real Madrid takluk dengan empat gol tanpa balas dalam laga yang dihelat di Stadion Etihad, Kamis (18/5/2023) dini hari WIB.

Kekalahan Madrid dari Manchester City membuat masa depan manajer Carlo Ancelotti mulai dipertanyakan. Pasalnya, tak cuma gagal mengantar Los Blancos mempertahankan gelar Champions League, ia juga tidak kuasa membawa timnya menjadi kampiun di La Liga.

Belum lagi, kontrak Ancelotti di Bernabeu memang bakal habis dalam waktu dekat. Manajer berusia 63 tahun hanya diikat kesepakatan bersama Real Madrid hingga 2024 mendatang.

Sejumlah tim digadang-gadang tertarik menyewa jasa Ancelotti apabila ia resmi mengakhiri kerja samanya dengan Los Blancos. Kabar mengeklaim Timnas Brasil menjadi kubu yang saat ini santer dikaitkan dengan pelatih asal Italia.

Menanggapi situasi ini, Carlo Ancelotti pun angkat bicara. Ia mengeklaim dirinya masih ingin melanjutkan karier di Spanyol, meski belum yakin apakah Los Blancos bakal menjadi klub terakhir yang ia tukangi sepanjang karier manajerialnya.

“Saya ulangi, saya akan tetap di sini, di Real Madrid, sampai mereka ingin menyimpan (tidak memakai jasa) saya,” tutur Ancelotti seperti dilansir dari Mirror.

“Apakah Real Madrid akan menjadi klub terakhir saya? Saya tidak tahu, Saya memang pernah mengatakan ya saat itu, tetapi saya (sekarang) tidak tahu. Real adalah klub terbaik di dunia, keluarga besar saya. Saya akan bertahan di sini sampai mereka hendak menyimpan saya. Saya akan selalu menjadi pendukung Madrid,” tandas dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tanggapan Presiden Real Madrid

Ekspresi Carlo Ancelotti Gagal Antar Real Madrid ke Final Liga Champions
Kekalahan ini membuat Real Madrid gagal melaju ke final dengan kalah agregat telak 1-5. (AFP/Oli Scarff)

Presiden Real Madrid Florentino Perez juga sempat angkat bicara mengenai situasi Ancelotti di klub beberapa waktu lalu. Ia menegaskan Los Blancos cukup bahagia dengan keberadaan sang pelatih dan masih akan memakai jasanya sesuai kontrak.

“Saya tidak mau lagi mendengar apa pun soal itu (rumor kepergian Ancelotti dari Real Madrid),” tutur Perez mengutip pemberitaan Football Espana, Minggu (7/5/2023)

“Dia (Carlo Ancelotti) punya kontrak (di sini) dan kami senang dengannya,” sambung pria kelahiran Spanyol berusia 76 tahun tersebut.


Calon Pengganti Carlo Ancelotti

Foto: Deretan 6 Pelatih Hebat yang Mampu Mencapai Final Liga Champions dengan 2 Klub Berbeda Sepanjang Sejarah
Carlo Ancelotti. Pelatih asal Italia ini mampu membawa AC Milan dan Real Madrid berlaga di final Liga Champions. Bersama AC Milan ia melakukannya 3 kali pada musim 2002/2003, 2004/2005 dan 2006/2007, dan mampu 2 kali menjadi juara di musim 2002/2003 dan 2006/2007. Sementara Real Madrid dibawanya 2 kali ke final, musim 2013/2014 dan 2021/2022, keduanya sukses berbuah gelar juara. (AFP/Franck Fife)

Terlepas dari pernyataan itu, Sportskeeda mengeklaim pihak klub diam-diam juga sudah mempersiapkan sosok alternatif sebagai pengganti potensial apabila Carlo Ancelotti hengkang dari kursi panas Bernabeu.

Presiden klub dirumorkan mengincar wajah familiar untuk menukangi skuad Los Blancos di masa depan. Nama Jose Mourinho muncul sebagai kandidat yang digadang-gadang hendak direkrut oleh Real Madrid.

Sebagai informasi, pelatih kelahiran 1963 itu sejatinya tidak menganggur. Ia saat ini tengah menjalani karier sebagai manajer di AS Roma. Namun, ada desas-desus yang mengeklaim Mourinho berpotensi hengkang dari kubu Serie A.

Sejumlah klub raksasa Eropa pun mulai menaruh minat padanya. Menurut laporan La Gazzetta dello Sport via El Nacional, Real Madrid menjadi salah satu klub yang cukup menonjol dan dikaitkan dengan Mourinho.

Infografis Carlo Ancelotti
Infografis Carlo Ancelotti (Liputan6.com/Trie yas)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya