Hadiri Coaching Clinic Legenda Dortmund, Erick Thohir: Pembangunan Sepak Bola Indonesia Harus dari Bawah

Erick Thohir memantau langsung coaching clinic yang diadakan legenda Borussia Dortmund di Stadion Madya.

oleh Thomas diperbarui 09 Sep 2023, 06:18 WIB
Diterbitkan 08 Sep 2023, 15:02 WIB
Foto: Keseruan Coaching Clinic Bareng Borussia Dortmund, Dibimbing Langsung oleh Tiga Legenda Die Borussen
Ketua Umum PSSI, Erick Thohir memberikan sambutan di depan siswa Papua Football Academy setelah coaching clinic bersama legenda Borussia Dortmund di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Jumat (08/09/2023). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Liputan6.com, Jakarta- Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengapresiasi kegiatan coaching clinic yang dilakukan legenda klub sepak bola Jerman (Bundesliga), Borussia Dortmund. Erick Thohir menilai pembinaan pemain usia dini memang sangat penting untuk bisa membawa sepak bola Indonesia meroket di masa depan.

Erick Thohir hadir langsung dan menyaksikan coaching clinic tiga legenda Borussia Dortmund yakni Marcel Schmelzer, Jorg Heinrich, dan Paul Lambert di Stadion Madya, Senayan, Jumat (8/9/2023). Di sana ketiga legenda Dortmund memberikan pelatihan kepada anak-anak dari Papua Football Academy yang digelar PT Freeport Indonesia.

Kegiatan coaching clinic legenda Dortmund ini merupakan rangkaian agenda BVB Legends Tour Indonesia. Para legenda Dortmund seperti Jan Koller akan berhadapan dengan legenda Persib Bandung akhir pekan nanti.

Menurut Erick, kegiatan coaching clinic ini merupakan investasi yang bagus untuk sepak bola Indonesia. Pasalnya, talenta-talenta yang ada di Indonesia tak bisa muncul begitu saja.

"Membangun Timnas sepak bola, tidak mungkin jadi senior saja, harus benar-benar dari grassroot, dan membangun Tim Nasional gak bisa kerja sendiri, karena itu kita mendorong bagaimana liga punya Elite Pro Academy," kata Erick di Stadion Madya, Jakarta, Jumat (8/9/2023).

Menurut laporan yang diterima dari tim pelatih, Erick menyebut ada talenta-talenta muda potensial dalam pelatihan tersebut. Ia menilai ini menjadi salah satu investasi yang bagus untuk sepak bola Indonesia.

"PSSI juga bekerja sama dengan liga Jerman, hari ini dari Dortmund yang datang, untuk memastikan tadi, bagaimana kita meningktatkan talenta yang ada, dari kaca mata standar internasional, bukan standar saya, bukan standar PSSI, karena kan mau main sama internasional, dan saya mengucapkan terima kasih sama Liga Jerman," kata dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Coaching Clinic

Foto: Keseruan Coaching Clinic Bareng Borussia Dortmund, Dibimbing Langsung oleh Tiga Legenda Die Borussen
Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, tiga Legenda Borussia Dortmund, dan siswa Papua Football Academy berfoto bersama setelah coaching clinic di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Jumat (08/09/2023). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Keceriaan Bocah Papua di Latih Legenda Dortmund

Pelatih timnas U-17 Indonesia Bima Sakti juga turut menyaksikan coaching clinic ini. Para bocah berbakat dari Papua ini senang bisa menimba ilmu dari legenda Dortmund dan disaksikan langsung Erick Thohir

"Saya bangga karena ini pengalaman pertama saya bisa dilatih legenda-legenda dari Jerman. Kami diajari banyak hal, ada mini game 7 lawan 7 dan 3 lawan 3," ujar peserta coaching clinic, Valentino yang berasal dari Marauke.


Klasemen Liga 1

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya