Liga Champions: Syarat Manchester United Lolos Lubang Jarum ke Babak 16 Besar

Manchester United tidak bisa dalam kondisi tenang pada musim ini. Hanya beberapa hari setelah meredakan kritik dengan menaklukkan Chelsea, MU kembali dalam sorotanusai kekalahan dari Bournemouth.

oleh Harley Ikhsan diperbarui 11 Des 2023, 00:01 WIB
Diterbitkan 11 Des 2023, 00:01 WIB
Jelang Manchester United Vs Copenhagen
Manchester United dalam posisi sulit untuk lolos ke babak 16 besar Liga Champions. (Nick Potts/PA via AP)

Liputan6.com, Jakarta - Manchester United tidak bisa dalam kondisi tenang pada musim ini. Hanya beberapa hari setelah meredakan kritik dengan menaklukkan Chelsea, MU kembali dalam sorotanusai kekalahan dari Bournemouth.

Hasil 0-3 di Old Trafford, Sabtu (9/12/2023), membuat Setan Merah kembali dalam sorotan tajam. Pasalnya, mereka sudah menderita 11 kekalahan dalam 23 pertandingan di 2023/2024. 

Posisi Manchester United bertambah pelik karena menghadapi situasi sulit di Liga Champions. Bersaing di Grup A, pasukan Erik ten Hag terancam gagal lolos ke babak 16 besar.

MU baru meraih satu kemenangan dan empat poin dari liga laga yang dijalani. Mereka dijadwalkan bertemu raksasa Jerman Bayern Munchen pada partai pamungkas, Rabu (13/12/2023) dini hari WIB.

Kondisi Bayern Munchen juga sedang tidak baik menyusul kekalahan 1-5 melawan Eintracht Frankfurt di akhir pekan. Namun, klub Bavaria itu sudah memastikan tempat di perdelapan final Liga Champions dan mengamankan status juara grup. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Skenario Manchester United Melaju ke 16 Besar Liga Champions

Foto: Reaksi Pemain MU Setelah Gagal Menang di Markas Galatasaray, Andre Onana Bikin Gemes
Pemain Manchester United, Victor Lindelof, termenung setelah ditahan imbang Galatasaray pada laga grup A Liga Champions di Stadion Rams Park, Kamis (30/11/2023). Torehan satu poin membuat Setan Merah tetap menghuni dasar klasemen Grup A dan wajib mengalahkan Bayern Munchen pada pertandingan terakhir di Old Trafford untuk menjaga peluang lolos ke fase 16 besar. (AP Photo)

Hanya ada satu skenario yang meloloskan MU ke babak 16 besar Liga Champions. Mereka mengalahkan Bayern Munchen dengan FC Copenhagen vs Galatasaray berakhir imbang. Di luar terwujudnya dua hasil tersebut, Setan Merah bakal tersisih dari Liga Champions, meski kans lolos ke Liga Europa tetap terbuka.

FC Copenhagen dan Galatasaray juga terlibat duel penting di Denmark. Kedua tim sama-sama mengoleksi lima poin. Masing-masing memburu kemenangan demi mendampingi Bayern melaju ke perdelapan final Liga Champions.


Performa Manchester United di Liga Champions Musim Ini

FC Copenhagen vs Manchester United
Kevin Diks dari FC Copenhagen, kiri, dan Rasmus Hojlund dari Manchester United, kanan, berebut bola saat pertandingan sepak bola Grup A Liga Champions antara FC Copenhagen dan Manchester United di Kopenhagen, Denmark, Rabu, 8 November 2023. (Liselotte Sabroe/ Ritzau Scanpix melalui AP)

Manchester United mengawali Liga Champions 2023/2024 dengan buruk. Mereka kalah dari Bayern Munchen, dengan dua gol telat membuat skor 3-4 memberi penjelasan palsu tentang apa yang sebenarnya terjadi di pertandingan.

MU kembali tumbang pada laga kedua, kali ini dari Galatasaray di Old Trafford. Sebelum kepahlawanan Harry Maguire dan penyelamatan penalti Andre Onana berbuah kemenangan 1-0 atas FC Copenhagen.

Setan Merah kembali ke jalur negatif dengan tumbang 3-4 di markas FC Copenhagen, meski sempat memimpin dua gol. MU kemudian lagi-lagi membuang keunggulan dua gol sebelum ditahan Galatasaray 3-3 pada matchday kelima.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya