Lolos dari Babak Penyisihan Olimpiade Paris 2024, Fajar/Rian Akui Belum Puas dan Bidik Status Juara Grup

Ganda putra bulu tangkis Indonesia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto mengaku belum puas meski mereka sudah mengamankan tiket menuju babak selanjutnya di Olimpiade Paris 2024.

oleh Theresia Melinda Indrasari diperbarui 30 Jul 2024, 06:10 WIB
Diterbitkan 29 Jul 2024, 23:00 WIB
Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto: Grup C Olimpiade Paris 2024
Pemain ganda putra Indonesia, Muhammad Rian Ardianto (kanan) melepaskan smes saat menghadapi wakil Prancis, Lucas Corvee/Ronan Labar pada laga Grup C Olimpiade Paris 2024 di Porte De La Chapelle Arena, Paris, Senin (29/7/2024). Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto menang dua gim langsung 21-13, 21-10 yang sekaligus memastikan mereka lolos dari babak penyisihan grup. (Dok. NOC Indonesia/Naif Muhammad Al'as)

Liputan6.com, Jakarta Ganda putra bulu tangkis Indonesia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto sukses meloloskan diri dari babak penyisihan grup C cabang olahraga badminton Olimpiade Paris 2024.

Kepastian itu didapat setelah mantan pemegang ranking 1 dunia mengalahkan wakil tuan rumah Lucas Corvee/Ronan Labar dengan straight game 21-13, 21-10 dalam duel berdurasi 36 menit yang digelar di Porte de la Chapelle Arena pada Senin (29/7/2024) sore WIB.

Adapun kemenangan atas Corvee/Labar menjadi yang pertama buat Fajar/Rian di fase grup. Mereka sebelumnya sempat berjaya atas pasangan Jerman Mark Lamsfuss/Marvin Seidel di laga perdana, tetapi catatan tersebut dihapus lantaran Lamsfuss mengundurkan diri dari kompetisi akibat cedera lutut.

Berdasarkan peraturan kompetisi umum BWF, hasil dari semua pertandingan yang melibatkan Mark Lamsfuss, baik sudah maupun belum dimainkan di grup C, memang dianggap batal.

Walau begitu, pasangan bulu tangkis Indonesia tetap mendapat tiket otomatis dari fase penyisihan grup. Hal itu sebab wakil Prancis yang mereka kalahkan kini sudah dua kali mendulang hasil minor dan tak memiliki tabungan laga tersisa.

Terlepas dari itu, Fajar Alfian mengaku ia dan tandemnya masih belum puas. Mereka berambisi merebut status juara grup dengan meredam perlawanan pasangan India Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty di laga terakhir.

"Alhamdulillah cukup senang bisa ke perempat final (Olimpiade Paris 2024), tapi kami belum puas. Sekarang kami ingin mengincar posisi juara grup dulu," ucap Fajar Alfian pasca kemenangan ia dan rekannya Muhammad Rian Ardianto atas wakil Prancis.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Fajar Alfian Sebut Ada Progres

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto: Grup C Olimpiade Paris 2024
Ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto berfoto merayakan kemenangan atas wakil Prancis, Lucas Corvee/Ronan Labar pada laga Grup C Olimpiade Paris 2024 di Porte De La Chapelle Arena, Paris, Senin (29/7/2024). Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto menang dua gim langsung 21-13, 21-10. (Dok. NOC Indonesia/Naif Muhammad Al'as)

Sementara itu terkait kualitas permainan, Fajar Alfian sendiri merasa ada peningkatan dalam performa dia dan tandemnya dibanding saat pertama kali turun melawan ganda putra Jerman di Olimpiade Paris 2024.

Fajar/Rian tampil lebih percaya diri dan banyak melancarkan inisiatif serangan, yang membuat keduanya bermain lebih lebih maksimal ketimbang sebelumnya.

"Hari ini permainan kami lebih baik dari pertandingan pertama. (Kami) lebih menguasai keadaan arena, walaupun lawan tuan rumah dengan suporter yang ramai tipikal suporter sepak bola," ungkap Fajar.

Kami lebih inisiatif menyerang dan lebih percaya diri. Dengan mundurnya pasangan Jerman, memang poin kami kembali nol tapi kami coba ambil sisi positifnya. Mereka tidak mundur dari awal jadi kami punya kesempatan mencoba lapangan terlebih dahulu," tandas dia.


Nasib Berbeda Ganda Campuran

Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari: Grup A Olimpiade Paris 2024
Pemain ganda campuran Indonesia, Pitha Haningtyas Mentari berusaha mengembalikan bola smes saat menghadapi wakil Prancis, Thom Gicquel/Delphine Delrue pada laga Grup A Olimpiade Paris 2024 di Porte De La Chapelle Arena, Paris, Senin (29/7/2024). Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari kalah dua gim langsung 13-21, 15-21. (Dok. NOC Indonesia/Naif Muhammad Al'as)

Sayangnya, nasib berbeda dialami ganda campuran Indonesia Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari yang juga ditantang wakil tuan rumah pada Senin (29/7/2024).

Mereka gagal memanfaatkan peluang lolos dari babak penyisihan lantaran takluk dari pasangan Thom Gicquel/Delphine Delrue dalam laga berdurasi 36 menit dengan skor akhir 13-21, 15-21.

Buntut dari kekalahan tersebut, Rinov/Pitha menempati posisi juru kunci klasemen grup A Olimpiade Paris 2024. Sementara Thom/Delphine duduk di urutan 3, membuntuti wakil Korea Selatan Kim Won Ho/Jeong Na Eun yang berhak menyandang status runner-up lantaran unggul rasio games serta poin.

"Tadi kami main tertekan terus dari game pertama hingga akhir. Lawa sepertinya lebih nothing to lose, sementara kai ada tegang dan nervous ingin menang, tetapi malah jadi bumerang," ujar Rinov selepas laga.

"Kami sudah maksimal dari persiapan, latihan, dan lain-lain, tetap inilah hasil yang harus kami terima," tandasnya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya