Melihat 5 Rekrutan Baru Manchester United di Bursa Transfer Musim Panas 2024: Sanggup Bawa Setan Merah Bangkit?

Manchester United sudah merekrut setidaknya 5 penggawa di bursa tranfer musim panas 2024. Sanggupkah mereka membawa Setan Merah bangkit setelah menelan hasil kurang memuaskan musim lalu?

oleh Theresia Melinda Indrasari diperbarui 31 Agu 2024, 00:01 WIB
Diterbitkan 31 Agu 2024, 00:01 WIB
Erik ten Hag
Manajer Manchester United, Erik ten Hag, dan striker Joshua Zirkzee. Zirkzee merupakan satu dari lima rekrutan baru Setan Merah di bursa transfer musim panas 2024. (AFP/Darren Staples)

Liputan6.com, Jakarta Manchester United jadi salah satu klub Liga Inggris yang cukup sibuk di bursa transfer musim panas 2024. Tim besutan Erik ten Hag sudah merekrut setidaknya 5 penggawa baru untuk memperkuat lini serang, tengah, maupun pertahanan.

Adapun Setan Merah memang betul-betul serius mengejar momen kebangkitan memasuki kampanye 2024/2025. Hal itu setelah mereka menelan hasil kurang memasukan dalam berbagai kompetisi musim lalu, selain Piala FA.

Bruno Fernandes dan kawan-kawan sebelumnya mencatatkan akhir terburuk mereka sepanjang era Premier League dengan finis sebagai peringkat 8 klasemen Liga Inggris 2023/2024.

Anak-anak asuh Ten Hag juga sudah tersingkir dari Champions League sebelum sempat menjejakkan kaki di fase knock-out, dan nyaris tak kebagian tiket tampil di panggung Eropa mana pun andai mereka gagal menaklukkan rival sekotanya dalam final FA Cup, Mei lalu.

Perombakan besar-besaran pun dibuat Manchester United sebagai jawaban atas hasil mengecewakan di kampanye sebelumnya. Tak hanya mendepak pemain tak berguna, MU juga mendatangkan cukup banyak penggawa baru demi mendongkrak kekuatan tim.

Hingga artikel ini ditulis, Setan Merah masih santer dikabarkan ingin menambah amunisi lewat skenario pertukaran yang melibatkan pemain Chelsea Raheem Sterling dengan penggawa tersisihnya Jadon Sancho. Walau demikian, belum ada kabar terkait kepastian transfer tersebut, sehingga praktis MU baru memiliki 5 pemain anyar dalam genggamannya.

Simak ulasan mengenai 5 nama yang sudah direkrut Manchester United ke Old Trafford hingga mendekati penutupan bursa transfer musim panas 2024, Jumat 30 Agustus, pada halaman selanjutnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Joshua Zirkzee

Manchester United vs Fulham
Penyerang Manchester United (MU), Joshua Zirkzee, merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Fulham bersama rekan-rekannya dalam laga pekan pertama Premier League 2024/2025 di Old Trafford, Sabtu (17/8/2024) dini hari WIB. MU menang 1-0 dalam pertandingan pembuka Premier League musim ini. (Martin Rickett/PA via AP)

Joshua Zirkzee merupakan pemain yang didatangkan Manchester United saat fase-fase awal bursa transfer musim panas 2024. Pemuda asal Belanda diboyong dari Bologna pada Juli dengan nilai transfer yang diyakini berkisar 40 juta euro, ditambah bonus penampilan di kemudian hari.

Kehadirannya diharapkan mampu mengurangi beban mencetak gol dan menghadirkan persaingan bagi Rasmus Hojlund yang nyaris jadi satu-satunya andalan Setan Merah di lini serang sejak kedatangannya dari Atalanta musim panas lalu.

Mantan pemain Bayern Munchen itu juga sekaligus didapuk sebagai pengganti Anthony Martial yang dibuang oleh MU usai kontraknya berakhir per Juni 2024.

Zirkzee langsung mampu menunjukkan kebolehan saat memperkuat Manchester United di awal musim 2024/2025. Dengan situasi Hojlund yang cedera, dia sejatinya tak langsung diberi kepercayaan turun sebagai starter oleh pelatih Erik ten Hag.

Walau begitu, pesepak bola asal Belanda tetap mampu menjadi sosok penting yang membawa MU menang atas Fulham di pekan pertama. Zirkzee mencetak gol semata wayang untuk mengantar timnya unggul 1-0, sehingga dia kini punya catatan 1 gol dari 2 pertandingan Liga Inggris untuk Setan Merah sejak awal musim.


2. Leny Yoro

Leny Yoro
Manajer Manchester United Erik ten Hag dan Leny Yoro. (Dok Man Utd)

Leny Yoro datang ke MU pada periode yang berdekatan dengan Joshua Zirkzee. Wonderkid berusia 18 tahun itu direkrut dari Lille seharga 62 juta euro untuk menambal pos bek tengah usai ditinggal Raphael Varane, menyusul kontraknya yang berakhir di Old Trafford.

Sayangnya, sebelum sempat memanfaatkan jasa investasi mahal mereka dalam kompetisi 2024/2025, Manchester United sudah dipaksa merelakan Yoro untuk menepi cukup lama akibat cedera.

Pesepak bola asal Prancis mendapat masalah ketika membela Setan Merah dalam uji coba pramusim melawan Arsenal, akhir Juli lalu, yang mengharuskan dia menjalani operasi dan absen dari skuad selama kurang lebih 3 bulan.


3. Matthijs de Ligt

Matthijs de Ligt
Manchester United akhirnya berhasil mendatangkan Matthijs de Ligt dari bayern Munchen. Kehadiran De Ligt menjadi tambahan berharga untuk lini belakang Manchester United. Absennya Leny Yoro memberikan kesempatan besar kepada De Ligt untuk menjadi bintang baru di Old Trafford. (FOTO: instagram.com/manchesterunited/)

Dengan situasi Leny Yoro yang cedera, Manchester United tetap bisa sedikit bernapas lega sebab mereka sudah sempat merekrut satu bek tengah lain dalam diri Matthijs de Ligt dari Bayern Munchen.

Penggawa asal Belanda dibeli seharga 45 juta euro untuk bereuni denga Erik ten Hag sekaligus mengawal pertahanan Setan Merah memasuki kampanye 2024/2025.

Situs Transfermarkt mencatat pemuda berusia 25 tahun sudah tampil dalam 2 laga bersama MU di Liga Inggris 2024/2025, yakni saat melawan Fulham dan Brighton and Hove Albion. Hanya saja layaknya Joshua Zirkzee, De Ligt belum sekali pun diberi kepercayaan menjadi starter oleh juru taktik Setan Merah.


4. Noussair Mazraoui

FOTO Pemain Man United, Noussair Mazraoui
Pemain Man United, Noussair Mazraoui melempar bola dalam pertandingan melawan Fulham di Stadion Old Trafford, Sabtu (17/8/2024). (AP Photo/Dave Thompson)

Noussair Mazraoui merupakan bagian dari pembelian ganda yang disepakati Manchester United dengan Bayern Munchen di bursa transfer musim panas 2024. Seperti halnya Matthijs de Ligt, mantan pemain Ajax Amsterdam itu juga didatangkan dari klub Jerman dengan mahar lebih murah, yakni hanya sebesar 15 juta euro.

Walau begitu, Mazraoui menjadi salah satu rekrutan Setan Merah yang performanya paling gemilang di awal musim 2024/2025. Cederanya Luke Shaw dan Tyrell Malacia membuat Diogo Dalot dimainkan di pertahanan kiri, sementara Mazraoui selalu menjadi starter di sayap kanan belakang.

Football Transfers bahkan sepat mengategorikan Noussair Mazraoui sebagai satu dari deretan penggawa yang tampil mengesankan di pekan pertama Liga Inggris. Hal itu menyusul pergerakannya yang agresif saat menguasai bola serta keberhasilannya memenangkan lebih dari 5 persen duel sepanjang pertandingan melawan Fulham.


5. Manuel Ugarte

Hasil Pertandingan PSG vs Montpellier Ligue 1
Gelandang Paris Saint-Germain (PSG) Manuel Ugarte berebut bola dengan penyerang Montpellier Musa Al-Taamari pada laga Ligue 1 2023/2024 pekan 11 di Parc des Princes, Sabtu (4/11/2023) dini hari WIB. (AP Photo/Aurelien Morissard)

Manuel Ugarte merupakan nama terbaru yang direkrut Manchester United ke Old Trafford. Setan Merah sejatinya sudah lama diklaim menyetujui persyaratan pribadi dengan pemuda Uruguay, tapi sulit menuntaskan kesepakatan akibat terganjal masalah biaya.

MU sampai sempat menjajaki prospek meminjam Ugarte disertai kewajiban pembelian demi menemukan jalan tengah dalam proses negosiasinya dengan klub Prancis Paris Saint-Germain (PSG).

Akan tetapi, Setan Merah belakangan akhirnya mampu mencapai kesepakatan seharga 50 juta euro ditambah add-ons 10 juta euro dengan Les Parisiens usai menjual Scott McTominay.

Manuel Ugarte juga telah terbang ke Inggris guna menjalani pemeriksaan medis, dan diperkirakan bisa debut saat MU menantang Liverpool di Liga Inggris, Minggu (1/9/2024) malam WIB.

Lanjutkan Membaca ↓

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya