Hoaks Seputar Kebakaran Kilang Minyak Pertamina, dari Dumai sampai Balongan

Simak kumpulan hoaks seputar kebakaran kilang Pertamina.

oleh Pebrianto Eko Wicaksono diperbarui 04 Apr 2023, 17:59 WIB
Diterbitkan 04 Apr 2023, 09:00 WIB
Tangkapan layar klaim foto kebakaran kilang Pertamina Dumai
Penelusuran klaim foto kebakaran kilang Pertamina Dumai

Liputan6.com, Jakarta - Kebakaran kilang Pertamina terjadi pada sejumlah wilayah belakangan ini, peristiwa tersebut pun kerap diiringi dengan hoaks yang dapat menyesatkan.

Hoaks tersebut di antaranya terkait dengan kebakaran kilang Pertamina Dumai, Cilacap dan Balongan. Kondisi ini harus diwaspadai dengan memastikan kebenaran informasi yang didapat sebelum mempercayainya.

Agar tidak tersesat oleh informasi yang salah, simak kumpulan hoaks seputar kebakaran kilang Pertamina.

1. Foto Ini Kebakaran Kilang Pertamina Dumai

Penelusuran klaim foto kebakaran kilang Pertamina Dumai

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim foto kebakaran kilang Pertamina Dumai, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 2 April 2023.

Unggahan klaim foto kilang Pertamina Dumai kebakaran tersebut menampilkan kobaran api di sertai kepulan asap di antara pepohonan dan tiang listrik dan siluet seorang yang sedang mengangkat satu tangannya. Foto tersebut diambil dalam kondisi perncahayaan yang minim.

Selain foto, akun Facebook tersebut juga mengunggah tiga video.

Unggahan tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Sahabat Bang AS( Ashari )Turut berduka cita atas peristiwa di kilang pertamina RU II kota dumai, , smg menjadi pelajaran bagi RU & bagi pekerja di manapun berada untuk Tetap Safety, turut berduka cita kpd korban, kpd masyarakat yang dampak secara materi, dan yang terdampak Trauma, smg jadi peristiwa yg terakhir, berkah selalu kota bertuah.. 😇"

Benarkah klaim foto kebakaran kilang Pertamina Dumai? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com simak hasil penelusurannya di sini....


Minyak akan Langka Akibat Kebakaran Kilang Cilacap

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim akan terjadi kelangkaan minyak akibat kebakaran Kilang Cilacap. Informasi tersebut diunggah sebuah akun Twitter, pada 13 November 2021.

Unggahan tersebut berupa tangkapan layar artikel berjudul "Kilang Pertamina Cilacap Terbakar" yang dimuat situs Kompas.com, pada 13 November 2021.

Unggahan tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"Siap-siap kemungkinan besar akan terjadi kelangkaan minyak, pasca terbakarnya tangki kilang minyak di Cilacap❗⚠️"

Benarkah klaim akan terjadi kelangkaan minyak akibat kebakaran Kilang Cilacap? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com berikut ini.

 

 


Ledakan di Kilang Minyak Balongan Akibat Serangan Teroris

Klaim tentang ledakan di kilang minyak Balongan, Indramayu, Jawa Barat akibat serangan teroris beredar di media sosial. Klaim tersebut disebarkan oleh salah satu akun Facebook pada 29 Maret 2021.

Unggahan Klaim tentang ledakan di kilang Balongan akibat serangan teroris berupa narasi sebagai berikut.

"Ledakan bom di gereja dengan ledakang kilang minyak di Balongan adalah serangan teroris..." tulis akun Facebook Andi Permata.

Konten yang disebarkan akun Facebook Andi Permata telah 6 kali direspons dan mendapat 3 komentar warganet.

Benarkah ledakan di kilang minyak Balongan, Indramayu, Jawa Barat akibat serangan teroris? Simak hasi penelusuran Cek Fakta Liputan6.com di sini

 


Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya