Mengenal Sosok Mohammed Al Owais, Kiper Arab Saudi yang Berhasil Tangkis Gempuran Messi dkk

Berhasil menangkal serangan timnas Argentina, ini dia sosok Mohammed Al Owais.

oleh Hani Safanja diperbarui 23 Nov 2022, 09:30 WIB
Diterbitkan 23 Nov 2022, 09:30 WIB
Mohammed Al Owais
Penjaga Gawang Tim Nasional Arab Saudi, Mohammed Al Owais (AFP/Philip Fong)

Liputan6.com, Jakarta - Pada Selasa (22/11/2022) kemarin, klasemen Grup C mulai memanas dengan pertandingan Argentina melawan Arab Saudi. Pasalnya, Arab Saudi yang menempati peringkat ke-51 dalam FIFA, mengejutkan turnamen dengan kemenangannya melawan Argentina dalam pertandingan pembuka untuk kedua tim.

Pada babak kedua, tim hijau berhasil mencetak dua gol hanya dalam jeda lima menit. Gol ini dengan sukses dilayangkan oleh Saleh Al Shehri pada menit ke-48 dan Salmen Al Dawsari pada menit ke-53.

Nyatanya, kemenangan timnas Arab Saudi juga menarik perhatian berkat aksi kiper Mohammed Al Owais yang dapat menahan sederet tendangan peluang Argentina.

Melansir SB Nation, Rabu (23/11/2022), Al Owais berhasil menjadi sorotan usai berhasil melakukan penyelamatan sebanyak lima kali saat pemain timnas Argentina mencoba untuk membobol gawangnya.

Atas kepiawaiannya, Al Owais berhasil mempertahankan keunggulan gol hingga peluit tanda permainan usai dibunyikan dan menjadi tanda kemenangan bagi tim Arab Saudi melawan Argentina.

Al Owais merupakan salah satu dari tiga kiper yang dibawa oleh pelatih timnas Arab Saudi, Herve Renard, ke laga pertandingan sepak bola Piala Dunia 2022. Selain Al Owais, dua pelatih lainnya yakni Mohammed Al Yami, 25, dan Nawaf Al Aqidi, 22.

Berusia 31 tahun, Mohammed Al Owais dilahirkan di Al-Hasa, Arab Saudi pada tanggal 10 Oktober 1991. Sebelumnya, Al Owais tercatat sudah menggeluti sepak bola sejak 2012 dengan membela klub Al-Shahab FC.


Profil Mohammed Al Owais

Argentina Tumbang dari Arab Saudi di Piala Dunia 2022
Kiper Arab Saudi Mohammed Al-Owais (kiri) melakukan penyelamatan saat melawan Argentina pada pertandingan sepak bola Grup C Piala Dunia 2022 di Stadion Lusail, Lusail, Qatar, Selasa (22/11/2022). Arab Saudi mengalahkan Argentina dengan skor 2-1. (AP Photo/Luca Bruno)

Mohammed Al Owais adalah pemain sepak bola profesional Arab Saudi yang saat ini bermain untuk klub sepak bola Arab Saudi, Al-Ahli, selain penampilan regulernya untuk tim sepak bola nasional Arab Saudi.

Sebelum bermain untuk klub Al-Ahli, ia sebelumnya bermain untuk Al-Shabab dari tahun 2012 hingga 2017. Beberapa rekan setim nasionalnya termasuk Muhannad Assiri, Salman Al-Faraj, dan Abdullah Al-Mayouf.

Adapun ketertarikannya pada sepak bola sejak masa kanak-kanak menjadi pondasi dari karir sepakbola nya dengan bergabung di akademi muda AL-Shabab U-23.

Setelah karir mudanya yang mengesankan, ia dipanggil untuk bermain di tim senior AL-Shabaab pada tahun 2012. Al Owais berada di klub hingga pada tahun 2017, ia menunjukkan kemampuannya dalam 31 pertandingan.

Mengutip Sportgraphy, pada 2022 ini, Al Owais sudah dikontrak oleh klub Al-Hilal yang berbasis di Riyadh dan dilaporkan bahwa kontraknya akan berakhir pada 30 Juni 2025.


Dinobatkan sebagai Man of The Match

Timnas Argentina vs Timnas Arab Saudi Grup C Piala Dunia 2022
Selebrasi pemain Arab Saudi usai menjebol gawang Argentina di pertandingan Grup C Piala Dunia Qatar 2022 yang berlangsung di Stadion Lusail, Doha, Selasa (22/11/2022). (AFP/Juan Mabromata)

Atas aksi heroiknya, Mohammed Al Owais terpilih sebagai Man of The Match pertandingan grup C Piala Dunia 2022 Argentina vs Arab Saudi. Sepanjang pertandingan, Al Owais tercatat berhasil menggagalkan lima peluang kebobolan.

Adapun Man of The Match adalah sebutan untuk para pemain yang menurut para penggemar memberikan penampilan terbaik di lapangan untuk setiap pertandingan.

Mengutip Sportskeeda, penghargaan Man of The Match diberikan kepada pemain yang paling berpengaruh di lapangan selama 90 menit. Jumlah penghargaan Man of The Match yang diperoleh seorang pemain bisa menjadi metrik yang baik untuk mengukur seberapa efektif seorang pemain untuk sebuah tim.

Tentu kehadirannya menjadi palang untuk membawa Arab Saudi ke-16 besar apabila mereka berhasil memenangkan pertandingan atas Arab Saudi vs Polandia nanti.


Total Kekayaan Bersih dan Gaji Mohammed Al-Owais

Jepang Bungkam Arab Saudi 2-0
Penjaga gawang Arab Saudi Mohammed al-Owais gagal menangkap bola tendangan pemain Jepang Junya Ito dalam laga kualifikasi Piala Dunia zona Asia Grup B di Saitama Stadium, Saitama, Jepang, Selasa (1/2/2022). Jepang menang dengan skor 2-0. (AFP/Philip Fong)

Mengutip dari Sportgraphy, Mohammed Al Owais yang sedang naik daun dan telah bermain untuk Al-Shahab dan Al-Ahli memiliki kekayaan bersih yang fantastis.

Dilaporkan, setidaknya Al-Owais menerima upah mingguan sebesar €18 ribu atau setara dengan Rp289 juta, dan sekitar €936.000 atau senilai dengan RP 15 miliar per tahun.

Al-Owais memulai debutnya yakni saat Arab Saudi melawan Jepang di Kualifikasi Piala Dunia FIFA 2018 pada 15 November 2016. Setelah itu, pada Mei 2018, Al-Owais masuk dalam grup timnas Arab Saudi untuk Piala Dunia 2018 di Rusia. Ia bermain dalam kekalahan 1-0 dari Uruguay.

Infografis Grup C Piala Dunia 2022
Infografis Grup C Piala Dunia 2022. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya