Asam dan Manisnya Buah Stroberi Ternyata Bermanfaat Bagi Kulit, Bisa Bikin Glow Up

Selain enak dikonsumsi, buah stroberi yang punya rasa asam dan manis ini kaya manfaat yang baik untuk perawatan kulit

oleh Gilar Ramdhani diperbarui 27 Jan 2023, 16:52 WIB
Diterbitkan 27 Jan 2023, 16:52 WIB
Ternyata Buah Stroberi Berguna untuk Perawatan Kulit, Bisa Bikin Glow Up
Ilustrasi Kulit Wajah yang Terawat Credit: pexels.com/pixabay

Liputan6.com, Jakarta Bicara soal perawatan kecantikan wanita, pasti tidak lepas dengan penggunaan bahan alami seperti buah-buahan. Banyak produk kecantikan yang menggunakan berbagai buah maupun tanaman untuk merawat kulit. Sebut saja alpukat, lidah buaya, hingga tomat pun kerap diolah sebagai bahan perawatan kulit.

Nah, pernahkah kamu mendengar stroberi diantara bahan-bahan alami perawatan kulit? Ternyata selain enak dikonsumsi, buah dengan rasa asam dan manis ini juga kaya manfaat untuk perawatan kulit dan kecantikan. Stroberi yang umumnya merah menawan ini mengandung vitamin, mineral, serat, antioksidan, dan fitonutrien yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Stroberi mengandung vitamin C hingga 1,4 kali dari kebutuhan vitamin C harian Anda.

Sebuah penelitian yang dimuat dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry mengenai manfaat stroberi bagi tubuh, menyebutkan bahwa beberapa saat setelah mengonsumsi stroberi yang segar, kandungan vitamin C di dalam darah meningkat signifikan.

Selain itu, vitamin C pada buah stroberi merupakan vitamin yang bagus menjaga kesehatan jaringan ikat di bawah kulit, sehingga tetap kencang, kuat, dan sehat. Selain itu, kandungan folat (vitamin B), serat, dan susunan fitokimia yang dapat membantu mencegah kerusakan kulit akibat paparan radikal bebas.

Nah, berikut manfaat buah stroberi bagi kesehatan kulit dikutip dari berbagai sumber. Simak dengan baik dan itu mungkin akan membuat kamu lebih menyukai stroberi.

1. Menghaluskan Kulit

Stroberi merupakan buah yang dikenal mengandung vitamin C yang tinggi. Seperti yang diketahui, vitamin C sangat berperan penting dalam melembabkan dan menghaluskan kulit.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Gambar Ilustrasi Stroberi
Sumber : Freepik

Untuk mendapatkan manfaat strawberry yang satu ini, sekarang banyak produk kecantikan yang menjadikan stroberi sebagai bahan utamanya. Hal ini karena buah berwarna merah ini mampu mengangkat sel-sel kulit mati dan membuat kulit lebih cerah dan halus.

2. Mencerahkan Warna Bibir

Punya masalah dengan warna bibir yang gelap? Kamu bisa mengandalkan strawberry untuk mencerahkannya lho! Cukup potong stroberi menjadi dua bagian, lalu gosokkan potongan buah tersebut secara lembut ke seluruh permukaan bibir selama beberapa menit. Selain dapat mengurangi warna gelap, kandungan yang terdapat di dalam strawberry juga mampu merontokkan sel kulit mati, serta memberikan kelembaban alami pada bibir.

3. Mencegah Penuaan Dini

Kandungan vitamin C dan asam elagik yang terdapat di strawberry sangat baik untuk kesehatan kulit, terutama untuk mencegah penuaan dini. Pasalnya, kedua kandungan ini mampu melawan radikal bebas yang bisa merusak jaringan kolagen. Seperti yang diketahui, kolagen sendiri adalah zat yang sangat berperan penting dalam kesehatan kulit.

Untuk mendapatkan manfaat strawberry yang satu ini, kamu bisa menggunakan masker stroberi pada wajah maksimal seminggu dua kali. Dengan memasukkan lima stroberi beku dan satu sendok teh madu ke dalam blender, lalu haluskan. Setelah jadi, oleskan masker tersebut ke bagian wajah dan leher selama 20 menit, lalu bilas dengan air.


4. Mengurangi Jerawat

Terungkap Salah Satu Penyebab Kulit kusam, Coba Atasi dengan Ini!
Ilustrasi wajah sehat, cerah dan bercahaya. (Credit: Shutterstock).

Selain mampu mencegah penuaan dini, buah stroberi juga dapat mencegah timbulnya jerawat. Sifat asam yang terkandung dalam buah berwarna merah ini mampu mengontrol kelebihan minyak yang kerap menjadi penyebab utama timbulnya jerawat. Dengan mengkonsumsi stroberi setiap hari atau memakai maskernya seminggu dua kali, kulit pun akan terhindar dari jerawat.

5. Mencerahkan Wajah yang Kusam

 

ilustrasi jus stroberi untuk menjaga sistem kekebalan tubuh/pixabay
ilustrasi buah stroberi. (Sumber: Pixabay)

Kandungan asam ellagic pada buah stroberi mampu memutihkan kulit wajah yang kusam, serta memperbaiki flek hitam yang ada di kulit. Buah stroberi kaya antioksidan yang sangat bermanfaat untuk melindungi kulit dari bahaya sinar UV.

Untuk mendapatkan wajah yang cerah, kamu bisa menghaluskan stroberi di blender dan dioleskan pada wajah. Biarkan masker tersebut menempel sekitar 20 menit, lalu bilas dengan air. Lakukan secara rutin minimal tiga hari sekali, dijamin bisa mencerahkan kulit kusam, serta mengurangi flek hitam di wajah secara perlahan.

 

(*/Ayr)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya