11 Gejala Halus Kanker Ini Kerap Diabaikan, Termasuk Berkeringat di Malam Hari

Berikut gejala halus kanker yang kerap diabaikan termasuk berkeringat di malam hari yang tak bisa dijelaskan sebabnya

oleh Sulung Lahitani diperbarui 08 Mei 2023, 18:03 WIB
Diterbitkan 08 Mei 2023, 18:03 WIB
Ilustrasi insomnia
Ilustrasi insomnia. (Photo by Annie Spratt on Unsplash)

Liputan6.com, Jakarta - Dokter memperingatkan orang dewasa untuk mengawasi satu gejala halus kanker mematikan dan Anda hanya mengalaminya di malam hari. Sebuah survei baru-baru ini oleh Cancer Research UK menemukan bahwa hanya 48 persen orang dewasa yang mengakui bahwa mereka akan menemui dokter dalam beberapa minggu setelah menyadari tanda-tanda awal penyakit tersebut, bahkan untuk batuk darah atau benjolan yang tidak dapat dijelaskan.

Tetapi gejala ini sedikit lebih halus dan dapat dikaitkan dengan beberapa hal; keringat malam. Ada banyak alasan mengapa Anda berkeringat deras di malam hari, termasuk infeksi, obat-obatan tertentu, atau mengalami menopause.

Namun, keringat malam yang sangat deras juga bisa menjadi tanda beberapa jenis kanker, termasuk leukemia dan limfoma. Ahli onkologi mengatakan bahwa memberi tahu dokter tentang gejala yang tidak biasa secara langsung menurunkan kemungkinan diagnosis kanker dini, yang mengarah ke hasil yang berpotensi merusak.

"Anda mungkin menganggap gejala seperti batuk darah atau pendarahan yang tidak dapat dijelaskan sulit untuk diabaikan, tetapi penelitian ini menunjukkan bahwa banyak yang melakukannya," kata Dr Julie Sharp, kepala kesehatan dan keterlibatan pasien CRUK seperti dikutip dari Mirror.

Orang-orang dari latar belakang yang kurang beruntung, kata Dr Sharp, menghadapi lebih banyak hambatan dalam hal mendapatkan bantuan.

"Apakah itu gejala halus atau tidak, jika Anda melihat perubahan pada kesehatan Anda yang tidak biasa atau tidak kunjung hilang, hubungi dokter Anda sesegera mungkin," katanya.

"Dokter Anda ada untuk Anda dan ingin mendengar tentang masalah apa pun."

Merasa lelah juga bisa menjadi pertanda ada yang tidak beres. Meskipun bisa berasal dari banyak hal seperti stres, masalah autoimun, atau sekadar kesulitan tidur.

“Tapi jika Anda merasa lelah tanpa sebab yang jelas, itu bisa jadi pertanda ada yang tidak beres,” kata Dr Sharp.

Dr Sharp juga menambahkan daftar lengkap tanda-tanda halus kanker lainnya yang harus Anda waspadai:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Sakit yang tidak bisa dijelaskan

Nyeri Leher dan Punggung
Ilustrasi Sakit Punggung Credit: pexels.com/Tobias

Rasa sakit adalah tanda bahwa ada sesuatu yang salah, dan meskipun mudah untuk berharap itu akan hilang, jika terus berlanjut, penting untuk memeriksakannya.

“Seiring bertambahnya usia, semakin sering kita mengalami sakit dan nyeri,” kata Dr Sharp. "Tapi rasa sakit yang tidak bisa dijelaskan bisa menjadi pertanda sesuatu yang lebih serius."

2. Penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan

Tentu saja ada banyak alasan penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan selain kanker, termasuk masalah usus dan tiroid.

Tetapi Dr Sharp mengatakan bahwa sementara perubahan berat badan kecil dari waktu ke waktu adalah normal, jika Anda kehilangan berat badan yang nyata tanpa berusaha, Anda harus memberi tahu dokter Anda.

3. Benjolan atau pembengkakan yang tidak biasa

Benjolan adalah salah satu gejala kanker yang paling terkenal, dan meskipun dapat disebabkan oleh banyak masalah yang tidak terlalu serius seperti cedera, Dr Sharp menekankan bahwa benjolan atau pembengkakan yang menetap di bagian tubuh mana pun harus ditanggapi dengan serius.

 


4. Pendarahan yang tidak dapat dijelaskan

Ilustrasi donor darah
Ilustrasi donor darah. (Photo by Artem Podrez/Pexels)

Pendarahan yang tidak dapat dijelaskan pada kotoran, air kencing atau muntah, batuk darah, atau pendarahan vagina yang tidak dapat dijelaskan antara periode, setelah berhubungan seks atau setelah menopause, harus diperiksa oleh dokter, kata Dr Sharp, yang menjelaskan bahwa darah mungkin terlihat merah, coklat atau hitam.

Pendarahan seringkali dapat disebabkan oleh sesuatu yang jauh lebih serius daripada kanker, tetapi Anda harus selalu melaporkannya ke dokter, tegasnya.

5. Perubahan kulit

Ini bisa termasuk luka yang tidak kunjung sembuh, tahi lalat baru atau perubahan ukuran, bentuk atau warna tahi lalat, ditambah kerak, gatal atau pendarahan. Dr Sharp mengatakan setiap perubahan yang tidak biasa pada sepetak kulit atau kuku harus diperiksa oleh dokter.

6. Masalah pencernaan dan makan

Masalah seperti kesulitan menelan, mulas atau gangguan pencernaan atau kehilangan nafsu makan bisa menjadi tanda bahaya kanker, kata Dr Sharp.

Meskipun mungkin juga ada penjelasan sederhana, masalah menelan yang tidak kunjung sembuh mungkin merupakan tanda kanker kepala dan leher, dan gangguan pencernaan terus-menerus yang tidak dapat dijelaskan bisa menjadi tanda sejumlah kanker termasuk kanker pankreas, lambung, dan esofagus. .

Kehilangan nafsu makan juga merupakan tanda dari banyak kanker yang berbeda. Dr Sharp berkata: "Kehilangan nafsu makan dapat terjadi karena berbagai alasan - bicarakan dengan dokter Anda jika Anda menyadari bahwa Anda tidak lapar seperti biasanya dan tidak membaik."

 


7. Suara serak, batuk atau sesak napas

Gambar Ilustrasi Laki-laki batuk dan bersin
Sumber: Freepik

Sangat umum untuk memiliki suara serak jika Anda sedang flu, tetapi NHS mengatakan jika Anda serak selama lebih dari tiga minggu, Anda harus menemui dokter, karena itu kemungkinan tanda kanker tenggorokan.

Demikian pula, Dr Sharp mengatakan jika Anda mengalami batuk yang tidak dapat dijelaskan yang tidak kunjung sembuh dalam beberapa minggu atau semakin parah, itu bisa menjadi tanda kanker paru-paru.

Jika Anda mengalami sesak napas lebih dari biasanya, beri tahu dokter Anda – meskipun mungkin hanya terkait dengan infeksi atau masalah jantung atau paru-paru lainnya, itu bisa menjadi tanda kanker.

8. Ulkus/luka mulut yang persisten

Meskipun sariawan sering terjadi, terutama saat Anda kehabisan tenaga, biasanya akan sembuh dalam waktu sekitar dua minggu.

Tapi Dr Sharp mengatakan bisul atau bercak merah atau putih yang tidak sembuh setelah tiga minggu harus dilaporkan ke dokter atau dokter gigi.

9. Perubahan payudara yang tidak biasa

Bukan hanya benjolan yang bisa menjadi gejala kanker payudara – perhatikan setiap perubahan ukuran, bentuk atau rasa payudara Anda, atau perubahan kulit, kemerahan, atau nyeri pada payudara.

Dr Sharp mengatakan cairan – yang mungkin bernoda darah – bocor dari puting juga bisa menjadi tanda kanker.

 


10. Perubahan kebiasaan buang air besar dan kandung kemih

Ilustrasi buang air besar.
Ilustrasi buang air besar. Photo by Giorgio Trovato on Unsplash

Setiap perubahan kebiasaan buang air besar seperti sembelit, tinja yang lebih encer atau lebih sering buang air besar, atau masalah buang air besar, adalah tanda-tanda Anda harus menemui dokter.

Sementara gejala-gejala ini bisa menjadi tanda kanker usus atau kandung kemih, mereka bisa dengan mudah menjadi sesuatu yang jauh lebih tidak serius.

Dr Sharp berkata: "Semua gejala ini dapat disebabkan oleh kondisi selain kanker, tetapi yang terbaik adalah memeriksakannya."

11. Kembung terus-menerus

Kembung adalah gejala lain yang sangat umum dan biasanya tidak serius. Namun, sementara Dr Sharp mengatakan bahwa mengalami perut kembung atau bengkak yang datang dan pergi adalah hal yang umum, jika Anda merasa kembung hampir setiap hari, meskipun sesekali, bicarakan dengan dokter Anda.

Kembung bisa menjadi tanda beberapa jenis kanker, terutama kanker ovarium.

Infografis Serangan Jantung
Infografis serangan jantung (Source: Kementerian Kesehatan RI)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya