Vicks Bisa Digunakan untuk Menumbuhkan Rambut, Begini Caranya

Vicks dikenal dengan manfaatnya yang dapat meringankan gejala masuk angin, batuk, pilek, serta masalah penyakit lainnya. Selain itu, produk ini ternyata bisa digunakan sebagai perawatan rambut yang ampuh untuk menumbuhkan rambut.

oleh Almas Lailatul Mufida diperbarui 27 Nov 2023, 18:05 WIB
Diterbitkan 27 Nov 2023, 18:05 WIB
Obat salep mentol vicks vaporub
Ketahui 6 Kegunaan Lain dari Obat Salep Mentol (Foto: www.qpolitical.com)

Liputan6.com, Jakarta - Kamu mungkin pernah mendengar orang menyarankan Vicks sebagai salep yang harus dioleskan untuk meredakan pernapasan. Tapi pernahkah kamu mendengar tentang penggunaan Vicks untuk pertumbuhan rambut? Meskipun ide ini mungkin terdengar tidak masuk akal, inilah yang diklaim oleh hacker perawatan rambut di media sosial. Tetapi, mengingat formula ini tidak dibuat khusus untuk perawatan rambut, kamu harus sangat berhati-hati sebelum mengikuti apa yang menjadi tren di internet.

Vicks memiliki banyak bahan ampuh untuk mendinginkan dan menenangkan kulit, yang juga memiliki sejumlah sifat antiseptik, antimikroba, dan anti-inflamasi. Oleh karena itu, bahan-bahan ini mungkin menunjukkan dampak positif tertentu pada kesehatan rambut.

Vicks VapoRub adalah salep topikal yang dijual bebas dan biasanya digunakan untuk meredakan gejala batuk, hidung tersumbat, sakit tenggorokan, dan nyeri otot ringan. Obat ini sering dioleskan pada area dada dan tenggorokan, yang memiliki bahan aktif seperti kapur barus, mentol, dan minyak kayu putih. Bahan-bahan ini dikenal karena khasiatnya yang menenangkan dan meredakan gejala yang berhubungan dengan masalah pernapasan.

Dapatkah Vicks VapoRub Menumbuhkan Rambut?

Vicks adalah salep mentol yang digunakan secara topikal terutama untuk dekongesti atau meredakan nyeri otot – dibuat agar ramah kulit untuk dapat dioleskan pada dada, leher, hidung, dan pelipis. Namun, menurut banyak vlogger, komponen seperti gel ini terkadang dapat digunakan untuk meningkatkan pertumbuhan rambut yang sehat dan menjaga kesehatan kulit kepala.

Ini karena bahan-bahan penting tertentu di Vicks seperti minyak kayu putih, kapur barus, mentol, dan minyak esensial lainnya membantu meningkatkan aliran darah, mengandung efek antimikroba, dan meredakan peradangan. Tindakan ini memiliki efek menguntungkan pada rambut dan merawat rambut dengan Vapor rub berpotensi membuatnya terlihat lebih tebal dan mengatasi masalah seperti ketombe.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Bahan Aktif Vicks yang Dapat Menumbuhkan Rambut

Menguatkan Rambut dan Menyehatkan Kulit Kepala
Ilustrasi Rambut Sehat Terawat Credit: pexels.com/Pingo

Meskipun tidak ada penelitian langsung yang dilakukan terhadap produk itu sendiri, ada penelitian tertentu yang dilakukan terhadap bahan-bahan yang menunjukkan dapat memberi efek baik terhadap rambut. Bahan aktif yang terdapat dalam Vicks sendiri sebagai berikut.

Kamper: Vicks mengandung kamper terutama karena sifatnya yang menenangkan dan mendinginkan dapat membantu meredakan hidung tersumbat. Namun, setelah diteliti penggunaannya dalam kosmetik, diketahui mengandung sifat anti bakteri dan anti jamur yang membantu mengurangi ketombe, gatal, infeksi bakteri, dan rambut rontok.

Menthol: Umumnya digunakan untuk pendinginan kulit akibat peningkatan sensitivitas reseptor dingin, juga memiliki sifat anti-inflamasi, antimikroba, dan antijamur. Kandungan utamanya, mentol, dapat meningkatkan sirkulasi darah dan memfasilitasi pertumbuhan rambut lebih cepat, terutama pada tahap awal anagen. Sebuah studi pada tikus menunjukkan potensi minyak peppermint dalam menginduksi vasodilatasi, memberikan implikasi positif pada pertumbuhan rambut.

Minyak Kayu Putih: Minyak kayu putih, dalam bentuknya yang paling murni, merupakan bahan utama lain dalam Vicks yang dikenal dengan sifat anti-inflamasi, antiseptik, antibakteri, antijamur, dan anti-alergi. Sifat-sifat ini mungkin bertanggung jawab untuk menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala dengan melawan infeksi jamur, ketombe, kulit kepala gatal, dll.


Cara Mengaplikasikan Vicks pada Rambut

Perawatan Rambut.
Ilustrasi perempuan merawat rambut. (Foto: Shutterstock)

Ada 3 cara yang dapat kamu lakukan untuk mengaplikasikan Vicks pada rambut agar mendapat hasil positif:

Cara 1: Oleskan Vicks langsung ke akar rambut, pijat, diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan sampo.

Cara 2: Campurkan Vicks dengan minyak jintan hitam, pijat pada kulit kepala, diamkan selama 15 menit, lalu cuci rambut dan kulit kepala.

Cara 3: Campurkan Vicks dengan kondisioner, oleskan pada kulit kepala, biarkan selama 10-15 menit, dan cuci rambut dengan sampo.

Penting diingat bahwa jika kamu mengalami iritasi kulit atau mata, segera bilas. Jika gejala memburuk, segera konsultasikan dengan ahli kesehatan untuk mencegah masalah yang serius.

Infografis Kunjungan Jokowi ke AS, Bawa Misi Perdamaian Hamas-Israel? (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Infografis Kunjungan Jokowi ke AS, Bawa Misi Perdamaian Hamas-Israel? (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya