10 Hewan Liar Paling Ramah dan Bersahabat di Dunia

Sebagai makhluk hidup, manusia hidup berdampingan dengan berbagai jenis hewan. Berikut adalah daftar 10 hewan liar paling bersahabat di dunia, yuk simak!

oleh Linda Dwi Nofiani diperbarui 06 Jun 2024, 22:45 WIB
Diterbitkan 06 Jun 2024, 22:45 WIB
9 Foto Ini Tunjukan Kalau Anjing Sahabat Anak-Anak
Hewan pun bisa menjadi sahabat terbaik bagi manusia.

Liputan6.com, Jakarta Di tengah kehidupan alam liar, ternyata ada beberapa hewan yang menunjukkan sifat ramah dan bersahabat. Keberadaan hewan tersebut memberikan bukti bahwa tidak semua hewan liar harus ditakuti atau dihindari. 

Dalam interaksinya dengan manusia maupun sesama spesiesnya, hewan-hewan ini menunjukkan perilaku yang mengejutkan dalam hal keramahan dan keinginan untuk berinteraksi. 

Mengenal hewan-hewan yang bersahabat secara lebih dekat dapat membantu manusia menghargai keanekaragaman hewan liar, serta dapat memahami bahwa sifat jinak dan bersahabat bisa ditemukan di tempat-tempat yang tak terduga.

Untuk mengenal lebih dalam hewan apa saja yang paling bersahabat, simak artikel di bawah ini yang telah dirangkum dari berbagai sumber pada Kamis (06/06/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Kapibara Hewan Liar Paling Ramah

Puluhan Binatang Kapibara Muncul di Perumahan Elit Argentina
Sejumlah hewan kapibara berkumpul saat memakan rumput di pinggir jalan perumahan elit dan eksklusif Nordelta di Tigre, Buenos Aires, Argentina, Kamis (26/8/2021). (AFP/Magali Cervantes)

Salah satu dari sedikit hal di dunia ini yang disetujui semua orang adalah bahwa kapibara adalah hewan liar paling ramah di Bumi. Hewan pengerat liar raksasa ini memiliki panjang sekitar empat kaki, dan rata-rata kapibara memiliki berat sekitar 150 pon.

Kapibara sangat akrab dengan kucing, burung, buaya, unta, manusia, dan segala sesuatu di antaranya. Meskipun berukuran besar, hewan pengerat ini sangat ramah dan merespons kontak manusia dengan baik.

Memiliki sifat tenang dan penuh kasih sayang, kapibara membantu hewan-hewan liar dan kerdil dengan secara teratur berfungsi sebagai transportasi umum untuk burung dan monyet.

Kapibara adalah hewan yang sangat sosial dan menjadi tertekan jika mereka tidak memiliki teman. Kapibara juga membutuhkan banyak ruang untuk menjelajah, seperti kolam atau danau besar untuk diarungi kapanpun mereka mau.


2. Anjing Hewan Peliharaan Paling Ramah

Ilustrasi Anjing Peliharaan. (Chiemsee2016/Pixabay)
Ilustrasi Anjing Peliharaan. (Chiemsee2016/Pixabay)

Frederick Agung dari Rusia adalah orang pertama yang menyebut anjing sebagai “sahabat manusia”. Ogden Nash kemudian mempopulerkan ungkapan tersebut dalam sebuah puisi, dan miliaran orang telah membuktikannya dari generasi ke generasi. Anjing memang salah satu hewan terbaik bagi manusia.

Setia dan peka terhadap emosi manusia, anjing telah bergaul dengan manusia sepanjang sejarah. Anjing adalah salah satu spesies pertama yang didomestikasi oleh homo sapiens dan masih memainkan peran penting dalam kehidupan publik dan pribadi manusia. Anjing dapat memeluk manusia ketika tahu manusia membutuhkan teman. Bagi banyak orang, anjing mereka adalah bagian dari keluarga mereka.


3. Kucing Rumah Menjadi Kucing Paling Ramah

Ilustrasi kucing
Ilustrasi kucing. Photo by Freepik

Kucing bisa saja cenderung tidak tertarik dan tidak selalu siap memainkan suatu barang. Namun banyak juga spesies kucing yang penyayang dan penuh kepribadian, salah satunya adalah kucing yang biasa dipelihara di rumah.

Kucing sangat cerdas dan sangat teliti dalam kebersihan. Jika menginginkan kucing yang cenderung lebih bersahabat, carilah Maine coon atau kucing tabby orange biasanya juga memiliki sifat penuh kasih sayang.


4. Lumba-lumba Hewan Laut Paling Ramah

Ilustrasi lumba-lumba. (fotor)
Ilustrasi lumba-lumba. (fotor)

Para ilmuwan menyebut lumba-lumba sebagai penghuni laut yang paling ramah. Lumba-lumba yang lucu juga termasuk spesies paling cerdas. Lumba-lumba biasanya bepergian dalam kelompok besar dan sering mengejar perahu atau kapal. 

Empat puluh spesies lumba-lumba masih tersebar di lautan dunia, namun beberapa di antaranya, termasuk lumba-lumba Amazon, Yangtze, dan sungai Gangga, berada di ambang kepunahan.

Manusia sudah lama mengagumi lumba-lumba. Dalam mitos Yunani, lumba-lumba sering membantu manusia dan dianggap sebagai pertanda keberuntungan. Saat ini, lumba-lumba yang terlatih juga sangat membantu militer, tempat dimana militer bekerja sebagai penyelam.


5. Bearded Dragon Hewan Reptil Paling Ramah

[Bintang] 7 Kadal kece yang cocok kamu pelihara
Bearded Dragon | Via: istimewa

Semua hewan reptil mempunyai kepribadian masing-masing. Menurut para ilmuwan, naga berjanggut cenderung menjadi spesies reptil yang paling ramah.

Meskipun kadal tidak selalu cocok dengan anggota spesiesnya, hewan ini bisa bersahabat dengan manusia. Bearded dragon senang dipegang oleh manusia, dan terkadang mereka menghabiskan beberapa jam hanya duduk di bahu pemiliknya.

Bearded dragon memakan berbagai hal seperti sayuran, daun, buah, bunga, dan beberapa daging serta serangga. Mereka diketahui memangsa hewan pengerat kecil dan bahkan melakukan kanibalisasi beberapa spesies kadal yang lebih kecil.


6. Kelinci

Arti Mimpi Membeli Kelinci yang Penuh Makna
Ilustrasi Mimpi Kelinci Credit: pexels.com/smooth

Dengan telinganya yang besar dan wajahnya yang imut, kelinci dengan mudah masuk dalam daftar hewan paling ramah di dunia. Herbivora yang menggemaskan ini sangat akrab dengan manusia, dapat dilatih menggunakan berbagai mainan, dan melompat-lompat ketika nama mereka dipanggil.

Manusia mulai memelihara kelinci sebagai hewan peliharaan pada tahun 1800-an, dan popularitas kelinci semakin meningkat sejak saat itu. Seperti kucing, kelinci sangat memperhatikan ruangannya dan suka menjaga kebersihan.


7. Kuda Hewan Tunggangan Paling Ramah

Kuda - Vania
Ilustrasi Kuda/https://unsplash.com/Fabian Burghardt

Setia dan emosional, kuda dan manusia memiliki sejarah persahabatan yang panjang. Diperkirakan sekitar 4000 SM, kuda tetap menjadi hewan yang berharga dalam masyarakat modern.

Hingga saat ini, banyak orang yang menggunakan kuda sebagai alat transportasi atau bahkan berkompetisi dalam kompetisi berkuda untuk memamerkan kepiawaian berlarinya. 

Kuda bisa tidur sambil berdiri atau berbaring, dan kuda minum sekitar 25 galon air sehari. Sekitar 300 spesies kuda tersebar di seluruh dunia, 18 di antaranya terancam punah atau rentan.


8. Domba Hewan Ternak Paling Ramah

Ilustrasi domba
Ilustrasi domba (Wikipedia)

Domba adalah hewan berbulu dan menggemaskan. Domba memiliki sifat sangat ramah dan tidak keberatan sedikit pun jika bersahabat dengan manusia.

Karena kepribadiannya yang lemah lembut dan patuh, domba juga merupakan salah satu pilihan utama untuk dipelihara di kebun binatang, karena senang menerima kasih sayang dari anak-anak dan orang dewasa. 


9. Angsa Menjadi Burung Paling Ramah

Ilustrasi angsa (iStock)
Ilustrasi angsa (iStock)

Angsa mungkin mempunyai dikenal sebagai burung yang suka terjebak, tetapi mereka adalah salah satu burung yang paling ramah. Namun, angsa sangat melindungi bayinya, sehingga disarankan untuk berhati-hati ketika ada di sekitarnya.

Burung berleher panjang yang luar biasa ini kawin seumur hidup. Namun, sekitar tiga persen akan kawin lagi, biasanya karena kegagalan dalam membangun sarang.


10. Llama Hewan Paling Bersahabat

Kawanan hewan llama sedang berkumpul.
Kawanan hewan llama sedang berkumpul (Wildercr/Pixabay).

Masih menjadi saudara dekat unta, llama memiliki kepribadian sangat ingin tahu, cerdas, bersih, dan ramah. Dalam beberapa tahun terakhir, para penjaga hewan mulai membawa llama ke rumah sakit dan panti jompo sebagai hewan terapi. Llama yang menawan senang berada di dekat warga dan sebaliknya.

Jika mempertimbangkan untuk memelihara llama, pastikan memiliki cukup ruang dan pelihara setidaknya dua, agar mereka dapat menikmati kebersamaan.


Hewan Apa yang Paling Setia di Dunia?

Angsa dikenal sebagai hewan yang sangat setia, hanya kawin satu kali seumur hidup. Angsa jantan dan betina bekerja sama membesarkan anak-anak mereka sebagai sebuah keluarga.


Binatang Paling Cerdik Apa?

Berada di posisi teratas dan dianugerahi gelar sebagai hewan paling cerdas, orangutan memiliki kecerdasan yang luar biasa. Hewan ini mampu menggunakan alat, mempelajari bahasa isyarat, dan memiliki struktur sosial yang kompleks mirip dengan manusia yang hidup dalam masyarakat.


Hewan Apa yang Paling Kesepian?

Paus 52 menjadi salah satu hewan yang sering merasa kesepian karena suaranya tidak dapat didengar oleh hewan laut lainnya. Sementara paus lain biasanya mengeluarkan suara dengan frekuensi antara 12 hingga 25 Hertz.


Hewan Apakah yang Paling Pintar di Dunia?

Di antara beragam hewan yang ada, orangutan dan simpanse dikenal sebagai makhluk yang paling cerdas. Seringkali, keberagaman kecerdasan alami hewan diabaikan oleh manusia yang cenderung meremehkan kemampuan mereka.


Hewan Apa yang Paling Tenang?

Salah satu hewan yang paling santai di bumi ini, domba, dikenal sebagai salah satu makhluk yang paling lembut, tidak pernah menunjukkan kekerasan, dan hidup dalam kedamaian.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya