Mengenal MDX Coin, Kripto Milik Protokol Perdagangan Terdesentralisasi MDEX

MDEX adalah protokol perdagangan terdesentralisasi baru yang diluncurkan pada Januari 2021.

oleh Gagas Yoga Pratomo diperbarui 09 Nov 2022, 16:38 WIB
Diterbitkan 09 Nov 2022, 16:38 WIB
Ilustrasi aset kripto, mata uang kripto, Bitcoin, Ethereum, Ripple
Ilustrasi aset kripto, mata uang kripto, Bitcoin, Ethereum, Ripple. Kredit: WorldSpectrum via Pixabay

Liputan6.com, Jakarta MDEX adalah protokol perdagangan terdesentralisasi baru yang diluncurkan pada Januari 2021. MDEX merupakan protokol pertukaran terdesentralisasi pembuatan pasar otomatis (AMM) yang beroperasi pada konsep kumpulan dana,

Dilansir dari Coinmarketcap, Rabu (9/11/2022), konsepnya hampir sama dengan Decentralized Exchange (DEX) atau pertukaran terdesentralisasi, tetapi membedakan dirinya dengan menggunakan model rantai ganda seperti pada jaringan Ethereum dan Ekologi Huobi Chain (HECO), yang memberikan akses ke likuiditas ekosistem Ethereum.

MDEX dibangun di atas HECO, yang membuat perkiraan biaya untuk pertukaran token sebesar USD 0,001 untuk setiap transaksi perdagangan, dengan kecepatan transaksi tiga detik. Sama seperti proyek berbasis blockchain lainnya, MDEX memiliki token kripto utilitasnya sendiri yang bernama MDX Coin.

MDX Coin digunakan dalam platform MDEX untuk berbagai fitur seperti tata kelola, perdagangan, hingga pemungutan suara.

Apa yang Membuat Mdex Unik?

Sebagian besar proyek DeFi hidup di jaringan Ethereum sebagai aset ERC-20, tetapi menghadapi masalah dengan biaya gas yang mahal dan kecepatan transaksi yang lambat selama transisi ke Ethereum 2.0. 

Sebagian besar protokol yang baru dikembangkan sangat mempertimbangkan faktor skalabilitas dalam pilihan jaringan blockchain mereka jika mereka menginginkan tingkat adopsi yang cepat. 

Uniswap setidaknya memiliki keuntungan penggerak awal, karena diluncurkan sebelum jaringan Ethereum menjadi sangat padat dan beberapa mengatakan Uniswap sendiri adalah salah satu alasan utama kemacetan jaringan.

Namun, mayoritas pasar Uniswap dapat berubah sangat cepat jika kedua solusi lapisan tidak diluncurkan tepat waktu dan memberikan hasil yang diharapkan.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya