Kripto Asli FTX Anjlok ke Rp 14.457, Pertama Kali Sejak Kebangkrutan

Volume perdagangan FTT juga telah berkurang banyak sejak keruntuhan FTX.

oleh Gagas Yoga Pratomo diperbarui 21 Des 2022, 16:31 WIB
Diterbitkan 21 Des 2022, 16:31 WIB
Ilustrasi Mata Uang Kripto, Mata Uang Digital.
Ilustrasi Mata Uang Kripto, Mata Uang Digital. Kredit: WorldSpectrum from Pixabay

Liputan6.com, Jakarta - Token asli pertukaran kripto FTX yang bangkrut, FTT Coin kembali turun di bawah garis dukungan di level USD 1,00 pada Senin, 19 Desember 2022. Data Coinmarketcap menunjukkan FTT Coin kini diperdagangkan di kisaran USD 0,9288 (Rp 14.457) per koin.

Dilansir dari Bitcoin.com, Rabu (21/12/2022), ini kali pertama FTT Coin turun di bawah USD 1,00 sejak kasus kebangkrutan FTX.

Sebelumnya FTT turun dari USD 25,78 per koin pada 5 November 2022, menjadi sekitar USD 1,59 per unit pada 14 November, tiga hari setelah FTX mengajukan perlindungan kebangkrutan.

FTT diperdagangkan di kisaran USD 1,92 per koin pada 15 November, dan tidak kenaikan harga setelah titik itu. Selama 38 hari berturut-turut sejak 12 November, FTT telah berada di bawah USD 2,00 dan di atas kisaran USD 1,00, serta menyentuh level tertinggi USD 1,88 per koin pada 9 Desember. 

Situs agregasi kapitalisasi pasar koin seperti coingecko tidak memberi peringkat kapitalisasi aset kripto di antara ribuan aset kripto lainnya yang terdaftar. Diasumsikan ada total pasokan 328.895.112 token FTT hari ini dan selama 24 jam terakhir, FTT telah melihat volume perdagangan global sebesar USD 7,26 juta.

Volume perdagangan FTT telah berkurang banyak sejak keruntuhan FTX dan hari ini perdagangan FTT paling aktif terjadi di Binance, Kucoin, dan Sushiswap. Sementara FTT telah menembus di bawah dukungan USD 1, aset kripto tetap terkonsolidasi tepat di bawah wilayah itu dengan harga antara USD 0,89 hingga USD 0,98 per unit.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.


Harga Kripto Rabu Pagi 21 Desember 2022

Ilustrasi Bitcoin. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat
Ilustrasi Bitcoin. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Sebelumnya, harga bitcoin dan kripto teratas lainnya terpantau alami pergerakan yang seragam pada perdagangan Rabu (21/12/2022). Mayoritas kripto jajaran teratas terpantau kembali bertengger di zona hijau.

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, Rabu, 21 Desember 2022 pagi, kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar, Bitcoin (BTC) kembali menguat 2,78 persen dalam 24 jam terakhir, tetapi masih melemah 4,79 persen sepekan.

Saat ini, harga bitcoin berada di level USD 16.883 per koin atau setara Rp 262.8 juta (asumsi kurs Rp 15.566 per dolar AS). 

Ethereum (ETH) turut menguat pagi ini. ETH naik 4,63 persen dalam sehari terakhir, tetapi masih ambles 7,72 persen dalam sepekan. Dengan begitu, saat ini ETH berada di level USD 1.215 per koin. 

Kripto selanjutnya, Binance coin (BNB) kembali menghijau. Dalam 24 jam terakhir BNB menguat 4,69 persen, tetapi masih melemah 7,48 persen sepekan. Hal itu membuat BNB dibanderol dengan harga USD 252,10 per koin. 

Kemudian Cardano, kembali bertengger di zona hijau. Dalam satu hari terakhir ADA naik 2,81 persen, tetapi masih merosot 16,81 persen sepekan. Dengan begitu, ADA berada pada level USD 0,2588 per koin.

 


Harga Kripto Lainnya

Ilustrasi Bitcoin. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat
Ilustrasi Bitcoin. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Adapun Solana (SOL) kembali menguat dengan kenaikan selama satu hari terakhir sebesar 4,40 persen, Namun SOL masih melemah 10,95 persen sepekan. Saat ini, harga SOL berada di level USD 12,28 per koin.

Sedangkan XRP berhasil melesat. XRP tumbuh 4,29 persen dalam 24 jam terakhir, tetapi masih melemah 10,56 persen sepekan. Dengan begitu, XRP kini dibanderol seharga USD 0,3525 per koin. 

Koin Meme Dogecoin (DOGE) pada pagi ini kembali pulih. Dalam satu hari terakhir DOGE naik 4,97 persen, tetapi masih terkoreksi 17,82 persen sepekan. Ini membuat DOGE diperdagangkan di level USD 0,07461 per token.

Stablecoin Tether (USDT) dan USD coin (USDC), pada hari ini sama-sama menguat 0,01 persen. Hal tersebut membuat harga keduanya masih bertahan di level USD 1,00

Sedangkan Binance USD (BUSD) menguat 0,01 persen dalam 24 jam terakhir, membuat harganya masih berada di level USD 1,00.

Adapun untuk keseluruhan kapitalisasi pasar kripto alami penguatan dalam 24 jam ke level USD 813,4 miliar dari sebelumnya di level USD 790,2 miliar.


Terkuak, Manajemen Buruk Jadi Penyebab Kebangkrutan FTX

Ilustrasi bitcoin (Foto: Vadim Artyukhin/Unsplash)
Ilustrasi bitcoin (Foto: Vadim Artyukhin/Unsplash)

Sebelumnya, CEO baru FTX, John Jay Ray III  mengatakan kepada anggota parlemen Amerika Serikat (AS), praktik manajemen yang buruk dan pemimpin yang tidak berpengalaman menyebabkan kebangkrutan FTX. 

Hal itu diungkapkan Ray pada Selasa, 13 Desember 2022, tak lama setelah regulator AS menuduh pendiri FTX, Sam Bankman-Fried (SBF) menipu investor. 

"Kehancuran grup FTX tampaknya berasal dari konsentrasi kendali mutlak di tangan sekelompok kecil individu yang sangat tidak berpengalaman dan tidak canggih," kata John Ray, dikutip dari Channel News Asia, Sabtu (17/12/2022). 

Ray juga mengatakan hampir tidak ada perbedaan antara operasional FTX dan Alameda Research, firma perdagangan kripto Bankman-Fried, yang mempertahankan hubungan dekat dengan pertukarannya.

"Saya belum pernah melihat kurangnya pencatatan sama sekali, sama sekali tidak ada kontrol internal apa pun," kata Ray kepada Komite Layanan Keuangan DPR AS.

Ray terkejut mengetahui FTX menggunakan Quickbooks, perangkat lunak yang ditujukan untuk bisnis kecil dan menengah  untuk akuntansi dan menyetujui faktur melalui pesan Slack.

 

 


Selanjutnya

Bitcoin - Image by Benjamin Nelan from Pixabay
Bitcoin - Image by Benjamin Nelan from Pixabay

Ditanya mengapa dia bersaksi dia tidak percaya laporan keuangan yang diaudit dapat diandalkan, Ray berkata, telah kehilangan USD 8 miliar uang pelanggan. Jadi menurut definisinya dia tidak mempercayai selembar kertas pun di FTX.

"Diperlukan waktu berminggu-minggu, mungkin berbulan-bulan, untuk mengamankan semua aset grup. Pada akhirnya, kami tidak akan dapat memulihkan semua kerugian di sini,” kata Ray, mengingatkan ini akan menjadi proses yang panjang.

Bankman-Fried ditangkap Senin malam di Bahama dan muncul di hadapan hakim pada Selasa. Jaksa federal AS pada Selasa menuduh dia melakukan penipuan dan melanggar undang-undang dana kampanye. Mantan CEO bursa juga menghadapi biaya tambahan oleh regulator AS.

Kejaksaan Agung Bahama memperkirakan Sam Bankman-Fried akan diekstradisi ke Amerika Serikat.

Selama sidang pada Selasa, Bankman-Fried mengindikasikan kepada hakim di Bahama bahwa dia akan melawan ekstradisi, menurut seorang saksi Reuters.

Ray mengatakan FTX akan bekerja sama dalam menyerahkan informasi kepada pihak berwenang dan bahwa dia telah membagikan beberapa temuan penyelidikan internalnya atas keruntuhan perusahaan dengan Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) dan jaksa federal.

INFOGRAFIS: 10 Mata Uang Kripto dengan Valuasi Terbesar (Liputan6.com / Abdillah)
INFOGRAFIS: 10 Mata Uang Kripto dengan Valuasi Terbesar (Liputan6.com / Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya