Pertukaran Kripto Luno Bakal Hentikan Operasi Sementara di Inggris

Perubahan ini akan mulai berlaku pada 6 Oktober 2023, dua hari sebelum aturan baru di Inggris.

oleh Gagas Yoga Pratomo diperbarui 12 Sep 2023, 16:14 WIB
Diterbitkan 12 Sep 2023, 16:12 WIB
Pertukaran Kripto Luno Bakal Hentikan Operasi Sementara di Inggris
Pertukaran kripto Luno berencana untuk menghentikan beberapa klien Inggris berinvestasi di kripto. (Foto: Freepik/Frimufilms)

Liputan6.com, Jakarta - Pertukaran kripto Luno berencana untuk menghentikan beberapa klien Inggris berinvestasi di kripto. Hal tersebut disampaikan langsung oleh  kepala kebijakan publik Luno, Nick Taylor dalam sebuah pernyataan. 

Perubahan ini akan mulai berlaku pada 6 Oktober 2023, dua hari sebelum aturan promosi kripto baru di Inggris mulai berlaku. Luno merupakan anak perusahaan dari Digital Currency Group.

“FCA telah menerapkan aturan baru untuk perusahaan kripto. Akibatnya, semua perusahaan kripto yang patuh dengan pelanggan Inggris membuat sejumlah perubahan pada platform mereka untuk mematuhi peraturan baru,” kata Taylor dikutip dari CoinDesk, Selasa (12/9/2023).

Taylor menambahkan, bagi Luno, ini termasuk menghentikan sementara kemampuan berinvestasi melalui platform untuk beberapa pelanggan. Sebuah email yang ditunjukkan ke CoinDesk dari klien Luno mengatakan mereka tidak akan dapat membeli atau memperdagangkan kripto mulai 6 Oktober.

Aturan Promosi Kripto Baru di Inggris

Aturan promosi baru Otoritas Perilaku Keuangan Inggris akan memperlakukan kripto seperti investasi pasar massal yang dibatasi dan mengharuskan iklan atau promosi apapun memuat peringatan yang jelas dan insentif larangan. 

Meskipun peraturan baru ini akan mulai berlaku pada tanggal 8 Oktober, perusahaan sekarang dapat mengajukan permohonan tambahan waktu tiga bulan untuk menerapkan peraturan tersebut.

Luno bukan satu-satunya yang menghentikan sementara sebagian bisnisnya di Inggris. Menanggapi aturan tersebut, PayPal juga mengatakan akan menghentikan pembelian kripto pada Oktober hingga 2024.

Taylor mengatakan, pelanggan Luno yang terkena dampak masih dapat menjual dan menarik dananya.

“Kami mengambil pendekatan bertahap untuk memperkenalkan kembali peluang investasi kepada nasabah kami,” pingkasnya.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pertukaran Kripto Luno Umumkan Pergantian Kepemimpinan di Asia Pasifik

Luno
Luno menambahkan opsi investasi aset kripto dengan meluncurkan LINK dan UNI di Platform-nya

Sebelumnya, Luno, aplikasi investasi kripto global telah mengumumkan pergantian kepemimpinan di wilayah Asia Pasifik.

David Low akan rehat dari jabatannya sebagai General Manager Luno Asia Pasifik per 15 Mei 2023. Posisi tersebut telah ia jabat sejak Agustus 2018. David pertama kali bergabung di Luno Malaysia sebagai Country Manager pada awal 2018.

Aaron Tang akan melanjutkan peran sebagai General Manager Luno Asia Pasifik per 15 Mei 2023, setelah menjabat sebagai Country Manager Luno Malaysia sejak Agustus 2019. Aaron bergabung di Luno Malaysia sebagai Marketing and Community Lead pada tahun 2018.

David adalah seorang pelopor di dunia aset digital Malaysia, dan telah memegang peranan penting dalam meningkatkan kepercayaan dan aturan di industri aset digital sejak Maret 2018. 

Regulasi aset kripto kemudian mulai diperkenalkan oleh pemerintah Malaysia pada bulan Januari 2019, dengan Securities Commission (SC) Malaysia sebagai badan pengawas industri kripto. 

David juga telah memimpin ekspansi regional dari Malaysia dengan mendapatkan persetujuan regulasi serta meluncurkan bisnis Luno di berbagai pasar Asia Pasifik termasuk Indonesia.

“Merupakan suatu kehormatan bagi saya untuk mendapatkan kesempatan memimpin bisnis Luno di Asia Pasifik. Setelah 5 tahun, saya memutuskan untuk rehat dari dunia karir dan menyerahkan tanggung jawab selanjutnya kepada Aaron Tang,” kata David, dalam siaran pers, dikutip Rabu (3/5/2023).

David menambahkan, Aaron telah menjadi bagian yang penting dari tim Luno Malaysia. Dan menantikan perannya dalam memajukan pertumbuhan dan perkembangan industri aset digital melalui wawasan regionalnya yang luas.

Sebagai bagian dari tim awal di Malaysia, Aaron telah bekerja sama dengan David dalam membangun kehadiran lokal Luno, dan dalam memimpin serta mendapatkan persetujuan regulasi untuk Luno Malaysia dari Securities Commission (SC) Malaysia. 

Ia juga telah mengembangan tim lokal menjadi lebih dari 60 orang, dengan lebih dari 800.000 warga Malaysia yang telah terdaftar di platform Luno.

 


Tugas General Manager Luno Asia Pasifik

Platform perdagangan kripto Luno (Dok: Luno)
Platform perdagangan kripto Luno (Dok: Luno)

Sebagai General Manager Luno Asia Pasifik, Aaron akan dipercaya untuk memberikan gambaran luas strategis dari operasi pasar Luno dalam tingkatan regional, sekaligus mengembangkan bisnis Luno di pasar-pasar utama di seluruh wilayah Asia Pasifik termasuk Indonesia. 

Aaron memiliki visi untuk menghubungkan dunia keuangan tradisional dengan dunia aset digital dengan cara yang aman dan teregulasi.

“Sebagai seorang yang selalu meyakini potensi aset digital untuk memberdayakan masyarakat dalam perjalanan keuangan mereka, merupakan suatu pengalaman yang menginspirasi bagi saya untuk melayani warga Malaysia sejak tahun 2018,” ujar Aaron.

Aaron menambahkan, kesempatan ini dirinya akan mengembangkan bisnis Luno di tingkat regional, mulai dari membangun hubungan yang lebih dekat dengan para stakeholder di industri hingga memajukan upaya kesadaran bagi para investor di seluruh pasar Asia Pasifik.

 

Infografis Bank Dunia Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Global Bakal Terjun Bebas. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Bank Dunia Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Global Bakal Terjun Bebas. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya