Hasil Studi: Bitcoin dan Saham Nvidia Jadi Aset dengan Kinerja Teratas Sepanjang 2023

Dengan nilainya yang terus meningkat, Bitcoin akan berakhir pada 2023 sebagai salah satu aset dengan kinerja terbaik.

oleh Gagas Yoga Pratomo diperbarui 28 Des 2023, 13:37 WIB
Diterbitkan 28 Des 2023, 13:37 WIB
Hasil Studi: Bitcoin dan Saham Nvidia Jadi Aset dengan Kinerja Teratas Sepanjang 2023
Ilustrasi Bitcoin (Ist)

Liputan6.com, Jakarta - Hasil studi baru dari perusahaan konsultan Kaiko Research menunjukkan Bitcoin dan saham perusahaan Nvidia jadi aset dengan kinerja teratas pada 2023. Dengan nilainya yang terus meningkat, Bitcoin akan berakhir pada 2023 sebagai salah satu aset dengan kinerja terbaik.

Bitcoin, memulai perdagangan tahun ini dengan harga di bawah USD 17.000 atau setara Rp 262,2 juta (asumsi kurs Rp 15.425 per dolar AS), baru-baru ini melampaui angka USD 44.000 atau setara Rp 678,6 juta dan sekarang akan mengakhiri 2023 sebagai salah satu aset dengan kinerja terbaik. 

Pada 30 November, bitcoin telah naik 160% secara keseluruhan. Hanya saham teknologi raksasa semikonduktor Nvidia yang mengungguli bitcoin (BTC) dengan keuntungan lebih dari 240% pada 24 Desember.

“BTC tampaknya terhenti antara Maret dan Oktober. Selain itu, volumenya selama periode tersebut tidak menunjukkan pergerakan yang akan membuatnya diperdagangkan di atas USD 44.000 untuk pertama kalinya dalam hampir dua tahun,” isi laporan Kaiko, dikutip dari Bitcoin.com, Kamis (28/12/2023).

Faktor Blackrock

Pada kuartal terakhir tahun ini, momen-momen penting seperti pengumuman dana yang diperdagangkan di bursa bitcoin (ETF) Blackrock memicu pergerakan aset kripto yang luar biasa.

Menurut analisis perusahaan konsultan, aset kripto teratas memiliki salah satu Rasio Sharpe terbaik dari semua aset utama tahun ini. Perusahaan konsultan juga mencatat Nvidia, yang sahamnya meningkat lebih dari dua kali lipat antara Januari dan Mei, memiliki Rasio Sharpe terbaik pada 2023.

Sementara itu, saham Microstrategy Michael Saylor, yang naik lebih dari 300%, terdaftar sebagai aset dengan kinerja terbaik ketiga pada 2023. Pertukaran kripto AS teratas Coinbase (COIN) berada di peringkat kelima aset dengan kinerja terbaik, sedangkan aset kripto terbesar kedua ETH berada di peringkat ketujuh.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


El Salvador Setujui UU Percepatan Kewarganegaraan dengan Donasi Bitcoin

Ilustrasi bitcoin (Foto: Visual Stories/Unsplash)
Ilustrasi bitcoin (Foto: Visual Stories/Unsplash)

Sebelumnya diberitakan, Kongres El Salvador dilaporkan telah menyetujui undang-undang migrasi baru yang akan memberikan percepatan kewarganegaraan kepada orang asing yang memberikan sumbangan Bitcoin (BTC) untuk program pembangunan sosial dan ekonomi pemerintah. 

Dilansir dari Yahoo Finance, Selasa (26/12/2023), reformasi tersebut disahkan oleh badan legislatif negara tersebut pada 21 Desember dengan dukungan dari partai Ide Baru Presiden Nayib Bukele, menurut laporan Reuters. Undang-undang tersebut diperkirakan akan mulai berlaku dalam beberapa hari mendatang.

Bukele, yang mengundurkan diri sementara sebagai presiden untuk berkampanye untuk pemilihan presiden mendatang pada tanggal 4 Februari 2024, mempelopori revolusi Bitcoin di El Salvador ketika ia membuat alat pembayaran mata uang kripto yang sah pada September 2021.

Meskipun pemerintah El Salvador belum membuat pengumuman resmi mengenai undang-undang baru tersebut, Kantor Bitcoin Nasional (ONBTC) telah mengumumkan undang-undang baru tersebut, menyebutnya sebagai program kewarganegaraan melalui donasi Bitcoin pertama di dunia. 

ONBTC adalah unit administratif khusus yang mengelola semua proyek Bitcoin dan mata uang kripto di seluruh El Salvador. 

Menurut RUU tersebut, orang asing altruistik yang tertarik untuk mendukung pembangunan ekonomi, sosial, dan budaya El Salvador dengan menyumbangkan bitcoin mungkin memenuhi syarat untuk mendapatkan kewarganegaraan yang dipercepat.

Perkembangan ini terjadi sekitar dua minggu setelah El Salvador meluncurkan “Visa Kebebasan” Bitcoin bagi orang asing yang ingin menginvestasikan USD 1 juta atau setara Rp 15,4 miliar (asumsi kurs Rp 15.467 per dolar AS) dalam BTC atau Tether (USDT) ke negara Amerika Tengah. 

Obligasi Bitcoin yang sangat dinanti-nantikan di negara ini, juga dikenal sebagai "Obligasi Gunung Berapi", juga baru-baru ini menerima persetujuan peraturan dan dijadwalkan untuk diluncurkan pada kuartal pertama 2024.

 


Argentina Legalkan Bitcoin Untuk Penyelesaian Kontrak

Ilustrasi bitcoin (Foto: Vadim Artyukhin/Unsplash)
Ilustrasi bitcoin (Foto: Vadim Artyukhin/Unsplash)

Sebelumnya diberitakan, Argentina telah secara resmi menyetujui penggunaan Bitcoin untuk perjanjian kontrak. Keputusan ini, diumumkan oleh Menteri Hubungan Luar Negeri dan Perdagangan Internasional Argentina, Diana Modino, mencerminkan arah baru dalam pendekatan Argentina terhadap mata uang kripto.

Modino menegaskan di X Bitcoin dan mata uang kripto lainnya dapat digunakan dalam kontrak. Pengumumannya lebih lanjut mencakup opsi untuk menggunakan mata uang kripto lain dan komoditas berwujud seperti ternak dan produk susu. Fleksibilitas ini menandai perubahan besar dalam praktik kontrak di negara ini.

“Kami meratifikasi dan mengonfirmasi bahwa kontrak di Argentina dapat disepakati dalam Bitcoin. Kewajiban debitur. Debitur harus menyerahkan sejumlah mata uang yang ditentukan, baik mata uang tersebut merupakan alat pembayaran yang sah di Republik atau tidak,” kata Modino, dikutip dari Cryptoslate, Jumat (22/12/2023).

Keputusan tersebut tidak secara eksplisit menyebutkan mata uang kripto namun mencakup ketentuan yang memberikan kebebasan kepada individu dan bisnis untuk memilih cara pembayaran pilihan mereka, meskipun hal tersebut tidak diakui sebagai alat pembayaran yang sah di Argentina.

Perkembangan ini sejalan dengan kebijakan ekonomi Presiden Argentina yang baru terpilih, Javier Milei. Menghadapi hiperinflasi dan devaluasi mata uang, Milei memandang Bitcoin sebagai potensi untuk melawan jebakan sistem keuangan terpusat. 

 


Potensi Adopsi Kripto Global

Ilustrasi bitcoin (Foto: Kanchanara/Unsplash)
Ilustrasi bitcoin (Foto: Kanchanara/Unsplash)

Keputusan Argentina dapat mempengaruhi sikap global terhadap mata uang kripto. Sebagai negara dengan ekonomi terbesar kedua di Amerika Selatan, peningkatan penggunaan Bitcoin mungkin memacu penerimaan kripto yang lebih luas di seluruh dunia. 

Tindakan ini sejalan dengan meningkatnya minat masyarakat Argentina terhadap mata uang digital, yang beralih ke mata uang digital di tengah melemahnya nilai peso lokal.

Meskipun persetujuan Bitcoin untuk kontrak merupakan langkah awal, hal ini membuka jalan bagi adopsi kripto yang lebih luas di Argentina. Dukungan Argentina terhadap Bitcoin untuk penggunaan kontrak menandai momen penting dalam evolusi keuangan negara tersebut. 

Keputusan ini, yang selaras dengan visi ekonomi Presiden Milei, dapat menandai era baru dalam pendekatan Argentina terhadap mata uang dan kontrak. Ketika negara ini memulai jalur ini, negara ini mungkin akan mengubah sistem keuangannya dan mempengaruhi perspektif global mengenai penggunaan mata uang kripto.

 

INFOGRAFIS: 10 Mata Uang Kripto dengan Valuasi Terbesar (Liputan6.com / Abdillah)
INFOGRAFIS: 10 Mata Uang Kripto dengan Valuasi Terbesar (Liputan6.com / Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya