Relawan AstraZeneca Meninggal Dunia, Penelitian Vaksin COVID-19 di Brasil Tetap Lanjut

Relawan vaksin COVID-19 di Brasil meninggal dunia. Pihak Universitas Oxford dan AstraZeneca yang mengembangkan vaksin itu tetap melanjutkan penelitian.

oleh Tommy K. Rony diperbarui 22 Okt 2020, 16:13 WIB
Diterbitkan 22 Okt 2020, 16:13 WIB
Kasus Covid-19 di Brasil Lampaui 5 Juta
Sejumlah warga berjalan di tengah situasi wabah COVID-19 di Sao Paulo, Brasil, pada 7 Oktober 2020. Brasil pada Rabu (7/10) melaporkan 31.553 kasus baru COVID-19 dalam 24 jam terakhir, menambah total kasus di negara itu menjadi 5.000.694. (Xinhua/Rahel Patrasso)

Liputan6.com, Brasilia - Relawan vaksin COVID-19 yang dikembangkan Universitas Oxford dan perusahaan farmasi AstraZeneca dilaporkan meninggal dunia di Brasil. Meski demikian, penelitian tetap berlanjut. 

Oxford dan AstraZeneca enggan berkomentar banyak terkait kondisi relawan itu karena masalah privasi. Mereka memutuskan tetap melanjutkan penelitian vaksin. 

Dilansir BBC, Kamis (22/10/2020), Universitas Oxford melanjutkan penelitian vaksin COVID-19 ini setelah melalui asesmen yang hati-hati.

AstraZeneca berkata investigator uji klinis, komite pengawas independen, dan regulator  telah memastikan bahwa semua prosedur diikuti. 

"Asesmen-asesmen itu tidak menunjukan kekhawatiran terkait kelanjutan studi yang berlangsung," kata pihak AstraZeneca.

Pada penelitian vaksin ini tak semua relawan mendapat vaksin COVID-19. Relawan yang meninggal masuk ke kelompok yang tak mendapat vaksin (grup kontrol). 

Relawan tidak diberitahukan apakah mereka mendapat vaksin COVID-19 atau hanya vaksin placebo. 

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:


Relawan Seorang Dokter?

Kasus Covid-19 di Brasil Lampaui 5 Juta
Seorang warga berjalan melintasi jembatan di tengah situasi wabah COVID-19 di Sao Paulo, Brasil, pada 7 Oktober 2020. Brasil pada Rabu (7/10) melaporkan 31.553 kasus baru COVID-19 dalam 24 jam terakhir, menambah total kasus di negara itu menjadi 5.000.694. (Xinhua/Rahel Patrasso)

Relawan itu dilaporkan meninggal pada 19 Oktober 2020.

Media lokal Brasil menyebut relawan yang meninggal adalah dokter berusia 28 tahun yang meninggal karena komplikasi COVID-19. Laporan menyebut dokter itu mengurus pasien yang terinfeksi COVID-19.

Otoritas kesehatan Brasil, Anvisa, tidak mengkonfirmasi laporan media.

Pemerintah Brasil berencana membeli vaksin Oxford/AstraZeneca jika vaksin itu berhasil lolos.

Brasil kini memiliki 5,2 juta kasus COVID-19. Jumlah kasus di Brasil adalah tertinggi ketiga di dunia.


Vaksin COVID-19 di Amerika Serikat Baru Tersedia April 2021

Donald Trump
Presiden AS Donald Trump keluar dari Walter Reed National Military Medical Center di Bethesda, Maryland pada Senin (5/10/2020). Donald Trump meninggalkan rumah sakit tempat dia dirawat karena Covid-19 dan langsung kembali ke Gedung Putih yang sedang menjadi kluster infeksi baru (AP Photo/Evan Vucci)

Rakyat Amerika Serikat diperkirakan baru bisa mendapat akses vaksin COVID-19 pada April 2021. Janji itu diberikan oleh Menteri Kesehatan dan Pelayanan Masyarakat AS Alex Azar.

Sebelum April 2021, vaksin hanya tersedia untuk kelompok tertentu, seperti petugas medis dan orang-orang dalam kategori rentan seperti warga lansia. 

"Pada akhir Maret atau awal April, bakal ada cukup vaksin bagi seluruh rakyat Amerika yang ingin mendapat vaksinya," ujar Azar seperti dikutip Time, Kamis 22 Oktober 2020.

Dua kandidat vaksin COVID-19 yang hampir menyelesaikan uji klinis di AS aalah buatan Pfizer dan Moderna.

Berdasarkan data Johns Hopkins University, total kasus COVID-19 di AS mencapai 8,3 juta. Sebanyak 221 ribu orang meninggal dan 3,3 juta sembuh.


Infografis Menanti Hasil Uji Klinis Calon Vaksin COVID-19

Infografis Menanti Hasil Uji Klinis Calon Vaksin Covid-19. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Menanti Hasil Uji Klinis Calon Vaksin Covid-19. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya