KBRI London Yakin Kopi Indonesia Berpeluang Tembus Pasar Inggris

KBRI London mengatakan bahwa pihaknya terus berupaya memperbesar peluang kopi Indonesia memasuki pasar Inggris.

oleh Natasha Khairunisa Amani diperbarui 21 Mar 2021, 07:00 WIB
Diterbitkan 21 Mar 2021, 07:00 WIB
Beda dengan Indonesia, Ini Tradisi Minum Kopi di Austria
Ilustrasi Kopi. (iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta- KBRI London terus berupaya mempromosikan kopi Indonesia untuk menjangkau pasar Inggris.

Salah satu upaya ini pun dilakukan dalam webinar "Strategi Penetrasi UMKM Kopi Indonesia ke Pasar United Kingdom" yang diselenggarakan oleh KBRI London dan Perwakilan Bank Indonesia - London.

"Kopi sudah menjadi bagian dari lifestyle di UK, setiap sudut kota memiliki kedai kopi yang sibuk memenuhi kebutuhan warga UK," kata Duta Besar RI di London, Desra Percaya dalam rilis pers KBRI London pada 18 Maret 2021.

Dalam kesempatan itu, Dubes Desra Percaya menyampaikan bahwa beberapa rantai supermarket ternama di Inggris telah menjual produk kopi Indonesia, khususnya kopi Sumatra Mandheling. 

Kopi Sumatra Mandheling, umumnya memiliki sertifikasi seperti Rainforest Alliance Certified maupun Fairtrade certified.

Staff Ahli Menparekraf, Josua Simanjuntak pun menyambut baik kolaborasi yang dilakukan oleh KBRI London dan Perwakilan BI London tersebut, mengingat Indonesia sangat kaya akan produk kopi dan asset pendukungnya.

Indonesia, di tengah persaingan kedai kopi internasional, juga mampu melahirkan barista handal dan kedai kopi lokal dengan kualitas yang bersaing.

Kemudian, Atase Perdagangan KBRI London, Rizalu Akbar juga mengatakan bahwa terdapat peluang dan tantangan bagi kopi Indonesia untuk melakukan penetrasi ke pasar Inggris. 

Menurut Rizalu, jumlah konsumsi kopi di Inggris merupakan salah satu yang terbesar di dunia. 

Tetapi dengan adanya Brexit dan pandemi Virus Corona COVID-19 - menjadikan tantangan bagi kopi Indonesia untuk memasuki pasar Inggris. 

Maka dari itu, kopi Indonesia membutuhkan strategi produk yang melibatkan sinergi antara pemangku kepentingan di Tanah Air seiring dengan peningkatan branding dan kapasitas eksportir Indonesia, papar Rizalu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Berikut Ini:


Peran Penting Strategi Media Sosial Dalam Mempromosikan Kopi Indonesia

Kopi Hitam (pixabay)
Ilustrasi kopi hitam (Foto: Pixabay)

Sejalan dengan Rizalu, content creator, Stefano Malachi yang telah memiliki pengalaman bekerja sama dengan international brand, juga menambahkan bahwa strategi media sosial berperan penting dalam mempromosikan kopi Indonesia. 

Untuk lebih memahami produk kopi Indonesia, pembuatan konten yang tepat dan menarik serta sesuai dengan trend dapat mempengaruhi konsumen di Inggris.

Nilai tambah pun diyakini bisa didapatkan dengan personalisasi pesan di media sosial dalam promosi produk kopi Indonesia di Inggris.

Dalam webinar itu, pemilik kedai kopi Ngopi UK di Birmingham, Elmira Hamdi menceritakan mengenai pengalamannya dalam membuka bisnis kopi di Inggris. 

Ia mengungkapkan, bahwa brand identity yang kuat akan memberikan ciri khas tersendiri bagi produk kopi Indonesia. 

Di samping itu, ia mengatakan bahwa Ngopi UK selalu melakukan inovasi dan edukasi kepada konsumen lokal mengenai keistimewaan kopi Indonesia. 

Selain itu, ditegaskannya juga bahwa dukungan pemerintah dibutuhkan dalam mengatasi tantangan yang dihadapi UMKM kopi Indonesia.  Oleh karena itu, untuk mendukung penetrasi pasar Inggris, sinergi antara pemerintah dan pelaku UMKM kopi Indonesia adalah hal yang mutlak diperlukan.

Kemudian dalam sesi penutup webinar, Kepala Perwakilan Bank Indonesia di London, Dicky Kartikoyono, mengingatkan pentingnya keberadaan aggregator atau trading house untuk dapat memenuhi permintaan ekspor baik dari sisi jumlah maupun kualitas secara berkesinambungan.

Peran ini bisa diambil oleh diaspora maupun pihak swasta, yang mampu menyerap hasil produksi petani, menjaga kualitas, dan mempertemukan dengan pembeli.

Selanjutnya, peran aggregator ini juga akan meningkatkan daya saing di pasar internasional bagi kopi Indonesia yang selama ini telah dikenal memiliki kualitas tinggi.


Infografis 4 Tips Aman Hindari COVID-19 Saat Harus Mengantre

Infografis 4 Tips Aman Hindari Covid-19 Saat Harus Mengantre. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis 4 Tips Aman Hindari Covid-19 Saat Harus Mengantre. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya