Atlet Sepak Bola Zaki Anwari Tewas Jatuh dari Pesawat AS Saat Taliban Kuasai Afghanistan

Seorang pemain muda tim nasional sepak bola Afghanistan meninggal dunia dalam upayanya kabur dengan pesawat AS.

oleh Benedikta Miranti T.V diperbarui 21 Agu 2021, 05:18 WIB
Diterbitkan 20 Agu 2021, 16:16 WIB
Zaki Anwar
Pesepak bola muda Timnas Afganistan, Zaki Anwar, tewas akibat terjatuh dari pesawat karena berusaha menghindari gerliyawan Taliban. (dok. Twitter FIFpro

Liputan6.com, Jakarta - Pihak berwenang Afghanistan telah mengonfirmasi seorang atlet sepak bola muda jatuh dan tewas setelah mencoba untuk menyusup ke sebuah pesawat militer AS yang meninggalkan bandara Kabul. Dia adalah Zaki Anwari (19), atlet yang pernah bermain untuk tim pemuda nasional Afghanistan.

Seperti dilansir BBC, Jumat (20/8/2021), sejak Taliban merebut kembali Afghanistan, ribuan orang bergegas ke bandara Kabul saat negara-negara Barat bergegas mengevakuasi warga mereka dan rekan-rekan Afghanistan.  

Gambar yang muncul pada Senin 16 Agustus menunjukkan ratusan orang berlari di samping pesawat angkatan udara AS saat bergerak di landasan pacu. Beberapa orang terlihat menempel di sisinya.

Laporan media lokal Afghanistan mengatakan, setidaknya dua orang tewas setelah lepas landas. Angkatan udara AS juga telah mengonfirmasi bahwa sisa-sisa manusia ditemukan di roda pendaratan pesawat setelah tiba di Qatar.

Meski begitu, rincian lebih lanjut tentang kapan Zaki Anwari meninggal belum diungkapkan.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Penghormatan untuk Anwari

Antrean Warga Afghanistan untuk Kabur dengan Pesawat AS
Orang-orang Afghanistan mengantre dan menaiki pesawat militer AS untuk meninggalkan Afghanistan, di bandara militer di Kabul, Kamis (19/8/2021). Ribuan orang berlomba-lomba melarikan diri dari Afghanistan setelah pasukan Taliban berhasil merebut pemerintahan negara itu. (Shakib RAHMANI/AFP)

Dalam sebuah pernyataan di Facebook, Direktorat Jenderal Pendidikan Jasmani dan Olahraga Afghanistan memberikan penghormatan kepada Anwari.

"Semoga dia beristirahat di surga dan berdoa kepada Tuhan untuk keluarga, teman, dan rekan olahraganya," kata badan olahraga itu.

Yang lain juga telah berbagi rasa hormat mereka di media sosial.

"Kepergiannya adalah kesedihan yang luar biasa," tulis seorang pengguna di Instagram. 

 


Infografis Kejatuhan dan Kebangkitan Taliban di Afghanistan

Infografis Kejatuhan dan Kebangkitan Taliban di Afghanistan. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Kejatuhan dan Kebangkitan Taliban di Afghanistan. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya