Bisa Menggendut, Ini 7 Fakta Unik Soal Lidah Manusia

Fakta-fakta menarik soal lidah manusia.

oleh Benedikta Miranti T.V diperbarui 17 Jul 2022, 21:00 WIB
Diterbitkan 17 Jul 2022, 21:00 WIB
Terkena Infeksi Virus
Ilustrasi lidah/credit: pexels.com/oleg

Liputan6.com, Jakarta - Sepanjang hari, kita menggunakan banyak menggunakan organ lidah

Lidah membantu Anda untuk makan, berbicara, mengecap dan menelan. Meskipun demikian, kebanyakan orang tidak tahu banyak tentang lidah mereka (mungkin karena kita biasanya tidak memikirkannya).

Namun siapa yang menyangka bahwa lidah menusia memiliki sejumlah fakta unik di baliknya.

Dilansir dari laman List Verse, Minggu (17/7/2022), berikut adalah 7 fakta unik soal lidah manusia:

1. Lidah Anak Lebih Peka dari Orang Dewasa

Seorang anak memiliki jumlah selera yang sama dengan orang dewasa, tetapi seperti yang Anda duga, lidah anak-anak jauh lebih kecil. Oleh karena itu, anak-anak memiliki lidah yang jauh lebih padat mengenai sel-sel reseptor rasa.

Inilah sebabnya mengapa anak-anak sering dianggap sebagai picky eater. Seiring waktu, saat selera berkembang dan berubah, anak-anak akan menjadi lebih mungkin untuk menikmati makanan pahit yang tidak mereka nikmati saat mereka masih kecil.

Dokter dapat memastikan informasi medis hanya dengan memeriksa lidah Anda. Inilah sebabnya ketika Anda pergi untuk check-up, salah satu hal pertama yang dilakukan dokter adalah memeriksa lidah Anda.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


3. Bisa Menggemuk

Gambar Ilustrasi Lidah
Sumber: Freepik

Banyak orang berusaha untuk mempertahankan berat badan yang sehat dan mereka senangi. Ketika kita menambah berat badan, terkadang naik ke perut, pinggul, wajah, atau kaki. Tapi tahukah Anda bahwa lidah Anda juga bisa menjadi gemuk? Betul sekali!

Ternyata lidah kita memiliki persentase lemak yang tinggi. Oleh karena itu, ketika seseorang bertambah berat badan, sebagian dari berat itu ditahan di lidah. Bahkan ada korelasi yang ditemukan antara obesitas dan sleep apnea. Berat dan ukuran lidah dapat menghambat pernapasan saat tidur dan menyebabkan masalah kesehatan yang signifikan.

Namun, berat lidah saja bukan satu-satunya cara dokter dapat menggunakan lidah Anda untuk mengidentifikasi masalah kesehatan yang mendasarinya.

4. Rata-Rata Panjangnya 3 Inci

Lidah adalah unik untuk setiap individu, sehingga bisa ada variasi yang signifikan dalam ukuran lidah. Rata-rata, pria memiliki lidah yang lebih panjang daripada wanita. Rata-rata panjang lidah pria sekitar 8,4 cm (3,3 inci), sedangkan rata-rata lidah wanita hanya 7,9 cm (3,1 inci).

Sebagai perbandingan, lidah bunglon dapat memanjang dua kali panjang tubuhnya, dan rata-rata panjang lidah jerapah hampir 61 sentimeter (24 inci). Untuk mengukur lidah manusia (tidak disarankan), pengukuran resmi dilakukan dari ujung lidah hingga epiglotis (lapisan tulang rawan di bagian belakang lidah).

Jelas, tidak semua orang diukur panjang lidahnya. Namun, dari mereka yang memilikinya, lidah terpanjang di dunia adalah milik orang Amerika, Nick Stoeberl. Lidah Stoeberl ditentukan hampir empat inci), hampir satu inci penuh di atas rata-rata global. Pengukuran akhir untuk Stoeberl adalah 10,08 sentimeter (3,97 inci).


5. Memiliki Tongue Print

[Bintang] Ilustrasi Kanker Lidah
Jangan diabaikan, ini ciri-ciri kanker lidah yang sering disepelekan. (Sumber Foto: BsnSCB.com)

Seperti kepingan salju dan sidik jari, "sidik jari" itu unik. Setiap orang memiliki keselarasan dan jumlah papila dan selera yang unik, serta perbedaan dalam ukuran, bentuk, dan fleksibilitas.

Karena kualitas yang unik ini, para ilmuwan dan peneliti sedang mengembangkan cara untuk memasukkan “cetakan lidah” ke dalam alat verifikasi identitas biometrik. Alih-alih memindai sidik jari untuk mengidentifikasi diri Anda, Anda akan dapat memindai lidah Anda.

Di masa depan, ada potensi bahwa Anda tidak akan menjulurkan lidah Anda dan dianggap tak sopan, tetapi untuk identifikasi saat bekerja, mengakses rekening bank dan banyak aktivitas lainnya.


6. Tidak Bisa Mengecap Tanpa Air Liur

Ilustrasi
Ilustrasi lidah (Pixabay)

Sehebat apapun lidah Anda, tanpa air liur (ludah), Anda tidak akan bisa mengecap banyak. Mulut Anda mengeluarkan air liur melalui kelenjar ludah Anda, mengaktifkan selera lidah Anda.

7. Miliki Otot Paling Fleksibel

Kesalahpahaman umum yang sering diulang adalah bahwa lidah adalah otot terkuat di tubuh. Ini bukan kasusnya. Otot terkuat umumnya dianggap sebagai jantung. Namun, lidah adalah salah satu otot paling sensitif yang kita miliki di tubuh kita.

Infografis Waspada Covid-19 Subvarian Omicron BA.4 dan BA.5 Terdeteksi di Indonesia. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Waspada Covid-19 Subvarian Omicron BA.4 dan BA.5 Terdeteksi di Indonesia. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya