Apa Kata Zodiak Anda Soal Kecerdasan Emosional? Intip di Sini

Nah, kali ini kita akan membahas kecerdasan emosional berdasakan zodiak. Yuk intip yang sesuai dengan Anda.

oleh Liputan6.com diperbarui 18 Okt 2022, 19:42 WIB
Diterbitkan 18 Okt 2022, 19:42 WIB
Ilustrasi zodiak.
Ilustrasi zodiak. Photo copyright by Freepik

Liputan6.com, Jakarta - Kecerdasan emosional ada beragam, di antaranya ada kecerdasan analitis, kecerdasan intuitif, atau sembilan kecerdasan lainnya seperti yang diutarakan oleh seorang psikolog perkembangan pada 1983 --yang mencakup hal-hal seperti kecerdasan eksistensial dan kecerdasan musik.

Nah, kali ini kita akan membahas kecerdasan emosional berdasakan zodiak.

Kecerdasan emosional adalah kemampuan untuk memahami emosi diri sendiri, emosi orang lain, dan bagaimana perasannya dapat berdampak pada sekeliling.

Untuk menjadi cerdas secara emosional, hal yang paling diperlukan adalah kesadaran diri (self-aware). Atas kesadaran diri, seseorang dapat memahami perasaannya dan mengapa merasakan itu.

Emosi terkadang menjadi sangat buruk dan berantakan, karena itu seseorang membutuhkan kecerdasan untuk mengatasinya. Di sisi lain, karakteristik seperti impulsif, ketidakpedulian, agresi, dan delusi, dapat menghalangi kemampuan seseorang untuk menjadi cerdas secara emosional.

Berikut rangkuman kecerdasan emosional berdasarkan zodiak yang dikutip dari laman The Talko, Selasa (18/10/2022).

Kecerdasan Intuitif: Zodiak Api (Aries, Leo, Sagitarius)

Zodiak api cenderung bertindak tanpa berpikir. Di kenyataan, mereka memiliki kecerdasan intuitif, seperti mengikuti naluri untuk menentukan langkah besar. 

Jika dihadapkan dengan risiko, mereka tidak akan menghindar tapi menghadapinya. Bagi mereka, menghindari atau sekadar menebak risiko dapat membuat mereka kehilangan sesuatu yang luar biasa.

Mereka bukan orang yang cerdas layaknya kutu buku, tapi mereka cerdas sebagai seorang inovator yang penuh dengan ide.

Berikut karakter zodiak api:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

  • Aries: terlalu impulsif.
  • Leo: delusional.
  • Sagitarius: rapuh dalam hubungan tertentu.

Kecerdasan Praktis: Zodiak Bumi (Capricon, Taurus, Virgo)

[bintang] Bukan Tukang Ngatur, 3 Zodiak Ini Memang Punya Jiwa Pemimpin yang Kuat
Inilah tiga zodiak yang punya jiwa kepemimpinan yang kuat. (Sumber foto: rawpixel/unsplash.com)

Zodiak Bumi mendapatkan reputasi sebagai orang yang membosankan, tetapi itu benar-benar hanya karena mereka sangat cerdas. Mereka bekerja dengan baik setiap hari dan hal-hal yang mungkin membingungkan orang lain, seperti menghitung pajak atau menyeimbangkan anggaran adalah sifat kedua mereka.

Zodiak Bumi sangat berorientasi pada detail, yang juga berarti bahwa mereka bisa menyadari kesalahan sebelum mereka melakukannya. Mereka sering bertanggung jawab secara fiskal yang mungkin membuat mereka menunda keluar malam, tetapi mereka tahu di mana harus mengalokasikan dana mereka untuk hal-hal yang baik.

Praktis orang cerdas adalah pemecah masalah. Mereka mencari logika dalam suatu situasi dan biasanya memberikan nasihat. Mereka melihat masalah dan tahu persis bagaimana menanganinya, ini merupakan sesuatu yang tidak bisa diklaim oleh zodiak lain.

Berikut karakter zodiak Bumi:

  • Capricon: tidak mendahulukan perasaan. 
  • Taurus: pemecah masalah.
  • Virgo: praktis, tidak emosional.

Kecerdasan Analitis: Zodiak Udara (Aquarius, Libra, Gemini)

5 Tanda Orang dengan Kecerdasan Emosional Tinggi, Aspek Penting Penentu Kesuksesan Hidup
Jadi penentu kesuksesan hidup, ini 5 tanda seseorang memiliki kecerdasan emosional atau kemampuan mengelola emosi yang tinggi. (pexels/julia avamotive).

Zodiak udara paling sering dikaitkan dengan kecerdasan analitis, yang merupakan jenis kecerdasan yang paling sering dikaitkan dengan kecemerlangan. Tanda-tanda ini adalah tentang IQ tinggi dan ide-ide besar.

Mereka adalah pemikir dan filsuf dunia, tetapi mereka tidak selalu begitu baik di bagian eksekusi. Mereka lebih suka membicarakan semua yang mereka alami tanpa benar-benar mewujudkannya, yang berarti mereka mungkin bisa menggunakan disiplin zodiak Bumi.

Bersosialisasi juga merupakan karakteristik utama dari tanda-tanda ini, yang menggunakan pengalaman dan pengetahuan mereka tentang orang lain untuk memengaruhi ide dan teori mereka. Mereka lebih suka belajar dengan cara yang tidak tradisional, seperti melalui dialog dan wacana.

Berikut karakter zodiak udara:

  • Aquarius: takut dengan emosi-emosi.
  • Libra: mempertimbangkan orang lain.
  • Gemini: Ide-ide dari perasaan.

Kecerdasan Perseptif: Zodiak Air (Scorpio, Cancer, Pisces)

Memiliki Perasaan yang Sensitif dan Tidak Berpendirian
Ilustrasi Zodiak Pisces Credit: pexels.com/Kyga

Menurut astrologi China, air adalah elemen yang paling terkait dengan kecerdasan. Air menghubungkan dunia dan manusia, demikian juga kecerdasan perseptif.

Zodiak Cancer, Scorpio, dan Pisces dikenal sebagai introspektif, bersemangat, dan kadang-kadang penuh gejolak, tetapi mereka juga sangat setia. Kecerdasan perseptif memungkinkan tanda-tanda air untuk memahami diri mereka sendiri serta orang lain dengan menangkap isyarat halus, baik dalam bahasa, suara, atau gerakan.

Perlu juga dicatat bahwa zodiak air cenderung paling tertarik pada pengejaran artistik, memilih untuk mengekspresikan diri dan pikiran mereka melalui penciptaan daripada berpikir, melakukan, atau menganalisis.

Berikut karakter zodiak air:

  • Scorpio: haus akan pembalasan/penebusan (setimpal).
  • Cancer: instropektif dan insecure.
  • Pisces: sensitif dan sadar diri.
Infografis Zodiak yang Punya Daya Ingat Kuat
Infografis Zodiak yang Punya Daya Ingat Kuat. (Liputan6.com/Lois Wilhelmina)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya