KBRI Promosikan Kebudayaan Indonesia di Lembaga Pendidikan Militer Bogota Kolombia

​Dalam rangka memperluas jejaring kerja dan meningkatkan people to people contact, pada tanggal 27 April 2023 telah dilaksanakan kegiatan Promosi tentang Indonesia di salah satu lembaga pendidikan tinggi Militer di Bogota.

oleh Liputan6.com diperbarui 30 Apr 2023, 10:00 WIB
Diterbitkan 30 Apr 2023, 10:00 WIB
sumber: KBRI Bogota
sumber: KBRI Bogota

Liputan6.com, Bogota - ​Dalam rangka memperluas jejaring kerja dan meningkatkan people to people contact, KBRI Bogota melaksanakan kegiatan Promosi tentang Indonesia di Universitas Militar Nueva Granada, salah satu lembaga pendidikan tinggi Militer di Bogota, Kolombia.

Kegiatan dihadiri oleh ratusan pengunjung yang terdiri dari mahasiswa fakultas hubungan internasional, anggota militer yang melanjutkan Pendidikan, atase militer dari sejumlah negara, dan perwakilan dari kedutaan besar negara asing.

Rektor Universitas Militar Nueva Granada, Brigadir Jenderal (Purn.) Luis Fernando Puentes Torres membuka acara tersebut, dilanjutkan dengan paparan Duta Besar RI di Bogota Drs. Tatang Budie Utama Razak, M.BA.

Dubes Tatang memaparkan soal Ekonomi Indonesia, Sosial Budaya, dan Kesempatan Belajar di Indonesia melalui Program Beasiswa Pendidikan, demikian seperti dikutip dari rilis resmi KBRI Bogota yang dimuat Liputan6.com, Minggu (30/4/2023).

Dari bahan paparan dan video yang disampaikan oleh Duta Besar Tatang Budie Utama Razak, selain ekonomi dan destinasi wisata, salah satu poin yang menarik perhatian peserta dari kalangan militer yang hadir adalah slides tentang industri pertahanan Indonesia.

Pada bagian tersebut, Duta Besar Tatang Budie Utama Razak menekankan bahwa baru di tahun 2022 KBRI Bogota berhasil menghadirkan pejabat dari industri pertahanan Kolombia (Indumil) turut serta pada Indo Defence Expo & Forum, salah satu pameran penjualan teknologi pertahanan dan persenjataan terbesar di dunia yang dilaksanakan di Indonesia setiap dua tahun (dwitahunan).

Penampilan tarian tradisonal Indonesia (tari Merak, tari Klono Topeng, tari Bajidor Kahot, tari Ronggeng, dan tari Mojang Priangan) yang dipentaskan oleh mahasiswa dan siswa-siswi sekolah menengah di Kolombia binaan KBRI Bogota telah menambah kekaguman hadirin tentang Indonesia dan keinginan Rektor Brigadir Jenderal (Purn.) Luis Fernando Puentes Torres untuk menambah kelas belajar tarian tradisional Indonesia di Universidad Militar Nueva Granada Bogota.

Penampilan 5 tarian tradisional Indonesia tersebut sekaligus menutup kegiatan dengan sambutan tepuk tangan yang meriah.


Menjalin Kerja Sama dengan KBRI

sumber: KBRI Bogota
sumber: KBRI Bogota

Sejak dibukanya Pusat Kebudayaan Indonesia KBRI Bogota pada bulan Oktober 2022, saat ini telah tercatat sejumlah universitas dan sekolah menengah menjalin kerja sama dengan KBRI untuk mempelajari Budaya dan Bahasa Indonesia.

Bahkan, terdapat sekolah yang menerapkan pembelajaran olahraga Bulutangkis dan Tarian Tradisional Indonesia sebagai kegiatan ekstrakurikuler yaitu: Colegio Nuestra Senora de Nazareth dan Gimnasio Real Americano Bogota.

Saat ini, Pusat Kebudayaan Indonesia KBRI Bogota tengah mempersiapkan kegiatan Pekan Indonesia (Semana de Indonesia) yang akan diselenggarakan di Colegio Gimnasio Femenino pada bulan Juni mendatang, layanan kelas Bahasa Indonesia, dan pembukaan pelatihan tarian tradisional Indonesia di 3 (tiga) sekolah menengah yang baru dan 2 (dua) Universitas di Bogota.

Sementara itu, tehadap sejumlah permintaan yang sama dari sejumlah provinsi di luar Bogota masih terus dikomunikasikan serta disiapkan untuk program kegiatan KBRI Bogota tahun berikutnya.

KBRI terus berupaya untuk memberikan pelayanan semaksimal mungkin dalam rangka promosi budaya dan pariwisata Indonesia serta pengembangan people to people contact.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya