Update Badai Milton di Florida, 14 Orang Dilaporkan Tewas

14 orang telah dipastikan tewas akibat badai Milton. Jutaan warga juga kehilangan akses listrik karena bencana tersebut.

oleh Teddy Tri Setio Berty diperbarui 11 Okt 2024, 13:04 WIB
Diterbitkan 11 Okt 2024, 13:04 WIB
Renggut 10 Jiwa, Badai Milton Porak Porandakan Wilayah Florida Amerika Serikat
Foto udara memperlihatkan sebuah jalan yang tergenang air dan dipenuhi puing-puing setelah terjangan Badai Milton, di Siesta Key, Florida, pada tanggal 10 Oktober 2024. (CHANDAN KHANNA/AFP)

Liputan6.com, Tampa - Badai Milton menerjang daratan Florida sejak Rabu (9/10/2024) malam pukul 20.30 waktu setempat.

Dikutip dari laman NBC News, Jumat (11/10) badai dengan kategori 3 ini menerjang wilayah Siesta Key, Florida.

Sejauh ini, 14 orang telah dipastikan tewas akibat badai tersebut, enam orang di antaranya berasal dari St. Lucie County di pesisir Atlantik Florida, tempat para pejabat mengatakan tornado menghantam daratan.

Sekitar 11 juta orang berisiko mengalami banjir bandang dan banjir sungai.

Lebih dari 2,6 juta orang kehilangan akses listrik, menurut PowerOutage.us. Presiden Joe Biden mengatakan bahwa ia telah mengerahkan ribuan personel federal ke daerah-daerah yang terkena dampak badai, termasuk lebih dari 1.000 anggota Penjaga Pantai.

Tim penyelamat mulai menyelamatkan penduduk Florida dari puing-puing Badai Milton pada Kamis (10/10) setelah badai menghantam wilayah pesisir.

Badai ini juga dilaporkan menghancurkan rumah-rumah, memenuhi jalan-jalan dengan lumpur, dan memicu serangkaian tornado yang mematikan, menurut laporan AP.

 

Upaya Penyelamatan

Gelap Gulita, Suasana di Florida AS Saat Badai Milton Tiba
Badai ini juga menerjang sebagian besar wilayah Pantai Teluk Florida, termasuk daerah-daerah padat penduduk seperti Tampa, St. Petersburg, Sarasota, dan Fort Myers. (CHANDAN KHANNA/AFP)

Badai yang tiba hanya dua minggu setelah kehancuran yang disebabkan oleh Badai Helene itu juga membanjiri pulau-pulau penghalang, merobohkan atap stadion bisbol, dan merobohkan derek konstruksi.

Di antara penyelamatan yang paling dramatis, petugas Hillsborough County menemukan seorang anak laki-laki berusia 14 tahun mengambang di atas pagar dan menariknya ke atas perahu.

Awak helikopter Penjaga Pantai menyelamatkan seorang pria yang terjebak di peti es di Teluk Meksiko setelah perahu nelayannya terdampar di perairan yang diterjang Badai Milton. Badan tersebut memperkirakan pria itu selamat dari angin berkecepatan 75 hingga 90 mph (121 hingga 145 kpj) dan gelombang setinggi 25 kaki (7,6 meter) selama malamnya di atas air.

Infografis Kebakaran Hutan dan Bencana Kabut Asap di Indonesia
Infografis Kebakaran Hutan dan Bencana Kabut Asap di Indonesia. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya